Pengembangan E-Evaluation Berbasis Aplikasi Hot Potatoes untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Arnelia Dwi Yasa Universitas Kanjuruhan Malang
  • Ketut Ketut Suastika Universitas Kanjuruhan Malang
  • Rr. Siti Alisa Nur Zubaidah Universitas Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.23987

Keywords:

e-evaluation, hot potatoes, application

Abstract

Hasil rata-rata Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK) siswa-siswi kelas VI tahun 2018/2019 pada mata pelajaran matematika mengalami penurunan yang cukup signifikan, dikarenakan siswa belum terbiasa mengerjakan evaluasi pembelajaran berbasis komputer. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan e-evaluation berbasis aplikasi Hot Potatoes yang layak, praktis, dan efektif untuk materi pecahan, FPB, KPK, dan aproksimasi. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE dengan 4 tahapan yang terdiri dari: (1) Tahap analyze, (2) Tahap design, (3) Tahap development, (4) Tahap implementation. Tahap evaluate tidak dilakukan oleh peneliti karena keterbatasan waktu. Validasi produk oleh ahli materi, bahasa, ahli media. Uji coba produk mengukur respon guru kelas V dan 12 siswa kelas V SDN Kesatrian 2 Kota Malang. Instrumen observasi, lembar angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil validasi pada ahli materi memperoleh nilai rata-rata 84,6%, ahli media memperoleh nilai rata rata 89,5%, ahli bahasa memperoleh nilai 90%. Hasil angket oleh guru memperoleh 82,8%. Uji coba terbatas pada siswa kelas V memperoleh 94,8%. Dengan demikian, e-evaluation berbasis aplikasi Hot Potatoes layak, praktis, dan efektif digunakan sebagai evaluasi pembelajaran pada pembelajaran matematika kelas V SDN Kesatrian 2, Kota Malang.

References

Abdul, Gafur. 2012. Desain Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak.

Abdurahman, Riswaya. 2014. Aplikasi Pinjaman Pembayaran Secara Kredit Pada Bank Yudha Bhakti. Jurnal Computech dan Bisnis.

Amir, M. T. 2013. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning : Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pemelajar di Era Pengetahuan. Jakarta : Kencana

Aoun, J.E. 2017. Robot-proof: higher education in the age of artificial intelligence. US: MIT Press.

Arifin, Z. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Arikunto, S., 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi 6. Jakarta : Rineka Cipta.

Arikunto Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: Nusantara Semarang.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ayu, F. (2009). Pengembangan Media Pendidikan Untuk Inovasi Pembelajaran. 1(2), 2–6.

Balan, Y. A. (2017). Pengembangan Model Computer-Based Test (CBT) Berbasis Adobe Flash untuk Sekolah Menengah Kejuruan. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(1), 36–44.

Esther Oduntan, O., Adepoju Adeyanju, I., Olatunde Olabiyisi, S., & Olusayo Omidiora, E. (2015). Evaluation of N-gram Text Representations for Automated Essay-Type Grading Systems. International Journal of Applied Information Systems, 9(4), 25–31. https://doi.org/10.5120/ijais15-451394

Hartono, S. R. (2015). PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PERMAINAN. 2.

Kirna, I. M. (2012). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR METODE PENELITIAN PENDIDIKAN DENGAN ADDIE MODEL. 2.

Kreano, J. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(1), 59–72. https://doi.org/10.15294/kreano.v3i1.2613

Masturah. (2018). PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III SEKOLAH DASAR Setiap warga negara Indonesia. 9, 215–225.

As’ari, A. R. (2014). Mengupayakan Pembelajaran Yang Sesuai Tuntutan Kurikulum 2013. Seminar Pendidikan, (September 2014). https://doi.org/10.13140/2.1.1389.2644

Balan, Y. A. (2017). Pengembangan Model Computer-Based Test (CBT) Berbasis Adobe Flash untuk Sekolah Menengah Kejuruan. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(1), 36–44.

Blogger, B., Mtsn, D. I., & Jember, A. (n.d.). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Menggunakan. 2(2), 145–155.

Esther Oduntan, O., Adepoju Adeyanju, I., Olatunde Olabiyisi, S., & Olusayo Omidiora, E. (2015). Evaluation of N-gram Text Representations for Automated Essay-Type Grading Systems. International Journal of Applied Information Systems, 9(4), 25–31. https://doi.org/10.5120/ijais15-451394

Hartono, S. R. (2015). PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PERMAINAN. 2.

Kirna, I. M. (2012). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR METODE PENELITIAN PENDIDIKAN DENGAN ADDIE MODEL. 2.

Kreano, J. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(1), 59–72. https://doi.org/10.15294/kreano.v3i1.2613

Masturah. (2018). PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III SEKOLAH DASAR Setiap warga negara Indonesia. 9, 215–225.

Mustaji. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Dengan Model ADDIE Untuk Mata Pelajaran Matematika Kelas 5 SD. 1, 1–15.

Nugroho, K. U. Z., Darmi, Y., & Soneta, A. (2017). Pengaruh Penerapan E-Evaluation Dalam Pembelajaran Terhadap Kinerja Guru Matematika Sma Kota Bengkulu. None, 2(2), 151–154.

Oktaviara, R. A., & Pahlevi, T. (2019). Pengembangan E-modul Berbantuan Kvisoft Flipbook Maker Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Menerapkan Pengoperasian Aplikasi Pengolah Kata Kelas X OTKP 3 SMKN 2 Blitar. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 7(3), 61.

Pringsewu, S. M. A. N. (2018). Jurnal Informasi dan Komputer Volume 6 Nomor 1 2018 Jurnal Informasi dan Komputer Volume 6 Nomor 1 2018. 6, 20–30.

Prodi, M., Sains, P., Universitas, P., & Surabaya, N. (2013). PENGARUH E-EVALUATION BERSIKLUS TERHADAP. 3(1), 299–305.

Purnama, I. (2017). PENGEMBANGAN PERMAINAN MONOPOLI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI EKOSISTEM UNTUK SISWA KELAS X SMA OLEH. 1–8.

Racma, D. F. (2015). DENGAN METODE PENGACAKAN BANK SOAL PADA MATERI JARINGAN KOMPUTER 1 MENGGUNAKAN. 4(4), 14–23.

Rahman, B. (2014). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ANIMASI FLASH PADA STANDAR KOMPETENSI MEMASANG INSTALASI PENERANGAN LISTRIK BANGUNAN SEDERHANA DI SMK WALISONGO 2 GEMPOL Subuh Isnur Haryudo. (1).

Rhomdani, R. W. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Menggunakan Blogmath (Bligger & Mathjax). Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 145–155.

Sabil, S. dan H. (2012). Edumatica Volume 02 Nomor 02, Oktober 2012. 02, 57–67.

Sadikin, A., & Hakim, N. (2019). Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Interactive Media Development of E-Learning in Welcoming 4 . 0 Industrial Revolution On Ecosystem Material for High School Students Pengembangan Media E-Learning Interaktif Dalam Menyongsong Revolusi Industri 4 . . 5(2), 131–138.

Studi, P., Pembelajaran, T., & Pascasarjana, P. (2012). I Made Candiasa Program Studi Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Undiksha.

Widoyoko, E. P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 15, 22.

Widyastuti, M., Studi, P., & Bahasa, P. (2018). PENGGUNAAN MEDIA ELEKTRONIK HOT POTATOES PADA. 5(3), 213–218.

Yasa, A. D. (2018). Pengembangan Modul Tematik Berbasis STM (SAINS, TEKNOLOGI DAN MASYARAKAT). 6(April), 21–26.

Downloads

Published

2020-04-02

How to Cite

Yasa, A. D., Suastika, K. K., & Nur Zubaidah, R. S. A. (2020). Pengembangan E-Evaluation Berbasis Aplikasi Hot Potatoes untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 26–32. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.23987

Most read articles by the same author(s)