Pengembangan Media Pembelajaran Kayaku (Kayanya Alam Negeriku) Berbasis STEM Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Nazalat Rohmatul Maula Universitas Ahmad Dahlan
  • Laila Fatmawati Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.22351

Keywords:

learning media, Kkayaku, STEM

Abstract

Penelitian ini bertujan untuk mengetahui prosedur pengembangan dan kelayakan dari media pembelajaran Kayaku (Kayanya Alam Negeriku) berbasis STEM. Produk yang dikembangkan diharapkan dapat meningkatkan literasi dasar peserta didik kelas IV sekolah dasar pada tema 9 subtema 2 pembelajaran 1. Penelitian pengembangan yang digunkanadalah Research and Development (RnD) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Hasil penilaian yag didapat dari uji validasi ahli memperoleh rerata 92,80. Hasil yang diperoleh dari respon guru mendapat rerata 80. Adapun yang dihasilkan dari penilaian peserta didik yaitu uji coba kelompok kecil memperoleh rerata 93,33 dan uji coba kelompok besar memperoleh rerata 90,74. Berdasarkan data yang diperoleh dari penilaian uji validasi ahli serta uji coba lapangan yaitu guru dan peserta didik memperoleh rerata 88,28. Apabila dianalisis menggunakan data kuantitas, maka media kayaku berbasis STEM menunjukkan bahwa media dikategorikan sangat layak digunakan sebagai media dalam proses pembelajaran. Apabila dianalisis menggunakan data kualitatif, maka media kayaku berbasis STEM menunjukkan bahwa media menumbuhkan motivasi belajar bagi peserta didik, melatih membaca dan pemahaman peserta didik, serta menumbuhkan inovasi bagi guru.

Author Biographies

Nazalat Rohmatul Maula, Universitas Ahmad Dahlan

PGSD

Laila Fatmawati, Universitas Ahmad Dahlan

PGSD

References

Amijaya, L. S., Ramdani, A., & Merta, I. W. (2018). Effect Of Guided Inquiry Learning Model Towards Student Learning Outcomes And Critical Thinking Ability. J. Pijar MIPA , 94-99.

Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran (18th ed.). Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Astuti, I. D., Toto, & Yulisma, L. (2019). Analisis Stem (Science, Technology, Engenering, And Mathematicss) Materi Kelistrikan Pada Buku Tematik Tema 3 Kelas 6 Sekolah Dasar. Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi , 11, 93-98.

Ayob, A., Ibrahim, M. N., Tok, O. E., & Adnan, M. (2017). Modul Latihan Pendidikan: Pil Cerdas STEM untuk Prasekolah, Tadika, dan Taska. (N. A. M. M. Nordin, Ed.) (pertama). Setapak: Al-Ameen Serve Holdings Sdn. Bhd.

Budiningsih, D. C. A. (2012). Belajar dan Pembelajaran (2nd ed.). Jakarta: PT Rineka Cipta.

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran (1st ed.). Yogyakarta: Gava Media.

Daryanto, & Karim, S. (2017). Pembelajaran Abad 21 (1st ed.). Yogyakarta: Gava Media.

Hasibuan, A. T., & Prastowo, A. (2019). Konsep Pendidikan Abad 21: Kepemimpinan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Sd/Mi. Magistra , 26-50.

Hartono, M., & Sapoetra, J. (2018). Efektivitas Pengawasan Model Pembelajaran Tematik Pada Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Dasar, 9, 125–133. Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/JPD.091.11.

Kurniawan, H. (2016). Efektifitas Pembelajaran Problem Solving Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Matematis. Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematik (pp. 47-56). Surakarta: Universitas Negeri Surakarta.

Maryanto. (2017). Buku Guru: Tema 9 Kayanya Negeriku Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Keterampilan.

Pangesti Wiedarti, M.Appl.Ling., P. ., Prof. Dr. Kisyani-Laksono, Pratiwi Retnaningdyah, P. ., Sofie Dewayani, P. ., Wien Muldian, S. ., Dr. Susanti Sufyadi, … Billy Antoro, S. P. (2016). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah (1st ed.). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan . Retrieved from https://dokumen.tips/documents/desain-induk-gerakan-literasi-sekolah24032016.html.

Parta Ibeng. (2018). Pengertian Literasi, Tujuan, Manfaat, Jenis, Prinsip, Contoh & Menurut Ahli. Retrieved February 20, 2019, from https://pendidikan.co.id/pengertian-literasi-tujuan-manfaat-jenis-prinsip-contoh-menurut-ahli/.

Rahmawati, N. (2018). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim Sleman Yogyakarta. Journal of Arabic Learning and Teaching , 37-44.

Rohmah, U. N., Ansori, Y. Z., & Nahdi, D. S. (2019). Pendekatan Pembelajaran Stem Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2019 “Literasi Pendidikan Karakter Berwawasan Kearifan Lokal pada Era Revolusi Industri 4.0”. (pp. 271-278). Majalengka: Universitas Majalengke.

Ruhaena, L. (2013). Proses Pencapaian Kemampuan Literasi Dasar Anak Prasekolah Dan Dukungan Faktor-Faktor Dalam Keluarga.

Sanaky, H. . (2015). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Sanjaya, Wina. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembagan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Saragih, S., & Lubis, H. (2019). Efektifitas Pemanfaatan Media Pembelajaran Yang Menarik. Jurnal Pendidikan Islam Tazkiyah , 7, 1-15.

Sudjana dan Rivai. (2013). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Syahroni, & Nurfitriyani, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interakt If Berbasis Komputer Dalam Pembelajaran Matematika, Materi Bilangan Pada Kelas 3 Sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA , 7, 262-271.

Taryono, Saepuzaaman, D., Dhina, M. A., & Fitriyanti, N. (2019). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek dan Pembelajaran Berbasis Masalah pada Mata Pelajaran Fisika untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 (4Cs) Siswa SMP. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika , 89-105.

Widoyoko, E. P. (2018). Tekni Penyusunan Instrumen Penelitian (ketujuh). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yunita, & Kurnia, F. (2019). Analisis Stem (Science, Technology, Engenering, And Mathematicss) Materi Kelistrikan Pada Buku Tematik Tema 3 Kelas 6 Sekolah Dasar. Prosiding Sinamu (Simposium Nasional Multidisiplin) (pp. 1-8). Tangerang: Universitas Muhammadiyah Tangerang.

Downloads

Published

2020-04-03

How to Cite

Maula, N. R., & Fatmawati, L. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Kayaku (Kayanya Alam Negeriku) Berbasis STEM Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 97–105. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.22351