Minat Belajar Peserta Didik dalam Mengikuti Pembelajaran PJOK Berbasis Daring di Kelas X SMK
DOI:
https://doi.org/10.23887/jiku.v10i1.41199Keywords:
interest, PJOK learning, onlineAbstract
Masih banyak siswa kurang meminati pembelajaran PJOK secara daring. Penyebab dari kurangnya minat peserta didik tentunya terjadi karena adanya sebuah permasalahan tentang sarana dan prasarana. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis minat belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran PJOK berbasis daring. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu 280 peserta didik kelas X SMK dengan sampel yang digunakan sebanyak 155 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran PJOK berbasis daring di kelas X memperoleh skor kategori sangat baik 0 peserta didik (sebesar 0%), kategori baik 11 peserta didik (sebesar 7,1%), kategori cukup 88 peserta didik (sebesar 56,8%), kategori kurang baik 46 peserta didik (sebesar 29,7%) dan kategori sangat tidak baik 9 peserta didik (5,8%) maka jumlah keseluruhan memperoleh skor 70,45 dan termasuk ke dalam kategori cukup. Jadi minat belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran PJOK berbasis daring di kelas X SMK dikategorikan cukup. Diharapkan guru menerapkan strategi belajar yang inovatif sehingga siswa lebih semangat dalam belajar PJOK secara daring.
References
Abumalloh, R. A., Asadi, S., Nilashi, M., Minaei-Bidgoli, B., Nayer, F. K., Samad, S., Mohd, S., & Ibrahim, O. (2021). The impact of coronavirus pandemic (COVID-19) on education: The role of virtual and remote laboratories in education. Technology in Society, 67. https://doi.org/10.1016/J.TECHSOC.2021.101728. DOI: https://doi.org/10.1016/j.techsoc.2021.101728
Aisyah, S., & Kurniawan, M. A. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 1(1), 48–56. https://doi.org/10.32665/jurmia.v1i1.195. DOI: https://doi.org/10.32665/jurmia.v1i1.195
Aji, B. S., & Winarno, M. E. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Pengetahuan Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas VIII Semester Gasal. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(7), 1449–1463. https://doi.org/10.17977/jp.v1i7.6594.
Basuki, S. (2017). Partisipasi Mahasiswa Dalam Kegiatan Olahraga Dan Sarana Prasarana Pendukung Pada Universitas Lambung Mangkurat. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(1). https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3659. DOI: https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3659
Browning, M. H. E. M., Larson, L. R., Sharaievska, I., Rigolon, A., McAnirlin, O., Mullenbach, L., Cloutier, S., Vu, T. M., Thomsen, J., Reigner, N., Metcalf, E. C., D’Antonio, A., Helbich, M., Bratman, G. N., & Alvarez, H. O. (2021). Psychological impacts from COVID-19 among university students: Risk factors across seven states in the United States. PloS one, 16(1), e0245327. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0245327. DOI: https://doi.org/10.1371/journal.pone.0245327
Dewa, E., Mar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Putu Perwira Bioszone
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)