Meningkatnya Kemampuan Guru Melaksanakan Proses Pembelajaran dengan Adanya Supervisi Klinis

Authors

  • Imelda Imelda SD 2 Petandakan, Buleleng

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25444

Keywords:

supervisi klinis, kemampuan melaksanakan proses pembelajaran

Abstract

Keterampilan guru dalam mengajar masih jauh dari apa yang diharapkan, terkadang guru mengajar seadanya tidak menyiapkan materi pelajaran dengan baik hal ini sangat mengpengaruhi proses pembelajaran. Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan melaksanakan proses pembelajaran pada guru sekolah dasar melalui implementasi supervisi klinis. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Rancangan masing-masing siklus terdiri dari empat tahap. Data dikumpulkan dengan cara mengunkan lembar observasi. Data yang sudah di kumpulkan dianalisis dengan statistic deskriptif. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa implementasi supervis klinis dapat meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran pada guru SD Negeri 2 Petandakan semester II tahun pelajaran 2019/2020. Hal ini terlihat dari peningkatan kemampuan guru melaksanakan proses pembelajaran yaitu pada prasiklus sebesar 65,42% yang tergolong cukup, pada siklus II menjadi 73,96% yang tergolong cukup, dan pada siklus II menjadi 82,60% yang tergolong baik. Dengan adanya supervisi klinis dapat membatu guru-guru yang mengalami kesaulitan dalam proses proses pembelajaran. 

References

Agustini, D. . dkk. (2019). Implementasi Supervisi Klinis dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Anwar, M. (2018). Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Prenadamedia Grup.

Banun, S. (2016). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada SMP Negeri 2 Unggul Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 4(1).

Fitriani, C. (2017). Kompetensi Profesional Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Di MTs Muhammadiyah Banda Aceh. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan, 5(2).

Mulyasa. (2005). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosida Karya.

Purwanto, N. (2006). Admisntrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ranjawali, Ronexon Mbelu, Ade Iriani, & W. (2019). Evaluasi Pelaksanaan Supervisi Klinis Dalam Peningkatan Standar Proses Dikalangan Guru-guru Matematika di SMA Negeri 1 Pandawai. Jurnal Manajemen Pendidikan, 14(1).

Sagala, S. (2020). Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Salma, P. (2018). Pelaksanaan Supervisi klinis dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di MAN Beureunuen. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan, 6(1).

Sulfemi, W. B. (2015). Kemampuan Pedagogi Guru. Prosiding Seminar Nasional STKIP Muhammadiyah Bogor, 1(1).

Sunendra. (2012). Peningkatan Keterampilan Menyusun RPP Berorientasi Permendiknas No. 41 Tahun 2007 Melalui Pelatihan Supervisi Klinis Pada Para Guru SD Gugus V Kecamatan Sukasada.

Supriyono, A. (2017). Pengaruh Kompetensi Pedagogi, Profesional, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 18(2).

Syaidah,Umu, Bambang Suyadi, & H. M. A. (2018). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Di SMA Negeri Rambipuji Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 12.

Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. (n.d.).

Yurizki, D. (2018). Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru dalam Peningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMAN di Wilayah Barat Kabupaten Bireuen. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 6(2), 68–74.

Downloads

Published

2020-07-23

How to Cite

Imelda, I. (2020). Meningkatnya Kemampuan Guru Melaksanakan Proses Pembelajaran dengan Adanya Supervisi Klinis. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 229–240. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25444

Issue

Section

Articles