Hubungan Antara Aktivitas Fisik Terhadap Tingkat Kecemasan
DOI:
https://doi.org/10.23887/jiku.v10i2.44115Keywords:
Aktivitas Fisik, Kecemasan, Pandemi, Covid-19Abstract
Dampak dari social distancing yang mengakibatkan mereka harus belajar melalui daring atau dalam jaringan, rata-rata peserta didik ini berumur 14-17 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara aktivitas fisik terhadap tingkat kecemasan pada peserta didik SMK. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif serta menggunakan rancangan korelasi atau corellation. Populasi penelitian ini yaitu peserta didik SMK. Sampel pada penelitian ini dimbil secara acak yaitu kelas 10 dan 11 berjumlah 348 orang peserta didik. Instrumen pada penelitian menggunakan kuisioner international physical activity quesionaire (IPAQ) untuk aktivitas fisik dan kuesioner depression anxiety stress scale (DASS42) untuk tingkat kecemasan. Teknik analisis data diolah dengan peprsentase dan uji chi-square menggunakan bantuan komputer pada program exel dan SPSS 22. Berdasarkan analisis persentase data yang diperoleh yakni untuk aktivitas fisik diperoleh persentase 11% berjumlah 38 orang peserta didik dengan kategori rendah, 40% berjumlah 138 orang peserta didik dengan kategori sedang, dan 49% berjumlah 172 orang peserta didik dengan kategori tinggi. Untuk hasil tingkat kecemasan 49% berjumlah 170 orang peserta didik dengan kategori normal, 9% berjumlah 31 orang peserta didik dengan kategori ringan, 20% berjumlah 60 orang peserta didik kategori sedang, 19% berjumlah 65 orang peserta didik dengan kategori parah, dan 4% berjumlah 14 orang peserta didik dengan kategori sangat parah. Hasil teknik analisis pada uji chi-square yaitu nilai signifikansi=0,147 yaitu lebih besar dari 0,05 menunjukkan bahwa tidak ada hubungan aktivitas fisik terhadap tingkat kecemasan pada peserta didik SMK Negeri 4 Palembang. Penerapan dari penelitian ini yaitu bahwa saja aktivitas fisik tidak ada hubungan dengan tingkat kecemasn pada peserta didik SMK.
References
Agustin, W. W., Hartati, H., & Aryanti, S. (2021). Physical Fitness Analysis of Student Learning Outcomes. Journal Physical Education, Health and Recreation, 5(2), 162. https://doi.org/10.24114/pjkr.v5i2.24529. DOI: https://doi.org/10.24114/pjkr.v5i2.24529
Aini, H., Suandi, N., & Nurjaya, G. (2019). Pemberian penguatan (reinforcement) verbal dan nonverbal guru dalam pembelajaran bahasa indonesia di kelas VIII MTsN Seririt. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 8(1), 23–32. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v8i1.20246. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpbs.v8i1.20246
Anggraeini, N. (2018). Gambaran Tingkat Kecemasan Pada Mahasiswa Tingkat Tiga D-III Keperawatan Dalam Menghadapi Uji Kompetensi Di Universitas Pendidikan Indonesia. JURNAL PENDIDIKAN KEPERAWATAN INDONESIA, 1(2), 131. https://doi.org/10.17509/jpki.v1i2.9752. DOI: https://doi.org/10.17509/jpki.v1i2.9752
Antee, A. (2021). Student perceptions and mobile technology adoption: implications for lower-income students shifting to digital. Educational Technology Research and Development, 69(1), 191–194. https://doi.org/10.1007/s11423-020-09855-5. DOI: https://doi.org/10.1007/s11423-020-09855-5
Ardianto, P. (2018). Gejala Kecemasan Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 9(2), 87–91.
Bayu, W. I., Syafaruddin, Yusfi, H., Syamsuramel, Solahuddin, S., & Victorian, A. R. (2021). Gambaran aktivitas fisik dan indeks massa tubuh calon guru pendidikan jasmani selama pandemi Covid-19. Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 20(2), 130. https://doi.org/10.20527/multilateral.v20i2.10394. DOI: https://doi.org/10.20527/multilateral.v20i2.10394
Cahyady, D. B., & Afrianto, I. (2016). Pembangunan Game Edukasi Untuk Melatih Perkembangan Kognitif Anak Berbasis Kinect (Studi Kasus Tk Nusa Bangsa). Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika, 5(2), 75–83. https://doi.org/10.34010/komputa.v5i2.2446. DOI: https://doi.org/10.34010/komputa.v5i2.2446
Dos Santos, H. A., & Hudain, A. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Berbasis Permainan Untuk Pengembangan Kebugaran Jasmani. Jurnal Olahraga Dan Kesehatan Indonesia, 1(1), 46–52. https://doi.org/10.55081/joki.v1i1.298. DOI: https://doi.org/10.55081/joki.v1i1.298
Dwi pradipta, G. (2017). Strategi Peningkatan Keterampilan Gerak untuk Anak Usia Dini Taman Kanak-Kanak B. Jendela Olahraga, 2(1), 140–147. https://doi.org/10.26877/jo.v2i1.1292. DOI: https://doi.org/10.26877/jo.v2i1.1292
Ekadjaja, M., & Siswanto, H. P. (2021). Strategi Dan Implementasi Digital Marketing Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 4(2), 278–286. https://doi.org/10.24912/jbmi.v4i2.11347. DOI: https://doi.org/10.24912/jbmi.v4i2.11347
Eliza, Y. (2013). Analisis Kepuasan Masyarakat Atas Kualitas Pelayanan Kantor Kecamatan Siberut Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Ertem, Z., Araz, O. M., & Cruz-Aponte, M. (2021). A decision analytic approach for social distancing policies during early stages of COVID-19 pandemic. Decision Support Systems, 113630. https://doi.org/10.1016/j.dss.2021.113630. DOI: https://doi.org/10.1016/j.dss.2021.113630
Fitria, Linda., Neviyarni., Netrawati., & Karneli, Y. (2020). Cognitive Behavior Therapy Counseling Untuk Mengatasi Anxiety Dalam Masa Pandemi Covid-19. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 10(1), 23–29. DOI: https://doi.org/10.30829/al-irsyad.v10i1.7651
Green, J. K., Burrow, M. S., & Carvalho, L. (2020). Designing for Transition: Supporting Teachers and Students Cope with Emergency Remote Education. Postdigital Science and Education, 2(3), 906–922. https://doi.org/10.1007/s42438-020-00185-6. DOI: https://doi.org/10.1007/s42438-020-00185-6
Kumbara, H., Metra, Y., & Ilmah, Z. (2019). Analisis Tingkat Kecemasan (Anxiety) Dalam Menghadapi Pertandingan Atlet Sepak Bola Kabupaten Banyuasin Pada Porprov 2017. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 17(2), 28. https://doi.org/10.24114/jik.v17i2.12299. DOI: https://doi.org/10.24114/jik.v17i2.12299
Kusnaedi, R. (2018). Tingkat aktivitas jasmani terhadap kecerdasan emosional pada remaja di SMA Muhammadiyah 1 Semarang. In Skripsi UNISMU (pp. 1–15). Universitas Muhammadiyah Semarang.
Marniati, Notoatmodjo, S., Kasiman, S., & Rohadi, R. K. (2018). Patient’s Behaviour with Coronary heart desease Viewed from Socio-Cultural aspect of Aceh Society in Zainoel Abidin Hospital. MATEC Web of Conferences, 150, 5065. https://doi.org/10.1051/matecconf/201815005065. DOI: https://doi.org/10.1051/matecconf/201815005065
Marroquín, B., Vine, V., & Morgan, R. (2020). Mental health during the COVID-19 pandemic: Effects of stay-at-home policies, social distancing behavior, and social resources. Psychiatry Research, 293(July), 113419. https://doi.org/10.1016/j.psychres.2020.113419. DOI: https://doi.org/10.1016/j.psychres.2020.113419
Naftali, A. R., Ranimpi, Y. Y., & Anwar, M. A. (2017). Kesehatan Spiritual dan Kesiapan Lansia dalam Menghadapi Kematian. Buletin Psikologi, 25(2), 124–135. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.28992. DOI: https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.28992
Prakoso, B. B., Muzakki, A., & Fantiro, F. A. (2020). Gambaran Aktivitas Fisik Dan Indeks Massa Tubuh Calon Guru Sekolah Dasar Di Masa Pandemi Covid-19. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 4(2), 51. https://doi.org/10.17977/um040v4i2p51-58. DOI: https://doi.org/10.17977/um040v4i2p51-58
Rawa, N. R., & Mastika Yasa, P. A. E. (2019). Kecemasan Matematika Pada Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Journal of Education Technology, 2(2), 36. https://doi.org/10.23887/jet.v2i2.16180. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v2i2.16180
Riyanto, P., & Mudian, D. (2019). Pengaruh Aktivitas Fisik Terhadap Peningkatan Kecerdasan Emosi Siswa. Journal Sport Area, 4(2), 339–347. https://doi.org/10.25299/sportarea.2019.vol4(2).3801. DOI: https://doi.org/10.25299/sportarea.2019.vol4(2).3801
Rodriguez-Ayllon, M., Cadenas-Sánchez, C., Estévez-López, F., Muñoz, N. E., Mora-Gonzalez, J., Migueles, J. H., Molina-García, P., Henriksson, H., Mena-Molina, A., Martínez-Vizcaíno, V., Catena, A., Löf, M., Erickson, K. I., Lubans, D. R., Ortega, F. B., & Esteban-Cornejo, I. (2019). Role of Physical Activity and Sedentary Behavior in the Mental Health of Preschoolers, Children and Adolescents: A Systematic Review and Meta-Analysis. Sports Medicine, 49(9), 1383–1410. https://doi.org/10.1007/s40279-019-01099-5. DOI: https://doi.org/10.1007/s40279-019-01099-5
Saha, S. M., Pranty, S. A., Rana, M. J., Islam, M. J., & Hossain, M. E. (2022). Teaching during a pandemic: do university teachers prefer online teaching? Heliyon, 8(1), e08663. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e08663. DOI: https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e08663
Sari, A. W., Mudjiran, M., & Alizamar, A. (2017). Tingkat Kecemasan Siswa Dalam Menghadapi Ujian Sekolah Ditinjau dari Jenis Kelamin, Jurusan dan Daerah Asal Serta Implikasi. Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling Teori Dan Praktik), 1(2), 37. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v1n2.p37-42. DOI: https://doi.org/10.26740/bikotetik.v1n2.p37-42
Setiawan, W. & D. Y. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online di STMIK Komputama Majenang. Teknologi Dan Bisnis, 2(2), 16–25. https://doi.org/10.37087/jtb.v2i2.21. DOI: https://doi.org/10.37087/jtb.v2i2.21
Setyaningrum, W., & Yanuarita, H. A. (2020). Pengaruh Covid-19 Terhadap Kesehatan Mental Masyarakat Di Kota Malang. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(4). https://doi.org/10.36312/jisip.v4i4.1580. DOI: https://doi.org/10.58258/jisip.v4i4.1580
Silalahi, V. (2021). Hubungan Tingkat Kecemasan Dengan Aktivitas Fisik. Jurnal Kesehatan Mercusuar, 4(2), 1–10. DOI: https://doi.org/10.36984/jkm.v4i2.213
Sistyaningtyas, F. (2013). Hubungan Antara Tingkat Kecemasan Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswi Kelas Xi Ipa Di Sma Negeri 1 Kayen Pati. In Jurnal Teknologi (Vol. 1, Issue 1, pp. 69–73). Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Smith, A. W., & Freedman, D. O. (2020). Isolation, quarantine, social distancing and community containment: pivotal role for old-style public health measures in the novel coronavirus (2019-nCoV) outbreak. Journal of Travel Medicine, 27(2). https://doi.org/10.1093/jtm/taaa020 DOI: https://doi.org/10.1093/jtm/taaa020
Sugiyono, D. (2017). Metode penelitian kuatintatif , kualitatif dan R & D / Sugiyono. Bandung: Alfabeta, 15(2010), 1–332.
Suryondari, C. G. (2015). Hubungan Aktivitas Fisik Dengan Tingkat Kecemasan Pada Lansia Usia 60-74 Tahun Di RW 08 Kelurahan Sukun Kecamatan Sukun Kota Malang. Maternity, 1(1), 1–6.
Tiara Dewi, Muhammad Amir Masruhim, R. S. (2016). Hubungan Aktivitas Fisik Dengan Gangguan Kecemasan Pada Orang Dewasa Di Masa Pandemi Covid-19. In Laboratorium Penelitian dan Pengembangan FARMAKA TROPIS Fakultas Farmasi Universitas Mualawarman, Samarinda, Kalimantan Timur (Issue April, pp. 5–24). Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Tika, I. N., & Agustiana, I. G. A. T. (2021). The Effect of a Blended Learning Project Based Learning Model on Scientific Attitudes and Science Learning Outcomes. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(4), 557–566. https://doi.org/10.23887/JISD.V5I4.39869 DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v5i4.39869
Utami, N. (2017). Hubungan Pola Makan dan Aktivitas Fisik Terhadap Kejadian Overweight. In Universitas Indoonesia (Issue 2, pp. 7–25). Faculty of Medicine.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Winda Irna Oktaviana, Wahyu Indra Bayu, Herri Yusfi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)