Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Passing Bola Basket
DOI:
https://doi.org/10.23887/jiku.v11i2.58072Keywords:
Kooperatif tipe NHT, Hasil Belajar, Passing Bola BasketAbstract
Rendahnya motivasi siswa dalam mengikuti dan menirukan gerakan permainan dalam kegaitan olahraga berdampak terhdap hasil belajar yang rendah. Penelitian ini, memiliki tujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Passing Bola Basket Peserta Didik. Jenis rancangan yang digunakan adalah Eksperimen, menggunakan rancangan penelitian The Randomized pretest posttest control group the same subject design. Populasi dalam penelitian ini, yakni peserta didik kelas X yang berjumlah 216 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumalah 72 orang yang diperoleh melalui secara acak berdasarkan kelas. Hasil dari penelitian ini, menunjukkan bahwa Pengaruh Model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered head Together Berbantuan media Gambar Terhadap hasil Belajar Passing Bola Basket Peserta Didik dari 72 peserta didik yang dijadikan sebagai sampel, rata rata kelompok eksperimen adalah 0,119 lebih tinggi dari rata rata kelompok control adalah 0,0002 Signifikasi pada uji hipotesis diperoleh melalui uji parametrik (Independent-sample t Test) adalah 0,000 yaitu p<0,05. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap peningkatan hasil belajar passing bola basket pada peserta didik kelas X SMA. Disarankan Kepada guru PJOK dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT karena terbukti berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Risky Firdaus Sijabat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)