Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Proses Pembelajaran di SD

Desak Ketut Sitaasih

Abstract


Kompetensi guru dalam proses pembelajaran di kelas senyatanya masih rendah, guru kurang mempersiapkan perangkat pembelajaran sebelum masuk di kelas serta pola pikir yang masih kovensisoanal. Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam proses pembelajaran di Sekolah Dasar melalui penerapan supervisi akademik. Subjek penelitian ini adalah guru SD yang jumlahnya 9 orang Penelitian ini meruapakan penelitian tindakan sekolah dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan rancangan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan refleksi. Data dikumpulkan dengan metode observasi. Data yang sudah dikumpulkan dianalisis dengan metode statistic deskriptif. Setelah data kompetensi guru dalam proses pembelajaran dianalisis terlihat peningkatan yang cukup signifikan. Pada prasiklus tingkat kompetensi guru dalam proses pembelajaran sebesar 65,19% yang tergolong cukup, pada siklus II menjadi 68,06% yang tergolong cukup, dan pada siklus II menjadi 78,06% yang tergolong baik. Berdasarkan peningkatan tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan supervisi akademik dapat meningkatkan kompetensi guru dalam proses pembelajaran di SD. Dengan adanya supervisi Akademik membantu guru-guru untuk meningkatkan kopetensi pedagogiknya.

 


Keywords


Supervisi akademik; kompetensi guru; pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Agung, A. A. G. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan, Suatu Pengantar. (FIP Undiksha Singaraja, Ed.). Singaraja.

Atmodiwiryo, S. (2011). Manajemen Pengawasan dan Supervisi Sekolah. Jakarta: PT. Ardadizya jaya.

Dirjen PMPTK. (2008). Metode dan Teknik Supervisi Tahun 2008. Jakarta: Depdiknas.

Hendriyathi. (2012). Pembinaan Profesional Melalui Supervisi Akademik Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Kinerja Guru Pada SD Santo Yoseph I Denpasar.

Istianah, I. (2019). Implementasi Program Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMAN 1 Cikarang Utara dan MAN Kabupaten Bekasi. Rasi Pendidikan, Volume 26 Issue 1, April 2019 H, 26(1).

Lalupanda, E. M. (2019). Implementasi Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Mutu Guru. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(1).

Masnun, B. (2017). Mengefektifkan Supervisi Akademik Dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Kelas Dalam Proses Pembelajaran Semester Satu Tahun Pelajaran 2016/2017 SD Negeri 27 Ampenan. JIME, 3(1).

Messi, Wiwin Anggita Sari, & M. (2018). Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawasan Sekolah Sebagai Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan, 3(1).

Riyanto, M. (2015). Manajemen Kepala Sekolah Dalam Melaksanakan Supervisi Akademik Di SMA Negeri 5 Lubuklinggau. Jurnal Manajer Pendidikan, 9(1).

Sagala, S. (2020). Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyanti & Sabar Narimo. (2016). Pengelolaan Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah di SD Negeri 6 Putatsari Grobogan. Jurnal Managemen Pendidikan, 11(2).

Sukarmen. (2018). Pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru. Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 3(2).

Suradi, A. (2018). Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Negeri 79 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1).

Tama, I. K. (2009). Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Akademik Tehadap Penguasaan Kompetetensi Pedagogik Ditinjau dari Etos Kerja Pada Guru SMP Negeri 1 Kuta Utara Tahun 2008/2009. Tesis Pasca SarjanaUniversitas Pendidikan Ganesha Singaraja.

Usman. (2018). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Binaan Dalam Proses Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Di Kelas Semester Satu Tahun Pelajaran 2017/2018 SD Negeri 39 Mataram. JISIP, 2(1).

Zulfikar, Yusrizal, & S. I. (2017). Supervisi Akademik Oleh Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru SD Negeri 2 Calang Kabupaten Aceh Jaya. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan, 5(3).




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25461

Article Metrics

Abstract view : 747 times
PDF file view : 478 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar


JURNAL ILMIAH SEKOLAH DASAR IS PUBLISHED BY:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayan_widiana@yahoo.co.id


Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar terindeks oleh

 Akreditasi SINTA   




Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar memiliki lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.