Survey Tingkat Pemahaman Guru Pgsd Dikjas Terhadap Penilaian Otentik
DOI:
https://doi.org/10.23887/jiku.v10i2.51688Keywords:
Tingkat Pemahaman, Penilaian OtentikAbstract
Pendidikan guru PGSD DIKJAS merupakan salah satu bidang ilmu yang lebih memfokuskan pada pembentukan karakter dan pemahaman peserta didik yang lebih integritas dalam melaksanakan tujuan pendidikan secara keseluruhan. Untuk mendapatkan model penilaian yang tepat terhadap hasil belajar peserta didik diperlukan suatu instrument penilaian yang dapat mengakses hasil belajar peserta didik secara kontekstual dan nyata. Tujuan penelitian untuk menganalisis tingkat pemahaman guru PGSD DIKJAS tentang penilaian otentik di SDN. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Data diperoleh dari kuesioner yang diberikan kepada guru PGSD dengan perhitungan berdasarkan hasil survei lapangan. Populasi dalam penelitian ini adalah guru PGSD DIKJAS sebanyak 15 orang. Hasil survei yang dikumpulkan menunjukkan bahwa tingkat pemahaman dan penilaian otentik guru PGSD DIKJAS berada pada kategori cukup dengan persentase 64,5% atau sebanyak 10 dari 12 sekolah. Hasil ini mungkin tidak menunjukkan kurangnya pemahaman dalam menyajikan cerita sehingga guru PGSD DIKJAS yang tidak memahaminya memberikan nilai kepada siswa. Secara umum tingkat pemahaman dan keotentikan guru PGSD DIKJAS harus dilakukan dengan baik. Dengan demikian, hal ini menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman siswa memiliki peran penting ketika proses belajar mengajar berlangsung.
References
Abdilah, Y. A., Hwang, W.-Y., Nurkhamid, N., & Hariyanti, U. (2018). Pengembangan dan Evaluasi Pembelajaran Ubiquitous Geometry dalam Konteks Otentik dengan Experience API. Kreano Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 149 – 155. https://doi.org/10.15294/kreano.v9i2.15104.
Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.
Ballu, S. S., Manu, L., & Meha, A. M. (2021). Analisis Peran Supervisi Akademik Kepala Sekolah Kepada Guru IPA DI SMP Negeri 20 Kupang. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 20–26. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.161. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.161
Darwis, M., Batari, U. D., Salam, R., Kasmita, M., & Baharuddin, A. (2019). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kualitas Proses Pembelajaran Pada Paket Keahlian Administrasi Perkantoran Di SMK Negeri 1 Gowa. Jurnal Ad’ministrare, 5(2), 105. https://doi.org/10.26858/ja.v5i2.7889. DOI: https://doi.org/10.26858/ja.v5i2.7889
Delita, F. (2017). Penerapan Authentic Assesment Pada Mata Kuliah IPS Terpadu Semester Gasal Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Georgrafi, 9(2), 133 – 140. https://doi.org/10.24114/jg.v9i2.6970. DOI: https://doi.org/10.24114/jg.v9i2.6970
Diani, A. A., & Sukartono, S. (2022). Peran Guru dalam Penilaian Autentik pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4351–4359. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2831. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2831
Hartati, S., & Zulminiati, Z. (2020). Fakta-Fakta Penerapan Penilaian Otentik di Taman Kanak-Kanak Negeri 2 Padang. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1035–1044. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.521. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.521
Jonan, Y. R. (2020). Pengembangan Rubrik Penskoran pada Asesmen Otentik untuk Materi Volume dan Luas Balok. JOURNAL OF MEDIVES: JOURNAL OF MATHEMATICS EDUCATION IKIP VETERAN SEMARANG, 4(2), 275 – 284. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i2.1174. DOI: https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i2.1174
Juita, E., Zulva, R., & Edial, H. (2019). Developing Assessment Devices On Disaster Geography Course To Improve Critical Thinking Ability. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 3(1), 85 – 105. https://doi.org/10.21831/jk.v3i1.18623. DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v3i1.18623
Karta, I. W., Astawa, I. M. S., Buahana, B. N., & Sativa, F. E. (2022). Implementasi Asesmen Otentik pada Pembelajaran di Masa Covid-19 dalam Mengoptimalkan Tumbuh- Kembang Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi, 6(5), 5135 – 5144. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2789. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2789
Lie, G., & Triposa, R. (2021). Peran Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Angelion: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 2(1), 110–128. https://doi.org/10.38189/jan.v2i1.89. DOI: https://doi.org/10.38189/jan.v2i1.89
Mitra, D., & Purnawarman, P. (2019). Teachers’ Perception Related to the Implementation of Curriculum 2013. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 7(1), 44–52. https://doi.org/10.15294/ijcets.v7i1.27564. DOI: https://doi.org/10.15294/ijcets.v7i1.27564
Rahmawati, E., Yuberti, Y., & Irwandani, I. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Otentik dengan Pendekatan Saintifik pada Pokok Bahasan Gerak Melingkar Kelas X SMA/MA. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(1), 12 – 23. https://doi.org/10.30870/gpi.v1i1.8047. DOI: https://doi.org/10.30870/gpi.v1i1.8047
Sudargini, Y. (2021). Peran Supervisi Akademik dan Motivasi Kerja Terhadap Peningkatan kompetensi Guru SMA Negeri di Pati. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 2(6), 13–21. https://doi.org/10.7777/jiemar.v2i6.216.
Sukajaya, I. N. (2017). Pembelajaran Adaptif Berlandaskan Asesmen Otentik di Era Big Data. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 09 September 2017, 2–9.
Sunbanu, H. F., Mawardi, M., & Wardani, K. W. (2019). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2037–2041. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.260. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.260
Wibowo, I. S., & Farnisa, R. (2018). Hubungan Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 181–202. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6758. DOI: https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6758
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ansar CS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)