Hubungan Antara Aktivitas Fisik Terhadap Tingkat Kecemasan

Authors

  • Winda Irna Oktaviana Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, FKIP, Universitas Sriwijaya
  • Wahyu Indra Bayu Pendidikan Olahraga, FKIP, Universitas Sriwijaya
  • Herri Yusfi Pendidikan Olahraga, FKIP, Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiku.v10i2.44115

Keywords:

Aktivitas Fisik, Kecemasan, Pandemi, Covid-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara aktivitas fisik terhadap tingkat kecemasan pada peserta didik SMK Negeri 4 Palembang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif serta menggunakan rancangan korelasi atau corellation. Populasi penelitian ini yaitu peserta didik SMK Negeri 4 Palembang. Sampel pada penelitian ini dimbil secara acak yaitu kelas 10 dan 11 berjumlah 348 orang peserta didik. Instrumen pada penelitian menggunakan kuisioner international physical activity quesionaire (IPAQ) untuk aktivitas fisik dan kuesioner depression anxiety stress scale (DASS42) untuk tingkat kecemasan. Teknik analisis data diolah dengan peprsentase dan uji chi-square menggunakan bantuan komputer pada program exel dan SPSS 22. Berdasarkan analisis persentase data yang diperoleh yakni untuk aktivitas fisik diperoleh persentase 11% berjumlah 38 orang peserta didik dengan kategori rendah, 40% berjumlah 138 orang peserta didik dengan kategori sedang, dan 49% berjumlah 172 orang peserta didik dengan kategori tinggi. Untuk hasil tingkat kecemasan 49% berjumlah 170 orang peserta didik dengan kategori normal, 9% berjumlah 31 orang peserta didik dengan kategori ringan, 20% berjumlah 60 orang peserta didik kategori sedang, 19% berjumlah 65 orang peserta didik dengan kategori parah, dan 4% berjumlah 14 orang peserta didik dengan kategori sangat parah. Hasil teknik analisis pada uji chi-square yaitu nilai signifikansi=0,147 yaitu lebih besar dari 0,05 menunjukkan bahwa tidak ada hubungan aktivitas fisik terhadap tingkat kecemasan pada peserta didik SMK Negeri 4 Palembang. Penerapan dari penelitian ini yaitu bahwa saja aktivitas fisik tidak ada hubungan dengan tingkat kecemasn pada peserta didik SMK Negeri 4 Palembang. 

References

Agustin, W. W., Hartati, H., & Aryanti, S. (2021). Physical Fitness Analysis of Student Learning Outcomes. Journal Physical Education, Health and Recreation, 5(2), 162–168.

Ardianto, P. (2018). Gejala Kecemasan Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 9(2), 87–91.

Bayu, W. I., Syafaruddin, S., Yusfi, H., Syamsuramel, S., Solahuddin, S., & Victorian, A. R. (2021). Gambaran aktivitas fisik dan indeks massa tubuh calon guru pendidikan jasmani selama pandemi Covid-19. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 20(2), 130–143.

Kumbara, H., Metra, Y., & Ilham, Z. (2018). Analisis tingkat kecemasan (anxiety) dalam menghadapi pertandingan atlet sepak bola Kabupaten Banyuasin pada Porprov 2017. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 17(2), 28–35.

Naftali, A. R., Ranimpi, Y. Y., & Anwar, M. A. (2017). Kesehatan spiritual dan kesiapan lansia dalam menghadapi kematian. Buletin Psikologi, 25(2), 124–135.

Organization, W. H. (2020). Mental health and psychosocial considerations during the COVID-19 outbreak, 18 March 2020. World Health Organization.

Prakoso, B. B., Muzakki, A., & Fantiro, F. A. (2020). Gambaran Aktivitas Fisik Dan Indeks Massa Tubuh Calon Guru Sekolah Dasar Di Masa Pandemi Covid-19. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 4(2), 51–58.

Rachim, R. (2021). Hubungan Aktivitas Fisik Dengan Gangguan Kecemasan Pada Orang Dewasa Di Masa Pandemi COVID-19. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rodriguez-Ayllon, M., Cadenas-Sánchez, C., Estévez-López, F., Muñoz, N. E., Mora-Gonzalez, J., Migueles, J. H., Molina-García, P., Henriksson, H., Mena-Molina, A., & Martínez-Vizcaíno, V. (2019). Role of physical activity and sedentary behavior in the mental health of preschoolers, children and adolescents: a systematic review and meta-analysis. Sports Medicine, 49(9), 1383–1410.

Silalahi, V. (2021). Hubungan Tingkat Kecemasan Dengan Aktivitas Fisik. Jurnal Kesehatan Mercusuar, 4(2), 1–10.

Sistyaningtyas, F. (2013). Hubungan antara tingkat kecemasan dengan prestasi belajar matematika siswi kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Kayen Pati. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Stults-Kolehmainen, M. A., & Sinha, R. (2014). The effects of stress on physical activity and exercise. Sports Medicine, 44(1), 81–121.

Sugiyono, D. (2018). Metode penelitian kuatintatif, kualitatif dan R & D/Sugiyono. Bandung: Alfabeta, 15(2010).

Suryondari, C. G. (2015). Hubungan Aktivitas Fisik Dengan Tingkat Kecemasan Pada Lansia Usia 60-74 Tahun Di RW 08 Kelurahan Sukun Kecamatan Sukun Kota Malang. Maternity, 1(1), 1–6.

Published

2022-04-11

How to Cite

Oktaviana, W. I., Bayu, W. I., & Yusfi, H. (2022). Hubungan Antara Aktivitas Fisik Terhadap Tingkat Kecemasan. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 10(2). https://doi.org/10.23887/jiku.v10i2.44115

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)