Vol. 4 No. 2 (2020): May 2020

					View Vol. 4 No. 2 (2020): May 2020

The articles in this issue were authored/co-authored by 48 authors from Indonesia.

Published: 2020-07-23

Articles

  • Integrasi Nilai Karakter Melalui Permainan Tradisional Tarik Tambang dalam Pembelajaran IPA

    Ferina Agustini
    114-120
    DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24513
  • Media Pop-Up Book pada Topik Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan Kelas VI Sekolah Dasar

    I Komang Eri Karisma, I Gede Margunayasa, Pinkan Amita Tri Prasasti
    121-130
    DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24458
  • Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Open Ended terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa

    Ni P Rizky Wulandari, N Dantes, P Aditya Antara
    131-142
    DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25103
  • Kooperatif Tipe Group Investigation Melalui Setting Lesson Study terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA

    Ni Kadek Rina Widiasari, Made Sumantri
    143-152
    DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25094
  • E-book Tematik Terpadu Berbasis Multikultural Ddlam Kegiatan SFH (School from Home)

    Fernindia Eva Sabtaningrum, Iskandar Wiyokusumo, Ibut Priono Leksono
    153-162
    DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24796
  • Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbasis Tri Hita Karana terhadap Hasil Belajar IPA

    I Wayan Ardithayasa, Kadek Yudiana
    163-173
    DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25105
  • Rubrik Asesmen Kinerja Berpikir Kritis pada Pembelajaran STEM dengan Media Lightning Tamiya Car

    Yuli Kurniasih, Ghullam Hamdu, Dindin Abdul Muiz Lidinillah
    174-185
    DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25172
  • Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe TANDUR Berbantuan Permainan Tradisional terhadap Hasil Belajar IPA

    Inggit Pragasuri Subakthi Putri, N. Dantes, K. Suranata
    186-196
    DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25137
  • Media Pop-Up Book pada Topik Sistem Tata Surya Kelas VI Sekolah Dasar

    Kadek Sentarik, Nyoman Kusmariyatni
    197-208
    DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25135
  • Kontribusi Kecerdasan Interpersonal dan Aktualisasi Diri dalam Kelompok terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS

    I Gst. A. Ratih Pratiwi, I.B. Surya Manuaba, I W. Sujana
    209-220
    DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25555
  • Supervisi Edukatif untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Pembelajaran di SD

    Gusti Ayu Anom
    221-228
    DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25443
  • Meningkatnya Kemampuan Guru Melaksanakan Proses Pembelajaran dengan Adanya Supervisi Klinis

    Imelda Imelda
    229-240
    DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25444
  • Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Proses Pembelajaran di SD

    Desak Ketut Sitaasih
    241-247
    DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25461
  • Hasil Belajar Matematika melalui Model CTL Berbasis Masalah Terbuka di SD

    Putu Mira Novita Sari, Desak Putu Parmiti, Adrianus I Wayan Ilia Yuda Sukmana
    248-256
    DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25558
  • Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika

    Putu Manik Sugiari Saraswati, Gusti Ngurah Sastra Agustika
    257-269
    DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25336
  • Motivasi dan Hasil Belajar IPA dalam Pembelajaran Scramble Berbantuan Kartu Pertanyaan

    Ni Ketut Mira Adnyani, Ketut Pudjawan, I Gusti Ngurah Japa
    270-287
    DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25622
  • Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Pemanfaatan YouTube sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia

    Brillianing Pratiwi, Kusnindyah Puspito Hapsari
    282-289
    DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24238
  • Penggunaan (LKS) Eksploratif Berkonteks Budaya Banten terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di SD

    Rohimatussa'diyah - Ima, Aan Subhan Pamungkas, Trian Pamungkas Alamsyah
    290-298
    DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24274
  • Penyebeb Tingginya Angka Anak Putus Sekolah Jenjang Sekolah Dasar (SD)

    Ayu Ayu Budi Lestari, Fariz Kurniawan, Rifal Bayu Ardi
    299-308
    DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24470
  • Perangkat Pembelajaran (RPS dan SAP) IPA Model (OPPEMEI) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa PGSD

    I Gusti Ayu Tri Agustiana, Rudiana Agustini, Musimin Ibrahim, I Nyoman Tika
    309-323
    DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25190