E-book Tematik Terpadu Berbasis Multikultural Ddlam Kegiatan SFH (School from Home)

Authors

  • Fernindia Eva Sabtaningrum Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Iskandar Wiyokusumo Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Ibut Priono Leksono Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24796

Keywords:

e-book, multikultural, tematik, SFH.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan inovasi pengembangan e-book tematik terpadu berbasis multikultural dalam Kegiatan School from home pada tingkat sekolah dasar. Secara rinci, tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pentingnya penggunaan e-book berbasis multikultural dalam kegiatan school from home. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif yang mengacu pada model pengembangan Brog&Gall. Populasi sampel siswa kelas V SD Pakis Gelora Surabaya yang berjumlah 20 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket berdasarkan validasi ahli dan data uji coba lapangan. Berdasarkan hasil validasi ahli (isi/ materi, media, dan desain) pengembangan bahan ajar dinyatakan sangat layak dengan tingkat kelayakan sebesar 91,67% sehingga produk pengembangan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Hasil uji coba lapangan menunjukan bahan ajar e-book tematik terpadu berbasis multikultural sangat efektif dan sangat diperlukan dalam kegiatan SFH dengan rata-rata penilaian sebesar 94,2%. Dalam e-book tidak hanya terdapat penjabaran materi saja namun siswa juga dapat terkoneksi dengan video pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam memperjelas pemahaman.

Author Biographies

Fernindia Eva Sabtaningrum, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Prodi Teknologi Pendidikan Pascasarjana

Iskandar Wiyokusumo, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Prodi Teknologi Pendidikan Pascasarjana

Ibut Priono Leksono, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Prodi Teknologi Pendidikan Pascasarjana

References

Anindya, E. F. Y., Suneki, S., & Purnamasari, V. (2019). Analisis Gerakan Literasi Sekolah Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 238–245.

Arifin, A. H. Al. (2012). Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Praksis Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 1(1), 72–82.

Banks, J. A. (2007). Education Citizens in A Multicultural Society (2nd ed.). New York: Teachers Collage.

Candra, I., Sulistya, N., & Prasetyo, T. (2018). Pengembangan instrumen sikap sosial tematik siswa SD kelas IV. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 455–461. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16167

Jauhari, M. I. (2017). Taksonomi Bloom Dan Implementasi Kurikulum Berbasis Multikultural. Palliative Care Research, 25(1), 9–14. https://doi.org/10.1016/j.jpainsymman.2017.04.009

Kamal, M. (2013). Pendidikan Multikultural Bagi Masyarakat Indonesia Yang Majemuk. AL-Ta Lim, 20(3), 451. https://doi.org/10.15548/jt.v20i3.42

Lestari, R. T., Adi, E. P., & Soepriyanto, Y. (2018). E-Book Interaktif. Jktp, 1(1), 71–76. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/3529

Mania, S. (2010). Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 13(1), 78–91. https://doi.org/10.24252/lp.2010v13n1a6

Martha, Z. D. (2018). E-Book Berbasis Mobile Learning. Jurnal Teknologi Pendidikan, 109–114.

Masunah, J. (2011). Konsep dan praktik pendidikan multikultural di amerika serikat dan indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17, 298–306.

Muthoifin. (2015). Pemikiran Pendidikan Multikultural Ki Hadjar Dewantara. Intizar, 21(2), 299–320. https://doi.org/10.19109/intizar.v21i2.314

Purwasito, A. (2003). Komunikas Multikultural. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Puspita, G. A., & Irwansyah. (2018). Indonesia: Studi Kasus Pembaca E-Book Melalui Aplikasi iPusnas. Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 2(1), 13–20.

Rahardjo, B. (2002). No Title. In Rancangan ABC E-Book. Retrieved from http://budi.insan.co.id/articles/ebook.pdf.

Rosida, Fadiawati, N., & Jalmo, T. (2017). Efektivitas Penggunaan Bahan Ajar E-Book Interaktif Dalam Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Magister Keguruan IPA FKIP Unila, 5(1), 35–55.

Rumapea, M. E. M. (2014). Makna Pendidikan Multikultural bagi Siswa. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 6(3), 13–20.

Rusman. (2011). Model - Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Shobirin, M. (2016). Konsep Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish.

Su’udiah, F., Degeng, I., & Kuswandi, D. (2016). Pengembangan Buku Teks Tematik Berbasis Kontekstual. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(9), 1744–1748. https://doi.org/10.17977/jp.v1i9.6743

Sutjipto. (2017). Implementasi Kurikulum Multikultural. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(1), 1–21.

Syifa, L. (2019). Dampak Penggunaan Gatget Terhadap Perkambangan Psikologi Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 538–544.

Tilaar, H. (2004). Multikulturalisme. Jakarta: PT. Grasindo.

Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Trisna, G. A. P. S. (2017). Pengembangan Pendidikan Multikultur Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. 1, 107–112.

Wasino. (2013). Indonesia: From Pluralism to Multiculturalism. Paramita, 23(2), 148–155.

Downloads

Published

2020-07-23

Issue

Section

Articles