Pengembangan Media Lamat (Laci Matematika) Baby Shark dengan menggunakan Problem Based Learning pada Berhitung Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16169Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangkan media laci matematika yang valid dan mengetahui keberterimaan kepraktisan dalam penggunaan media LAMAT (Laci Matematika) Baby Shark dengan Menggunakan Problem Based Learning Pada Berhitung Siswa Kelas 1 SD bagi Siswa Kelas 1 SDN Karanganyar Gunung 02 Semarang. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian Research and Development (R&D) dengan langkah pencarian potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan uji coba produk. Rata-rata hasil belajar siswa SDN Karanganyar Gunung 02 Semarang saat pertemuan pertama sebesar 81,53 dan pada saat pertemuan kedua sebesar 73,84. Hasil tanggapan pada analisis ahli media 97,6% sangat baik, ahli materi 91,4% sangat baik, angket keberterimaan siswa terhadap media laci matematika baby shark 97,6% sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media laci matematika baby shark efektif digunakan dalam pembelajaran matematika karena sudah mencapai hasil belajar saat pertemuan pertama sebesar 81,53 dan pada saat pertemuan kedua sebesar 73,84References
Amelia Dwi Fitri. 2016. Penerapan Problem Based Learnin (Pbl) Dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi. JAMBI MEDICAL JOURNAL Jurnal Kedokteran dan Kesehatan. Vol 4. No1.
Gunawan. 1997. Teori Kemampuan Berhitung Ahli dalam Jurnal. http://etheses.uin-malang.ac.id
Ibrahim, B., Erdal, S., Mustafa, S (2009). The effect of problem-based leraning instruction on university students’ perfermance of conceptual and quantitative problems in gas concepts.Eurosia Jurnal of Mathematics, Science & Technology Education, 5(2), 153-156
Marhamah Saleh. 2013. Strategi Pembelajaran Fiqh dengan Problem-Based Learning. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA. VOL. XIV NO. 1, 190-220.
Nurun Nafiah,Yunin. 2014. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 4, Nomor 1.
Rizal Abdurrozak, Asep Kurnia Jayadinata, Isrok ‘atun. 2016. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No, 1.
Rostina. 2015. Media dan Alat Peraga dalam pembelajaran Matematika. Bandung: Penerbit Alfabeta
Sudarman. 2007. “Problem Based Learning: Suatu Model Pembelajaran untuk Mengembangkann dan Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah”. Jurnal Pendidikan Inovatif Vol.2 No.2, pp.68-73
Sugiyanto. 2010. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, cv.
Suharmanto. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Papan Hitung Pembagian Pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar Kelas 2. Jurnal : FIP UNY
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Triyanto. 2009. Pengembangan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya
Wulandari,Bekti. 2013. Pengaruh Problem-Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 3, Nomor 2.
Yunin Nurun Nafiah, Wardan Suyanto. 2016. Penerapan Model Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi UNY. Vol 1 No 2.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)