Model Blended Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar PJOK Materi Bola Basket

Authors

  • I Putu Eka Dharma Aditia Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Putu Darmayasa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiku.v11i2.59428

Keywords:

Model Blended Learning, Hasil Belajar, Bola Basket

Abstract

Pembelajaran PJOK semakin sulit diajarkan khususnya pada materi bola basket teknik dasar passing, sehingga para guru harus pandai memberikan pelajaran kepada peserta didiknya agar mampu menguasai keterampilan teknik dasar pada permainan bola basket. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar PJOK materi bola basket pada peserta didik kelas XI IBB 2 SMA melalui penerapan model n blended learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas PTK (action research). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas Xl IBB 2 SMA dengan jumlah peserta didik 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument tes unjuk kerja. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar penilaian. Analisis data menggunakan persentase peningkatan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar teknik dasar passing dan menangkap bola permaianan bola basket sudah mengalami peningkatan, yaitu pada prasiklus adalah 53%, siklus I menjadi 100%, dan persentase pada aspek ketrampilan (psikomotor) teknik dasar passing dan menangkap bola permaianan bola basket juga mengalami peningkatan, yaitu pada prasiklus adalah 49%, siklus I menjadi 83%. Disimpulkan bahwa penerapan model blended learning efektif untuk meningkatkan hasil belajar PJOK materi bola basket pada peserta didik kelas XI IBB 2 SMA.

References

Amin, A. K., Sudana, I. N. D., Setyosari, P., & Djatmika, E. T. (2021). The Effectiveness of Mobile Blended Problem Based Learning on Mathematical Problem Solving. International Journal of Interactive Mobile Technologies (IJIM), 15(1), 119. https://doi.org/10.3991/ijim.v15i01.17437.

Andrian, Y., & Rusman, R. (2019). Implementasi pembelajaran abad 21 dalam kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 12(1), 14–23. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v12i1.20116.

Ariani, T. (2020). Analysis of Students’ Critical Thinking Skills in Physics Problems. Physics Educational Journal, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.37891/kpej.v3i1.119.

Arifin, R. W., Septanto, H., & Wignyowiyoto, I. (2018). Development of Animated Video-Based Learning Media with ADDIE Model in Blended Learning Activities. Information Management For Educators And Professionals (Juni 2018), 2(2), 179–188. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210407.273.

Bahtiar, B. (2021). The effectiveness of blended learning model to promote physics students’ critical thinking skill. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 10(3), 441–452. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i3.29619.

Borup, J., Graham, C. R., West, R. E., Archambault, L., & Spring, K. J. (2020). Academic Communities of Engagement: an expansive lens for examining support structures in blended and online learning. Educational Technology Research and Development, 68(2), 807–832. https://doi.org/10.1007/s11423-020-09744-x.

Bua, A. T., Agustina, D. A., Permatasari, N., Ayuni, M., & Retnaningati, D. (2022). Implementasi Blended Learning dalam Meningkatkan Pemahaman pada Mata Kuliah Pembelajaran IPA SD. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 4984–4988. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1144.

Darsana, Satyawan, Spyanawati, & Parta. (2021). Pengembangan Video Tutorial Model Permainan Dalam PJOK Untuk Mendukung Pembelajaran Tematik Pada Kelas 1 Sekolah Dasar Tema 3 Kegiatanku. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 20–30. https://doi.org/10.23887/jiku.v9i3.39717.

Fahlevi, M. R. (2022). Kajian Project Based Blended Learning Sebagai Model Pembelajaran Pasca Pandemi dan Bentuk Implementasi Kurikulum Merdeka. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 230–249. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i2.2714.

Fikri, A., Darmayasa, I. P., & Satyawan, I. M. (2023). Meningkatkan Kemampuan Hasil Belajar PJOK Materi Sepak Bola dengan Menerapkan Model Pembelajaraan Kooperatif TGT (Teams Games Tournament) Berbasis ICT. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 10(3), 207–214. https://doi.org/10.23887/jiku.v10i3.53241.

Ghiffary, M. (2020). Survei Ketersediaan Sarana dan Prasarana Penunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Tingkat SMP di Kecamatan Buleleng. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(1), 34–41.

Herry, I. P., Andika, W., Yoda, I. K., & Dharmadi, M. A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Sepak Bola. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(1), 93. https://doi.org/10.5281/zenodo.4423396.

Indra, R. C., Hartanto, P. D., Kusumaningtyas, D. A., Ali, R. M., & Muchlas. (2021). Community radio-based blended learning model: A promising learning model in remote area during pandemic era. Heliyon, 7(7). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07511.

Kandakatla, R., Berger, E. J., Rhoads, J. F., & DeBoer, J. (2020). Student perspectives on the learning resources in an Active, Blended and Collaborative (ABC) pedagogical environment. International Journal of Engineering Pedagogy, 10(2), 7–31. https://doi.org/10.3991/ijep.v10i2.11606.

Koloay, C. C. J. (2017). Implementasi Model Kooperatif Tps Meningkatkan Aktivitas Hasil Belajar Passing Bola Voli. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 1(3), 98–109. https://doi.org/10.23887/jppp.v1i3.12629.

Lestari, L. K. G. A. D., Parwata, I. G. L. A., & Dartini, N. P. D. S. (2020). Keterserdiaan Sarana Dan Prasarana Penunjang Pembelajaran Pjok Tingkat Smp Se-Kecamatan Pupuan. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 8(3), 124–132. https://doi.org/10.23887/jjp.v8i3.33767.

Mezaal, A. K. (2021). The Effect Of Blended Teaching Method On Iraqi EFL Students’ Performance In Learning English Language. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(7), 2817–2823. https://doi.org/10.17762/turcomat.v12i7.3869.

Paramita, D. K., Garminah, & Wibawa, I. M. C. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Mimbar PGSD Undiksha, 4(1), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.6954.

Prabawa, I. K. R., Satyawan, I. M., & Spyanawati, N. L. P. (2021). Pengembangan video permainan PJOK berbasis tematik (tema kegemaranku) untuk siswa kelas 1 sekolah dasar. Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia, 1(1), 11 – 26. https://doi.org/10.54284/jopi.v1i1.3.

Purwasih, R., Rahimullaily, R., & Suryani, A. I. (2021). Blended Learning Model in Improving 4C Abilities of Information System Students. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 10(4), 742–753. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i4.30939.

Putra, R. A., Wahjoedi, H., & Spyanawati, N. L. P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Shooting Bola Basket. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(2), 101. https://doi.org/10.23887/jiku.v8i2.29816.

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082.

Rezeqi, S., Brata, W. W. W., Handayani, D., & Gani, A. R. F. (2020). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Taksonomi Organisme Tingkat Rendah Terhadap Capaian Pembelajaran Berbasis KKNI. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(2), 174–180. https://doi.org/10.24114/jpp.v8i2.17697.

Riinawati. (2021). Hubungan Penggunaan Model Pembelajaran Blended Learning terhadap Hasil Belajar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3794–3801. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1083.

Santhi, N. L. K. W., Sri Asri, I. G. A. A., & Manuaba, I. B. S. (2020). Social Studies Learning With Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) Learning Model Assisted by Diorama Media Increases Student Knowledge Competence. International Journal of Elementary Education, 4(3), 281. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i3.25853.

Saputra, D. A., & Satyawan, I. M. (2021). Motivasi Peserta Didik dalam Mengikuti Pembelajaran PJOK di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(1), 40–45. https://doi.org/10.23887/jiku.v9i1.30984.

Sari, R. W., Khaerudin, K., & Kusumawardani, D. (2022). Mixed Training Program: Helping Seesaw to Develop Blended Learning at the Community Learning Center. Journal of Education Research and Evaluation, 6(1), 108–117. https://doi.org/10.23887/jere.v6i1.38800.

Smith, K., & Hill, J. (2019). Defining the nature of blended learning through its depiction in current research. Higher Education Research and Development, 38(2), 383–397. https://doi.org/10.1080/07294360.2018.1517732.

Suma, K., Suwindra, I. N. P., & Sujanem, R. (2020). The effectiveness of blended learning in increasing prospective physics teacher students’ learning motivation and problem-solving ability. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(3), 436–445. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210407.235.

Susila, A. B., Indiyahni, I., & Bakri, F. (2021). TPACK in blended learning media: Practice 4C skills for rotational dynamics in senior high school. Journal of Physics: Conference Series, 2019(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/2019/1/012046.

Tomej, K., Liburd, J., Blichfeldt, B. S., & Hjalager, A. M. (2022). Blended and (not so) splendid teaching and learning: Higher education insights from university teachers during the Covid-19 pandemic☆. International Journal of Educational Research Open, 3(November 2021), 100144. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2022.100144.

Uki, N. M., & Liunokas, A. B. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Make a Match terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurna Basicedu, 5(6), 5542–5547. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1363.

Wirayasa, I. D. G. P., Darmayasa, I. P., & Satyawan, I. M. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Ranah Kognitif Model 4D Pada Materi Sepak Bola Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 8(3), 81. https://doi.org/10.23887/jjp.v8i3.33760.

Workala, R. (2021). Implementasi Pendekatan Scientific Kooperatif NHT Meningkatkan Hasil Belajar Dribbling Sepak Bola. Journal of Education Action Research, 5(4). https://doi.org/10.23887/jear.v5i4.12351.

Downloads

Published

2023-08-21

How to Cite

Aditia, I. P. E. D. ., & Darmayasa, I. P. (2023). Model Blended Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar PJOK Materi Bola Basket. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 11(2), 170–178. https://doi.org/10.23887/jiku.v11i2.59428

Issue

Section

Articles