Pengaruh Model Think Talk Write Berbantuan Multimedia terhadap Keterampilan Berbicara Siswa SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24277Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa yang mengikuti pembelajaran model think talk write berbantuan multimedia dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada materi drama. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan yang digunakan adalah desain eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas V SD Gugus II Kuta Selatan yang berjumlah 402 orang. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Metode pengumpulan data adalah metode non-tes menggunakan rubrik keterampilan berbicara. Rata-rata nilai siswa yang mengikuti model think talk write berbantuan multimedia, yaitu 83,56 dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, yaitu 77,05. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan uji-t. Hasil penelitian berdasarkan uji statistik, pada taraf signifikan 5% (dk = 57 dengan thitung = 4,65 dan harga ttabel = 2,00) diperoleh keputusan bahwa H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model think talk write berbantuan multimedia memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan keterampilan berbicara siswa SD.Referensi
Agung, A. A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.
Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Dantes. 2017. Desain Eksperimen dan Analisis Data. Depok: RajaGrafindo Persada.
Darmadi, Hamid. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Fadilah, Nurul. Gunawan, Dudi. Heryati, Euis. 2016. “Penerapan Strategi Think Talk Write Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Tunarungu”. Tersedia pada https://ejournal.upi.edu/index.php/jassi/article/download/5749/3911 (diakses tanggal 20 November 2017)
Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajara Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Koyan, I Wayan. 2012. Statistika Terapan (Teknik Analisis Data Kuantitatif). Singaraja: UNDIKSHA.
Mardika, I Putu. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Keterampilan Membaca Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SD”. Tersedia pada ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/ 10600 (diakses tanggal 20 November 2017)
Mulyasa. 2010. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Nurgiyantoro. 1995. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta
Pradnyana, I Gd Bagus Angga. 2017. “Pengaruh Model Problem Based Learning berbantuan Multimedia terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas IV SD”. Tersedia pada ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/ article/view/11041 (diakses tanggal 6 Januari 2018)
Putri, Ni Pt Fajar Wrespatini Eka. 2016. “Penerapan Strategi Think Talk Write untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Penguasaan Kompetensi Keterampilan”. Tersedia pada ejournal.undiksha.ac.id /index.php/JJPGSD/article/view/7101 (diakses tanggal 20 November 2017)
Sanjaya, Wina. 2010. Stratregi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group
Setyosari. 2015. Metode Penelitian & Pengembangan. Jakarta: Prenada Media Grup.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Solchan, dkk. 2008. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Sudijono, Anas. 2015. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sukardi. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Percetakan Angkasa
Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)