PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR CHEST PASS BOLA BASKET
DOI:
https://doi.org/10.23887/jiku.v8i3.29820Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together terhadap hasil belajar chest pass bola basket pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Singaraja. Jenis penelitian adalah eksperimen sungguhan (true experimental) dengan menggunakan desain penelitian the randomized pretest-posttest control group the same subject design. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Kelas yang menjadi sampel penelitian adalah kelas XI-MIPA 2 sebagai kelompok control dan XI-MIPA 4 sebagai kelompok eksperimen. Pengumpulan data hasil belajar diperoleh melalui tes objektif, observasi dan unjuk kerja. Analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Analisis data menunjukkan bahwa dari hasil rata-rata gain score pada kelas kelompok eksperimen adalah 6,8824, lebih tinggi dari kelas kelompok control yaitu 4,2941. Hasil uji-t menunjukkan nilai sig pada kolom sig (2-tailed) dan baris equal variances assumed sebesar 0.000. Nilai sig ini lebih kecil dari pada 0,05 sehingga sehingga Ho ditolak dan Haditerima. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran kooperatiftipe NHT berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar chest pass bola basket. Disarankan kepada guru PJOK agar menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam proses pembelajaran materi chest pass bola basket karena terbukti berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa.
.Kata Kunci: NHT, hasil belajar, bola basket
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)