PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN REINFORCEMENT SIMBOLIK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IVB SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2017/2018 DI SD LAB UNDIKSHA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v1i4.12120Keywords:
Problem based learning, reinforcement simbolik, motivasi belajar, hasil belajarAbstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Matematika melalui penerapan model problem based learning berbantuan reinforcement simbolik. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi atau evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVB SD Lab Undiksha yang terdiri dari 19 orang siswa laki-laki dan 19 orang siswa perempuan. Bentuk analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif. Data hasil penelitian menunjukan pada siklus I data hasil motivasi belajar siswa mencapai 68,60% berada pada katagori motivasi cukup tinggi dan pada siklus II mencapai 80,04% berada pada katagori motivasi tinggi. Dengan demikian, peningkatan motivasi belajar siswa mencapai 11,44%. Sedangkan data hasil penelitian menunjukan pada siklus I data hasil belajar Matematika mencapai 68,95% berada pada katagori tinggi dan pada siklus II mencapai 81,18% berada pada katagori sangat tinggi. Dengan demikian, peningkatan hasil belajar Matematika mencapai 12,23%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model problem based learning berbantuan reinforcement simbolik dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Matematika siswa kelas IVB semester I tahun pelajaran 2017/ 2018 di SD Lab Undiksha.
References
Andriaswari, I Gst. A., Oka Negara, Wyn Wiarta. 2016. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Konkret Dapat Meningkatkan Penguasaan Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas Vb Sd Negeri 10 Pemecutan. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 4 No: 1.
Anggara, I Gede. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Universitas Pendidikan Ganesha Vol 1 No 4.
Gunantara, Gd. Md Suarjana, Pt. Nanci Riastini. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 2 No: 1.
Hamalik, Oemar. 2003. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Heruman, 2012.Model Pembelajaran Matematika. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Sriyanto. 2007. Strategi Sukses Menguasai Matematika. Yogyakarta: Indonesia Cerdas Strauss.
Agung, A. A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: FIP Undiksha.
Nurkhotimah, Siti, Joharman, dan Suripto. 2017. Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Dengan Media Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tentang Operasi Hitung Pecahan Pada Siswa Kelas V Sdn 1 Kuwayuhan Tahun Ajaran 2016/2017. E-Journal Universitas Sebelas Maret Surakarta, tersedia di jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/download/10158/7512Nurkancana & Sunartana. 1992. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.
Putera, Ida Bgs Nym Semara. 2012. Implementasi Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Biologi Ditinjau Dari Intelligence Quotient (IQ) . Jurnal Penelitian Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Vol 2 Nomor 2.
Yanti, Ni Wayan Widya, Sukadi, dan I Gusti Ketut Arya Sunu. 2013. Penerapan Model Pembelajaran PBL Berbantuan Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN. E-Journal Universitas Pendidikan Ganesha, tersedia pada. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP/article/download/404/34.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)