Minat dan Motivasi Peserta Didik Sebagai Generasi Milenial terhadap Olahraga Tradisional Bali

Authors

  • Ida Bagus Ketut Wipradana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Yogi Parta Lesmana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiku.v9i1.29818

Keywords:

Olahraga Tradisional Bali, Minat, Motivasi

Abstract

Perkembangan teknologi menyebabkan permainan olahraga tradisional mulai ditinggalkan oleh siswa yang mengakibatkan permainan olahraga tradisional mulai jarang ditemui dan dimainkan oleh siswa. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui minat serta motivasi siswa kelas VII SMP pada permainan tardisional. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Populasi dari peneltian ini terdiri dari 359 orang dari seluruh kelas VII SMP. Sampel yang digunakan berjumlah 126 orang. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasilnya bahwa (1) minat peserta didik terhadap olahraga tradisioal Bali di SMP Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2019/2020 yaitu 126 orang (100%) mempunyai minat yang sangat tinggi, 0 orang (0%) tinggi, 0 orang (0%) sedang, 0 orang (0%) rendah, dan 0 orang (0%) sangat rendah. (2) motivasi peserta didik terhadap olahraga tradisional Bali di SMP Negeri 2 Singaraja yaitu tahun pelajaran 2019/2020 yaitu 126 orang (100%) orang masuk kategori sangat tinggi, 0 orang (0%) tinggi, 0 orang (0%) sedang, 0 orang 0(%) rendah, dan 0 orang (0%) sangat rendah. Jadi, minat serta motivasi peserta didik terhadap olahraga tradisional masih tinggi. Implikasi dalam penelitian ini adalah dengan adanya penelitian ini guru akan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran melalui permainan serta olahraga tradisional sesuai dengan tradisi yang ada di daerahnya.

References

Adodo, S. O., & Gbore, L. O. (2012). Prendicition of Attitude and Interest of Science Students of Different Ability on their Academic Performance in Basic Science.. International Journal of Psychology and Counselling, 4(6), 68–72.

Adpriyadi, A. (2017). Permainan Tradisional Engklek untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Kelompok B. JPPM: Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 187–198. https://doi.org/10.21831/jppm.v4i2.10016

Alifia, E., & Hartati, Sasmita christina Yuli. (2017). Penerapan Permainan Tradisional untuk Meningkatkan Kerja Sama Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 5(3), 413–417.

Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Asriansyah, & Almy, M. A. (2018). Pengembangan Permainan Tradisional untuk Melestarikan Budaya Bangsa melalui Pembelajaran Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 3(1), 82–88. https://doi.org/10.17509/jpjo.v3i1.10597

Astuti, J., Novita, M., & Ismail, M. S. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Menggunakan Contextual Teaching and Learninf di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Raudhatul Mujawwidin Tebo. JURNAL EDUCATIVE: Journal of Educational Studies, 5(1), 16–28. https://doi.org/10.30983/educative.v5i1.1630

Awe, E. Y., & Benge, K. (2017). Hubungan Antara Minat dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPA pada Siswa SD. Journal of Education Technology, 1(4), 231–238. https://doi.org/10.23887/jet.v1i4.12859

Azari, abdul rahman. (2017). Pelestarian olahraga tradisional menyipet di Kota Palangkara. Jurnal Ilmu Sosial dan Administrasi Negara, 1(1), 83–101. https://doi.org/10.30737/mediasosian.v1i1.185

Azizah, I. M. (2016). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Permainan Tradisional terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Materi Gaya di Kelas IV Min Ngronggot Nganjuk. Dinamika Penelitian, 16(2), 279–308.

Dantes, N. (2012). Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi.

Darmawan, O. (2016). Penanaman Budaya Anti Kekerasan Sejak Dini pada Pendidikan Anak melalui Kearifan Lokal Permainan Tradisional. Jurnal Penlitian HAM, 7(2). https://doi.org/10.30641/ham.2016.7.111-124

Fajar, D., Permana, W., & Irawan, F. A. (2019). Persepsi Mahasiswa Ilmu Keolahragaan terhadap Permainan Tradisional dalam Menjaga Warisan Budaya Indonesia. Jurnal Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 9(2). https://doi.org/10.15294/miki.v9i2.23645

Handayani, W., & Rochmahwati, P. (2020). Metode Permainan dengan Papan Angka dan Pengaruhnya terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika. Edukasia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 201–215. Retrieved from http://jurnaledukasia.org/index.php/edukasia/article/view/18

Hasanah, N. I., & Pratiwi, H. (2017). Pengembangan Anak Melalui Permainan Tradisional. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Hemayanti, K. L., Muderawan, I. W., & Selamat, I. N. (2020). Analisis Minat Belajar Siswa Kelas Xi Mia Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(1), 20–25. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPK/index

Husni, E. M., & Fatullah, A. (2016). Kategorisasi Pengguna Internetdi Kalangan Pelajar SD dan SMP Menggunakan Metode Twostep Cluster. In Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi 2016. Yogyakarta.

Julaeha, S. (2019). Problematika Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2). https://doi.org/https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.367

Kardiawan, I. K. H. (2013). Pengaruh Pelatihan Olahraga Tradisional Bali Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pen, 46(2), 174–181. https://doi.org/ 10.23887/jppundiksha.v46i2%20Juli.2683

Karmila, M. (2016). Upaya Guru Meningkatkan Motorik Kasar melalui Permainan Tradisional pada Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun d Kober Geger Sunten. Jurnal EMPOWERMENT, 5(2), 31–50.

Kurniawan, M. R. (2018). Permainan Tradisional Yogyakarta sebagai Sumber Belajar Alternatif Berbasis Kearifan Lokal bagi Pembelajaran di Sekolah Dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 8(2), 98–111. https://doi.org/10.25273/pe.v8i2.2697

Latif, M., Faozi, F., Bakhri, R. S., Harja, F., & Listiandi, A. D. (2019). Pengaruh Permainan Tradisional terhadap Minat Siswa dalam Kegiatan Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di SMAN 1 Cikembar. Physical Activity Journal, 1(1). https://doi.org/10.20884/1.paju.2019.1.1.2005

Lestari, I. (2013). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif, 3(2), 115–125.

Lestari, P. I., & Prima, E. (2016). Implementasi Permainan Anak Tradisional dalam Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Santiaji Pendidikan, 6(1), 23–30.

Lusianti, S. (2015). Pengaruh Pemberian Permainan Sebagai Bentuk Pemanasan Terhadap Minat Siswa Dalam Mengikuti Pelajaran Pendidikan Jasman. JURNAL SPORTIF, 1(1), 32–40. https://doi.org///doi.org/10.29407/js_unpgri.v1i1.573

Mahfud, I., Fahrizqi, E. B., Olahraga, P., Teknokrat, U., Ratu, L., Bandar, K., … Bandar, K. (2020). Pengembangan Model Latihan Keterampilan Motorik melalui Olahraga Tradisional untuk Siswa Sekolah Dasar. Sport Science and Education Journal, 1(1), 31–37. https://doi.org/https://doi.org/10.33365/.v1i1.622

Marlini, K. D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar PKn Siswa Kelas X MM-2 SMK Negeri 1 Denpasar pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(1), 197–204. https://doi.org/10.23887/jpku.v9i1.31956

Milak, A. S., Hidayat, E. W., & Aldya, A. P. (2020). Penerapan Artificial Intelligence pada Non -Player Character Menggunakan Algoritma Collision Avoidance System dan Random Number Generator pada Game 2d “Balap Egrang.” Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), 7(5), 985–992. https://doi.org/10.25126/ jtiik.202071816

Mujinem. (2010). Nilai - Nilai Kehidupan Sosial dalam Permainan Tradisional Anak di Daerah Istimewa Yogyaka R Ta Pada Era Globalisasi. Humanika : Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 10(1). https://doi.org/10.21831/hum.v10i1.21000

Nataliya, P. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Tradisional Congklak untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung pada Siswa Sekolah Dasar. Ilmiah Psikologi Terapan, 03(02), 343–358. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jipt.v3i2.3536

Nur, H. (2013). Membangun Karakter Anak melalui Permainan Anak Tradisional. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(1), 87–94. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.1290

Pangestuti, W., & Raharjo, A. (2017a). Survei Motivasi Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Aktivitas Permai- nan Tradisional (Tunagrahita). Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 6(10). https://doi.org/10.15294/active.v6i1.13258

Pangestuti, W., & Raharjo, A. (2017b). Survei Motivasi Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Aktivitas Permainan Tradisional (Tunagrahita). Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 6(1), 73–78. https://doi.org/10.15294/active.v6i1.13258

Puspawan, Y. E., & Soesilo, T. D. (2019). Peningkatan Minat Belajar Siswa Kelas IX melalui Layanan Bimbingan Kelompok di SMP Kristen 1 Salatiga. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(1), 1–6.

Rusita, A. H., Sarmidi, H., & Erliana, M. (2020). Minat Peserta Didik Kelas VII SMP N 3 Martapura Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani dengan Permainan Tradisional. Stabilitas: Jurnal P Endidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(1), 74–79. Retrieved from http://jtam.ulm.ac.id/index.php/mpj/article/view/488

Santoso, A. B. (2015). Keefektifan Media Permainan Tradisional Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sd N Bumi 2. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, 2(1), 29–39.

Satya Yoga, D., Suarmini, N. W., & Prabowo, S. (2015). Peran Keluarga Sangat Penting dalam Pendidikan Mental, Karakter Anak serta Budi Pekerti Anak. Jurnal Sosial Humaniora, 8(1), 46. https://doi.org/10.12962/ j24433527.v8i1.1241

Setiawati, K. S., Parwata, I. G. L. A., & Suratmin. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Senam Lantai. Jurnal Penjakora, 7(1), 17–29. https://doi.org/10.23887/penjakora.v7i1.24444

Sugiono. (2018). Metode Penelitian Pendididkan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, albertus agung vidi, & Aman. (2016). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Pergaulan Teman Sebaya, Media Televisi terhadap Karakter Siswa SMP Albertus. Jurnal Pendidikan IPS, 3(2), 105–111. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v3i2.8011

Susanto, B. H., & Listianingsih, F. (2019). Odel Pembelajaran Akuatik Berbasis Permainan Tradisional untuk Meningkatkan Keterampilan Berenang Siswa Sekolah Dasar. Elementary School, 6, 96–104. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.31316/esjurnal.v6i1.104

Susanto Ferawati, Bahtiyar Listianingsih, H. (2019). Model Pembelajaran Akuatik Berbasis Permainan Tradisional untuk Meningkatkan Keterampilan Berenang Siswa Sekolah Dasar. Elementary School, 6(1), 96–104.

Susila, G. H. A., & Prastya, A. H. (2019). Pengaruh Model Latihan Crazy Ball Game dalam Meningkatkanminat dan Motivasianak Berlatihkarate. Jurnal Penjakora, 6(2), 111–118. https://doi.org/10.23887/penjakora.v6i2.20934

Werdiatmaja, I. M., Sutama, I. M., & Rasna, I. W. (2020). Pengaruh Sikap Bahasa, Minat dan Intensitas Bermedsos terhadap Hasil Belajar Bahasa Bali pada Siswa SMA. Journal of Education Technology., 4(1), 1–6. https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.23768

Wijaya , A . A.M .A., Purnawan, I. K. A., & Wibawa, K. . S. (2016). Rancang Bangun Game Tajog Race Berbasis Android. Merpati, 4(2), 166–177.

Wijaya, M. A. (2009). Permainan Belka dan Permainan Tradisional Bali (Studi Eksperimen pada Siswa Putera Kelas V SS LAB. Undiksha). Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 42(3), 206–211. https://doi.org/ 10.23887/jppundiksha.v42i3%20Okt.1752

Downloads

Published

2021-02-13

How to Cite

Wipradana, I. B. K., & Lesmana, K. Y. P. (2021). Minat dan Motivasi Peserta Didik Sebagai Generasi Milenial terhadap Olahraga Tradisional Bali. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(1), 8–17. https://doi.org/10.23887/jiku.v9i1.29818

Issue

Section

Articles