IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TAI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PJOK PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23887/jiku.v8i1.29620Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya minat, motivasi, dan aktivitas belajar siswa sehingga hasil belajar siswa kurang tercapai secara optimal. Dari permasalahan tersebut guru sebagai pengelola proses pembelajaran diharapkan dapat menciptakan suasana belajar yang merangsang minat belajar siswa dan mampu menyediakan lingkungan belajar yang menarik bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PJOK melalui implementasi model pembelajaran TAI pada siswa kelas V SD Negeri 9 Subagan semester I tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus, terdiri dari, rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subyek penelitian siswa kelas V SD Negeri 9 Subagan yang berjumlah 16 orang terdiri dari 7 siswa putra dan 9 siswa putri. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis data pada siklus. Persentase hasil belajar PJOK secara klasikal pada siklus I sebesar 81,25% (baik), dan pada siklus II sebesar 100% (sangat baik). Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 18,75% dan rata-rata dari kedua siklus adalah 90,62%. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa Hasil belajar PJOK meningkat melalui implementasi model pembelajaran TAI pada siswa kelas V SD Negeri 9 Subagan semester I tahun pelajaran 2018/2019. Disarankan kepada guru penjasorkes untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI karena dapat meningkatkan hasil belajar PJOK
Kata – kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI , Hasil Belajar, PJOK
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)