PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR CHEST PASS BOLA BASKET

Authors

  • Andika Yudha Putra Santoso Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • I. K. Budaya Astra Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • I. G. Suwiwa Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiku.v8i3.29820

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together terhadap hasil belajar chest pass bola basket pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Singaraja. Jenis penelitian adalah eksperimen sungguhan (true experimental) dengan menggunakan desain penelitian the randomized pretest-posttest control  group the same subject design. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Kelas yang menjadi sampel penelitian adalah kelas XI-MIPA 2 sebagai kelompok control dan XI-MIPA 4 sebagai kelompok eksperimen. Pengumpulan data hasil belajar diperoleh melalui tes objektif, observasi dan unjuk kerja. Analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Analisis data menunjukkan bahwa dari hasil rata-rata gain score pada kelas kelompok eksperimen adalah  6,8824, lebih tinggi dari kelas kelompok control yaitu 4,2941. Hasil uji-t menunjukkan nilai sig pada kolom sig (2-tailed) dan baris equal variances assumed sebesar 0.000. Nilai sig ini lebih kecil dari pada 0,05 sehingga sehingga Ho ditolak dan Haditerima. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran kooperatiftipe NHT berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar chest pass bola basket. Disarankan kepada guru PJOK agar menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam proses pembelajaran materi chest pass bola basket karena terbukti berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa.

.Kata Kunci: NHT, hasil belajar, bola basket

Downloads

Published

2021-01-14

How to Cite

Santoso, A. Y. P., Astra, I. K. B., & Suwiwa, I. G. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR CHEST PASS BOLA BASKET. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(3), 155–163. https://doi.org/10.23887/jiku.v8i3.29820

Issue

Section

Articles