Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA

Penulis

  • ni putu suari

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16138

Abstrak

This research aimed at implementing problem based learning model to improve students’ learning motivation in science. The subjects of this classroom action research were 25 students in Grade VI, semester I, academic year 2016/2017 in SD No.1 Darmasaba. Students’ interests were collected using questionnaire and analyzed descriptively. Result showed that after implementing problem based learning model in Cycle I, students’ motivation reached 104.96 which was categorized as highly motivated. Students’ classical completeness was 76%. After Cycle II, students’ motivation reached 121.68 which were categorized as very highly motivated. Students’ classical completeness were 96%. Thus, it is concluded that problem based learning model can be implemented to improve students’ motivation in science

Referensi

Agung, A.A Gede. 2005. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan Institut Keguruan dan Keilmuan Negeri Singaraja.

Agung, A.A Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publising.

Depdiknas, 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Dewantara, D. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA (Studi Pada Siswa Kelas V SDN Pengambangan 6 Banjarmasin). Jurnal Paradigma. Volume 11 Nomor 2 Juli 2016, 41 - 44.

Dewi, K. A. P., Gading, I. K., & Sudana, D. N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(1).

Giarti, S. (2015, November). Peningkatan Keterampilan Proses Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model PBL Terintegrasi Penilaian Autentik Pada Siswa Kelas VI SDN 2 Bengle, Wonosegoro. In Prosiding Seminar Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (Vol. 1, No. 1).

Gunantara,Gd, Md Suarjana, dan Pt. Nanci Riastini. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 2, No. 1.

Indah, N. (2015). Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Materi Pokok Sumber Energi Gerak Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas I.A SD Negeri 9 Kabangka Tahun Ajaran 2014/2015. 50 - 55.

Muhson, Ali. 2009. Peningkatan Minat Belajar Dan Pemahaman Mahasiswa Melalui Penerapan Problem Based Learning. Jurnal Kependidikan. Vol. 39, No. 2, Hal. 171-182.

Rusman. 2010. Model Model Pembelajaran. Bandung: Rajawali Pers,

Rahayu, P. I., Rosidin, U., & Abdurrahman, A. (2015). Perbandingan Hasil Belajar Siswa antara Pembelajaran Menggunakan PBL dan Discovery Learning. Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol. 3, No.5.

Setiawan, Denny. dkk. 2007. Komputer dan media pembelajaran. Jakarta: Universitas terbuka.

Suwandi, Y. (2015). Peningkatan Hasil Belajar IPA Tentang Ekosistem Melalui Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kabupaten Tana Tidung. Jurnal Pendidikan Dasar Volume 6 Edisis 1 Mei 2015, 93 - 102.

Syafriana, D. (2016). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 30 - 43.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Surabaya: Prestasi pustaka.

Wati, Nanik Istika, Sri Utaminingsih, dan Fina Fakhriyah. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa di Kelas V SD Negeri Pasuruhan Pati. Artikel. Prodi PGSD FKIP Unibersitas Muara Kudus.

Wahyudi, M. D. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Konsep Sifat - Sifat Cahaya Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dan Word Square Pada Siswa Kelas V SDN Pemurus Dalam 7 Banjarmasin. Jurnal Paradigma Volume 8 Nomor 1 Januari - Juni 2013, 1 -7.

Diterbitkan

2018-11-28

Cara Mengutip

suari, ni putu. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 241–247. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16138

Terbitan

Bagian

Articles