Pengaruh Model Think Talk Write Berbantuan Multimedia terhadap Keterampilan Berbicara Siswa SD

Authors

  • Ni Pt. Diah Sawitri Pratiwi
  • Md. Putra
  • Gst. Ngurah Sastra Agustika

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24277

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa yang mengikuti pembelajaran model think talk write berbantuan multimedia dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada materi drama. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan yang digunakan adalah desain eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas V SD Gugus II Kuta Selatan yang berjumlah 402 orang. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Metode pengumpulan data adalah metode non-tes menggunakan rubrik keterampilan berbicara. Rata-rata nilai siswa yang mengikuti model think talk write berbantuan multimedia, yaitu 83,56 dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, yaitu 77,05. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan uji-t. Hasil penelitian berdasarkan uji statistik, pada taraf signifikan 5% (dk = 57 dengan  thitung = 4,65 dan harga ttabel = 2,00) diperoleh keputusan bahwa H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model think talk write berbantuan multimedia memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan keterampilan berbicara siswa SD.

References

Agung, A. A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.

Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dantes. 2017. Desain Eksperimen dan Analisis Data. Depok: RajaGrafindo Persada.

Darmadi, Hamid. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Fadilah, Nurul. Gunawan, Dudi. Heryati, Euis. 2016. “Penerapan Strategi Think Talk Write Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Tunarungu”. Tersedia pada https://ejournal.upi.edu/index.php/jassi/article/download/5749/3911 (diakses tanggal 20 November 2017)

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajara Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Koyan, I Wayan. 2012. Statistika Terapan (Teknik Analisis Data Kuantitatif). Singaraja: UNDIKSHA.

Mardika, I Putu. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Keterampilan Membaca Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SD”. Tersedia pada ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/ 10600 (diakses tanggal 20 November 2017)

Mulyasa. 2010. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Nurgiyantoro. 1995. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta

Pradnyana, I Gd Bagus Angga. 2017. “Pengaruh Model Problem Based Learning berbantuan Multimedia terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas IV SD”. Tersedia pada ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/ article/view/11041 (diakses tanggal 6 Januari 2018)

Putri, Ni Pt Fajar Wrespatini Eka. 2016. “Penerapan Strategi Think Talk Write untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Penguasaan Kompetensi Keterampilan”. Tersedia pada ejournal.undiksha.ac.id /index.php/JJPGSD/article/view/7101 (diakses tanggal 20 November 2017)

Sanjaya, Wina. 2010. Stratregi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group

Setyosari. 2015. Metode Penelitian & Pengembangan. Jakarta: Prenada Media Grup.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Solchan, dkk. 2008. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Sudijono, Anas. 2015. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sukardi. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Percetakan Angkasa

Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena

Downloads

Published

2020-04-02

How to Cite

Sawitri Pratiwi, N. P. D., Putra, M., & Sastra Agustika, G. N. (2020). Pengaruh Model Think Talk Write Berbantuan Multimedia terhadap Keterampilan Berbicara Siswa SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 33–40. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24277