Survey Tingkat Pemahaman Guru PGSD DIKJAS terhadap Penilaian Otentik di Kecamatan Wara Kota Palopo

Pemahaman Guru PGSD DIKJAS terhadap Penilaian Otentik

Authors

  • Ansar CS Universitas Cenderawasih
  • Ade Yuni Sahruni Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Kabupaten Merauke, Indonesia

Keywords:

Tingkat Pemahaman, Penilaian Otentik

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat pemahaman guru PGSD DIKJAS tentang penilaian otentik di SDN WARA Kecamatan Kota Palopo. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Data diperoleh dari kuesioner yang diberikan kepada guru PGSD DIKJAS di SDN Kecamatan Wara dengan perhitungan berdasarkan hasil survei lapangan. Populasi dalam penelitian ini adalah guru PGSD DIKJAS sebanyak 15 orang. Hasil survei yang dikumpulkan menunjukkan bahwa tingkat pemahaman dan penilaian otentik guru PGSD DIKJAS di Kecamatan Wara Kota Palopo berada pada kategori cukup dengan persentase 64,5% atau sebanyak 10 dari 12 sekolah. Hasil ini mungkin tidak menunjukkan kurangnya pemahaman dalam menyajikan cerita sehingga guru PGSD DIKJAS yang tidak memahaminya memberikan nilai kepada siswa. Sementara itu, secara umum tingkat pemahaman dan keotentikan guru PGSD DIKJAS harus dilakukan dengan baik. Dengan demikian, hal ini menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman siswa memiliki peran penting ketika proses belajar mengajar berlangsung.

References

A.kurniawan, m masjudin - prosiding seminar nasional (2018) pengembangan buku ajar microteaching berbasis praktik untuk meningkatkan keterampilan mengajar calon guru. Vol.1 No.1

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka.

Cipta. ______. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka

Cipta. Azwar, S. (2010). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Daryanto. (2005). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Djemari Mardapi, (1996).

Penilaian Unjuk Kerja sebagai Usaha Meningkatkan Kemampuan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.

Hadi, S. (1991). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis Edisi Revisi VI. Jakarta: PT Rineka Cipta. Yang dikutip oleh S Kholifah, (2012) “Hubungan antara persepsi siswa terhadap kompetensi guru dengan motivasi berprestasi siswa kelas XII di MAN Malang 1” Vol.1 No.1

Hamalik, O. (2009). Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum.Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Yang dikutip oleh N Nurzannah, R Harfiani – Ihsan, (2019) “PKM Pengembangan Kurikulum 2013 PAUS bagi guru-guru LPPTKA-BKPRMI Kota Medan” Vol.1. No.1

Komarudin. (2016). Penilaian Hasil Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Kunandar. (2014). Penilaian Otentik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Majid, A. (2014). Penilaian Otentik Proses dan Hasil Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

N.hidayah, f hermansyah - terampil: jurnal pendidikan hubungan antara motivasi belajar dan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas v madrasah ibtidaiyah negeri 2 bandar lampung tahun 2016/2017. Vol.1 No.1

United States of America: Human Kinetics. Ngatman. (2017). Evaluasi Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jawa Tengah: CV Sarnu Untung.

Permendikbud No .66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan Dasar dan Menengah.

______. No. 104 Tahun 2014 tantang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah

Purwanto, N. (2012). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rosdiani, D. (2014). Perencanaan Pembelajaran dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.

Rusli Lutan dan Adang Suherman. (2000). Pengukuran dan Evaluasi Penjaskes. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Yang dikutip oleh PA Sitorus-Focus Mahasiswa UPMI, (2020). “Meningkatkan hasil belajar bola volley servis atas dengan menggunakan modifikasi bola karet pada siswa kelas X SMA Negeri 15 Medan tahun ajaran 2019-2020. Vol.1. No.1

Rusman.(2014). Model-model Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

S rindawan, bs fibrianti - journal scientific (2020) Analisis tingkat pemahaman foul peraturan bola basket fiba rule 2018 pada club bola basket se-lombok tengah tahun 2020. Vol.1 No.2

Sagala, S. (2009). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta. Yang dikutip oleh E Lion, R Alexandro-Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan (2015) “Kemampuan professional guru Dalam pembelajaran efektif” Vol.3.No.1

Sudijono, A.(2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana, N. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

______. (2016). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. Winkel, W.S. (1996). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT Gramedia.

Published

2022-09-15

How to Cite

CS, A., & Ade Yuni Sahruni. (2022). Survey Tingkat Pemahaman Guru PGSD DIKJAS terhadap Penilaian Otentik di Kecamatan Wara Kota Palopo: Pemahaman Guru PGSD DIKJAS terhadap Penilaian Otentik. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 10(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJIK/article/view/51688

Issue

Section

Articles