Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Berbantuan Media Gambar terhadap Hasil Belajar Passing Bola Basket

Authors

  • Risky Firdaus Sijabat Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Kadek Yogi Parta Lesmana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiku.v11i2.58072

Keywords:

Kooperatif tipe NHT, Hasil Belajar, Passing Bola Basket

Abstract

Rendahnya motivasi siswa dalam mengikuti dan menirukan gerakan permainan dalam kegaitan olahraga berdampak terhdap hasil belajar yang rendah. Penelitian ini, memiliki tujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Passing Bola Basket Peserta Didik. Jenis rancangan yang digunakan adalah Eksperimen, menggunakan rancangan penelitian The Randomized pretest posttest control group the same subject design. Populasi dalam penelitian ini, yakni peserta didik kelas X yang berjumlah 216 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumalah 72 orang yang diperoleh melalui secara acak berdasarkan kelas. Hasil dari penelitian ini, menunjukkan bahwa Pengaruh Model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered head Together Berbantuan media Gambar Terhadap hasil Belajar Passing Bola Basket Peserta Didik dari 72 peserta didik yang dijadikan sebagai sampel, rata rata kelompok eksperimen adalah 0,119 lebih tinggi dari rata rata kelompok control adalah 0,0002 Signifikasi pada uji hipotesis diperoleh melalui uji parametrik (Independent-sample t Test) adalah 0,000 yaitu p<0,05. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap peningkatan hasil belajar passing bola basket pada peserta didik kelas X SMA. Disarankan Kepada guru PJOK dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT karena terbukti berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik.

References

Aidi, Z., Yulifri, Y., & Edwarsyah, E. (2019). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Dalam Menerapkan Permainan Kecil Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Sport Science, 19(1). https://doi.org/10.24036/jss.v19i1.22.

Alfan, M. i. M., & Wahjuni, E. S. (2020). Hubungan Lıterası Kesehatan Dengan Kebıasaan Perılaku Sehat Mahasıswa Fakultas Ilmu Olahraga Unıversıtas Negerı Surabaya. , 8(1),. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 8(1), 133-137. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/33566.

Anggraini, L. A., Arif, S., Muna, I. A., & Aristiawan, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Berbasis STEM dalam Meningkatkan Kemampuan Metakognisi. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2), 219–227. https://doi.org/10.21154/jtii.v1i2.199.

Artika, I. K. G. W., Darmayasa, I. P., & Ni PT. Dwi Sucita Dartini. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Materi Teknik Dasar Shooting Bola Basket. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 10(2), 56–161. https://doi.org/10.23887/jiku.v10i2.43109.

Dadri, P. C. W., & Putra, D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV. International Journal of Elementary Education, 5(2), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18517.

Hanafiah, M. A., Martiani, M., & Dewi, C. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap Motivasi Belajar pada Permainan Bola Basket Siswa SMP. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6). https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1655.

Iskandar, A. P., & Leonard, L. (2019). Modifikasi Model Pembelajaran Tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Strategi Pembelajaran Tugas dan Paksa Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.26486/jm.v4i1.801.

Juditya, S., Suherman, A., Ma’mun, A., & Rusdiana, A. (2020). The Basic Movement Skill Test Instrument of Ball Games for Students Aged 13-15 Years. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 5(1). https://doi.org/10.17509/jpjo.v5i1.21447.

Khambali. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dan Gaya Berpikir terhadap Hasil Belajar. Al-Ma’rifah: Jurnal Budaya, Bahasa, Dan Sastra Arab, 14(2), 1–23. https://doi.org/10.21009/almakrifah.14.02.01.

Khoiriah, M. A., Sujarwo, S., & Handayani, P. (2022). Pengaruh Pemanfaatan Media Video Tutorial dan Gambar Terhadap Motivasi dan Kemandirian Belajar Anak. Jurnal Obsesi, 6(6). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3197.

Koderi, K., Kuswanto, C. W., & Nuryati, S. (2021). Meningkatkan Kognitif Anak Usia Dini melalui Pengembangan Media Cube Learning. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1834–1845. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1824.

Kurnia, Damayani, & Kiswoyo. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Berbantu Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 192. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17772.

Lagur, D. S., Makur, A. P., & Ramda, A. H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 357–368. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.160.

Lestari, N. P. C. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Journal of Education Action Research, 2(4), 355. https://doi.org/10.23887/jear.v2i4.16331.

Mirnawati. (2020). Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa. Jurnal Didaktika, 9(1), 98–112.

Mustakim, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al Asma : Journal of Islamic Education, 2(1), 1. https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13646.

Nugroho, P. S., & Putri, A. R. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interakif Berbasis Augmented Reality Pada Pembelajaran Pengenalan Komponen Komputer Pada Kelas XTKJ di SMK Sore Tulungagung. Jurnal of Education and Information Communication Technology, 3(1), 82–87. https://doi.org/10.29100/joeict.v3i1.759.

Patah, M. P., Artanayasa, I. W., & Suwiwa, I. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bola Voli. Jurnal Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 7(3). https://doi.org/10.23887/jjp.v7i3.36487.

Perabunita, & Akhirun Meidiansa. (2020). Pengaruh Latihan Push-Up Terhadap Kemampuan Chest Pass Bola Basket Siswa Ekstrakurikuler Smp Negeri 40 Palembang. Halaman Olahraga Nusantara, 3(2). https://doi.org/10.31851/hon.v3i2.4595.

Pranata, K. M. A., Wahjoedi, H., & Lesmana, K. Y. P. (2021). Media Pembelajaran PJOK Berbasis Audio Visual pada Materi Shooting Bolabasket. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 9(2). https://doi.org/10.23887/jiku.v9i2.37430.

Prasetyo, A. A., & Nabillah, T. (2020). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Sesiomadika, 2(1c), 659–663. Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2685.

Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2020). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan pada SMP Negeri Se-Kabupaten Mukomuko melalui Pendekatan Model Context , Input , Process & Product ( CIPP ). Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 146–165. https://doi.org/10.5281/zenodo.3881891.

Ruslaini, & Avisha, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Pada Materi Perkembangbiakan Tumbuhan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Geuthèë: Penelitian Multidisiplin, 3(3), 509–518. https://doi.org/10.52626/jg.v3i3.90.

Selfiyanti, B., Setiawan, F., & Mirnawati, L. B. (2022). Peningkatan Literasi Berbicara Menggunakan Media Gambar Berseri pada Siswa Kelas II SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 59–68. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.2822.

Setiadi, L. R. (2017). Minat Siswa Kelas VIII Dalam Mengikuti Pembelajaran Pjok Di SMP Negeri 2 Godean Kab. Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Retrieved from http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pjkr/article/download/9352/9020.

Simpen, K. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar PJOK Siswa Kelas X MIA 3 Sma Negeri 1 Kubu Pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Ilmiah Adiraga: Jurnal Penelitian Olahraga, 7(2). https://doi.org/10.36456/adiraga.v7i2.4539.

Sumaeda, D. S. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Tolak Peluru Peserta Didik Kelas V Sd N 4 Padangkerta. Jurnal IKA, 18(2). https://doi.org/10.23887/ika.v18i2.30059.

Suparyono, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sd Negeri 016 Marsawa. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 2(6), 950. https://doi.org/10.33578/pjr.v2i6.6536.

Wardana, M. A. K., Santyasa, I. W., & Tegeh, I. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Terhadap Aktivitas Belajar Dan Prestasi Belajar Teknik Dasar Passing Sepak Bola Kelas Xi Sma Negeri 1 Bangli. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 8(3). https://doi.org/10.23887/jtpi.v8i3.2255.

Wiraguna, I. N., Parwata, I. G. L. A., & Semarayasa, I. K. (2020). Motivasi Mengikuti Pembelajaran Pjok Peserta Didik Sma Di Kecamatan Bangli Dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(3), 185–194. https://doi.org/10.23887/jiku.v8i3.30672.

Yasa, A. D. (2020). Pengembangan E-Evaluation Berbasis Aplikasi Hot Potatoes Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 26. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.23987.

Yogantara, P. E., Adi, I. P. P., & Satyawan, I. M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Terhadap Hasil Belajar Bola Voli pada Peserta Didik Kelas XI SMA PGRI Seririt Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan Jasmani , Olahraga, Dan Kesehatan Undiksha, 8(3). https://doi.org/10.23887/jjp.v8i3.33889.

Downloads

Published

2023-08-21

How to Cite

Sijabat, R. F., & Lesmana, K. Y. P. . (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Berbantuan Media Gambar terhadap Hasil Belajar Passing Bola Basket. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 11(2), 205–211. https://doi.org/10.23887/jiku.v11i2.58072

Issue

Section

Articles