Minat Belajar Peserta Didik dalam Mengikuti Pembelajaran PJOK Berbasis Daring di Kelas X SMK

Penulis

  • Putu Perwira Bioszone Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiku.v10i1.41199

Kata Kunci:

interest, PJOK learning, online

Abstrak

Masih banyak siswa kurang meminati pembelajaran PJOK secara daring. Penyebab dari kurangnya minat peserta didik tentunya terjadi karena adanya sebuah permasalahan tentang sarana dan prasarana. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis minat belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran PJOK berbasis daring. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu 280 peserta didik kelas X SMK dengan sampel yang digunakan sebanyak 155 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran PJOK berbasis daring di kelas X memperoleh skor kategori sangat baik 0 peserta didik (sebesar 0%), kategori baik 11 peserta didik (sebesar 7,1%), kategori cukup 88 peserta didik (sebesar 56,8%), kategori kurang baik 46 peserta didik (sebesar 29,7%) dan kategori sangat tidak baik 9 peserta didik (5,8%) maka jumlah keseluruhan memperoleh skor 70,45 dan termasuk ke dalam kategori cukup. Jadi minat belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran PJOK berbasis daring di kelas X SMK dikategorikan cukup. Diharapkan guru menerapkan strategi belajar yang inovatif sehingga siswa lebih semangat dalam belajar PJOK secara daring.

Referensi

Abumalloh, R. A., Asadi, S., Nilashi, M., Minaei-Bidgoli, B., Nayer, F. K., Samad, S., Mohd, S., & Ibrahim, O. (2021). The impact of coronavirus pandemic (COVID-19) on education: The role of virtual and remote laboratories in education. Technology in Society, 67. https://doi.org/10.1016/J.TECHSOC.2021.101728. DOI: https://doi.org/10.1016/j.techsoc.2021.101728

Aisyah, S., & Kurniawan, M. A. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 1(1), 48–56. https://doi.org/10.32665/jurmia.v1i1.195. DOI: https://doi.org/10.32665/jurmia.v1i1.195

Aji, B. S., & Winarno, M. E. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Pengetahuan Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas VIII Semester Gasal. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(7), 1449–1463. https://doi.org/10.17977/jp.v1i7.6594.

Basuki, S. (2017). Partisipasi Mahasiswa Dalam Kegiatan Olahraga Dan Sarana Prasarana Pendukung Pada Universitas Lambung Mangkurat. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(1). https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3659. DOI: https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3659

Browning, M. H. E. M., Larson, L. R., Sharaievska, I., Rigolon, A., McAnirlin, O., Mullenbach, L., Cloutier, S., Vu, T. M., Thomsen, J., Reigner, N., Metcalf, E. C., D’Antonio, A., Helbich, M., Bratman, G. N., & Alvarez, H. O. (2021). Psychological impacts from COVID-19 among university students: Risk factors across seven states in the United States. PloS one, 16(1), e0245327. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0245327. DOI: https://doi.org/10.1371/journal.pone.0245327

Dewa, E., Mar

Diterbitkan

2022-02-16

Cara Mengutip

Bioszone, P. P. (2022). Minat Belajar Peserta Didik dalam Mengikuti Pembelajaran PJOK Berbasis Daring di Kelas X SMK. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 10(1), 43–47. https://doi.org/10.23887/jiku.v10i1.41199

Terbitan

Bagian

Articles