Survey Tingkat Pemahaman Guru Pgsd Dikjas Terhadap Penilaian Otentik

Authors

  • Ansar CS Universitas Cenderawasih
  • Ade Yuni Sahruni Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Kabupaten Merauke, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiku.v10i2.51688

Keywords:

Tingkat Pemahaman, Penilaian Otentik

Abstract

Pendidikan guru PGSD DIKJAS merupakan salah satu bidang ilmu yang lebih memfokuskan pada pembentukan karakter dan pemahaman peserta didik yang lebih integritas dalam melaksanakan tujuan pendidikan secara keseluruhan. Untuk mendapatkan model penilaian yang tepat terhadap hasil belajar peserta didik diperlukan suatu instrument penilaian yang dapat mengakses hasil belajar peserta didik secara kontekstual dan nyata. Tujuan penelitian untuk menganalisis tingkat pemahaman guru PGSD DIKJAS tentang penilaian otentik di SDN. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Data diperoleh dari kuesioner yang diberikan kepada guru PGSD dengan perhitungan berdasarkan hasil survei lapangan. Populasi dalam penelitian ini adalah guru PGSD DIKJAS sebanyak 15 orang. Hasil survei yang dikumpulkan menunjukkan bahwa tingkat pemahaman dan penilaian otentik guru PGSD DIKJAS berada pada kategori cukup dengan persentase 64,5% atau sebanyak 10 dari 12 sekolah. Hasil ini mungkin tidak menunjukkan kurangnya pemahaman dalam menyajikan cerita sehingga guru PGSD DIKJAS yang tidak memahaminya memberikan nilai kepada siswa. Secara umum tingkat pemahaman dan keotentikan guru PGSD DIKJAS harus dilakukan dengan baik. Dengan demikian, hal ini menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman siswa memiliki peran penting ketika proses belajar mengajar berlangsung.

References

Abdilah, Y. A., Hwang, W.-Y., Nurkhamid, N., & Hariyanti, U. (2018). Pengembangan dan Evaluasi Pembelajaran Ubiquitous Geometry dalam Konteks Otentik dengan Experience API. Kreano Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 149 – 155. https://doi.org/10.15294/kreano.v9i2.15104.

Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Ballu, S. S., Manu, L., & Meha, A. M. (2021). Analisis Peran Supervisi Akademik Kepala Sekolah Kepada Guru IPA DI SMP Negeri 20 Kupang. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 20–26. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.161. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.161

Darwis, M., Batari, U. D., Salam, R., Kasmita, M., & Baharuddin, A. (2019). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kualitas Proses Pembelajaran Pada Paket Keahlian Administrasi Perkantoran Di SMK Negeri 1 Gowa. Jurnal Ad’ministrare, 5(2), 105. https://doi.org/10.26858/ja.v5i2.7889. DOI: https://doi.org/10.26858/ja.v5i2.7889

Delita, F. (2017). Penerapan Authentic Assesment Pada Mata Kuliah IPS Terpadu Semester Gasal Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Georgrafi, 9(2), 133 – 140. https://doi.org/10.24114/jg.v9i2.6970. DOI: https://doi.org/10.24114/jg.v9i2.6970

Diani, A. A., & Sukartono, S. (2022). Peran Guru dalam Penilaian Autentik pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4351–4359. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2831. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2831

Hartati, S., & Zulminiati, Z. (2020). Fakta-Fakta Penerapan Penilaian Otentik di Taman Kanak-Kanak Negeri 2 Padang. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1035–1044. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.521. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.521

Jonan, Y. R. (2020). Pengembangan Rubrik Penskoran pada Asesmen Otentik untuk Materi Volume dan Luas Balok. JOURNAL OF MEDIVES: JOURNAL OF MATHEMATICS EDUCATION IKIP VETERAN SEMARANG, 4(2), 275 – 284. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i2.1174. DOI: https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i2.1174

Juita, E., Zulva, R., & Edial, H. (2019). Developing Assessment Devices On Disaster Geography Course To Improve Critical Thinking Ability. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 3(1), 85 – 105. https://doi.org/10.21831/jk.v3i1.18623. DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v3i1.18623

Karta, I. W., Astawa, I. M. S., Buahana, B. N., & Sativa, F. E. (2022). Implementasi Asesmen Otentik pada Pembelajaran di Masa Covid-19 dalam Mengoptimalkan Tumbuh- Kembang Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi, 6(5), 5135 – 5144. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2789. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2789

Lie, G., & Triposa, R. (2021). Peran Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Angelion: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 2(1), 110–128. https://doi.org/10.38189/jan.v2i1.89. DOI: https://doi.org/10.38189/jan.v2i1.89

Mitra, D., & Purnawarman, P. (2019). Teachers’ Perception Related to the Implementation of Curriculum 2013. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 7(1), 44–52. https://doi.org/10.15294/ijcets.v7i1.27564. DOI: https://doi.org/10.15294/ijcets.v7i1.27564

Rahmawati, E., Yuberti, Y., & Irwandani, I. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Otentik dengan Pendekatan Saintifik pada Pokok Bahasan Gerak Melingkar Kelas X SMA/MA. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(1), 12 – 23. https://doi.org/10.30870/gpi.v1i1.8047. DOI: https://doi.org/10.30870/gpi.v1i1.8047

Sudargini, Y. (2021). Peran Supervisi Akademik dan Motivasi Kerja Terhadap Peningkatan kompetensi Guru SMA Negeri di Pati. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 2(6), 13–21. https://doi.org/10.7777/jiemar.v2i6.216.

Sukajaya, I. N. (2017). Pembelajaran Adaptif Berlandaskan Asesmen Otentik di Era Big Data. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 09 September 2017, 2–9.

Sunbanu, H. F., Mawardi, M., & Wardani, K. W. (2019). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2037–2041. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.260. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.260

Wibowo, I. S., & Farnisa, R. (2018). Hubungan Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 181–202. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6758. DOI: https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6758

Downloads

Published

2022-09-15

How to Cite

CS, A., & Ade Yuni Sahruni. (2022). Survey Tingkat Pemahaman Guru Pgsd Dikjas Terhadap Penilaian Otentik. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 10(2), 184–187. https://doi.org/10.23887/jiku.v10i2.51688

Issue

Section

Articles