IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TAI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PJOK PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • I Komang Budi Budi Trimantara

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiku.v8i1.29620

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya minat, motivasi, dan aktivitas belajar siswa sehingga hasil belajar siswa kurang tercapai secara optimal. Dari permasalahan tersebut guru sebagai pengelola proses pembelajaran diharapkan dapat menciptakan suasana belajar yang merangsang minat belajar siswa dan mampu menyediakan lingkungan belajar yang menarik bagi siswa.  Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PJOK melalui implementasi model pembelajaran TAI pada siswa kelas V SD Negeri 9 Subagan semester I tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas yang  dilakukan sebanyak 2 siklus, terdiri dari, rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subyek penelitian siswa kelas V SD Negeri 9 Subagan yang berjumlah 16 orang terdiri dari 7 siswa putra dan 9 siswa putri. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis data pada siklus. Persentase hasil belajar PJOK secara klasikal pada siklus I sebesar 81,25% (baik), dan pada siklus II sebesar 100% (sangat baik). Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 18,75% dan rata-rata dari kedua siklus adalah 90,62%. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan  dapat ditarik kesimpulan bahwa Hasil belajar PJOK meningkat melalui implementasi model pembelajaran TAI pada siswa kelas V SD Negeri 9 Subagan semester I tahun pelajaran 2018/2019. Disarankan kepada guru penjasorkes untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI karena dapat meningkatkan hasil belajar PJOK

 

 

Kata – kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI , Hasil Belajar, PJOK

Downloads

Published

2020-11-09

How to Cite

Budi Trimantara, I. K. B. (2020). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TAI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PJOK PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(1), 16–23. https://doi.org/10.23887/jiku.v8i1.29620

Issue

Section

Articles