MINAT PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 SAWAN DALAM MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI TAHUN AJARAN 2021/2022

Authors

  • Komang Ogi Saputra UNDIKSHA
  • I Putu Darmayasa UNDIKSHA
  • Made Agus Wijaya UNDIKSHA
  • I Made Satyawan UNDIKSHA
  • Ni Putu Dwi Sucita Dartini UNDIKSHA

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiku.v10i1.42493

Keywords:

minat, peserta didik, bola voli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat peserta didik dalam mengikuti ekstrakurikuler bola voli. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode survei. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu peserta didik SMA Negeri 1 Sawan tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 210 siswa. Sampel penelitian peserta didik SMA Negeri 1 Sawan sebanyak 131 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner online berupa link google form. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif  kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk persentase pada tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat minat peserta didik dalam mengikuti ekstrakurikuler bola voli berada pada kategori “sangat tinggi” berjumlah (29 siswa) sebesar 22,1%, “tinggi” berjumlah (50 siswa) sebesar 38,2%, kategori “sedang” berjumlah (43 siswa) sebesar 32,8%, kategori “rendah” berjumlah (9 siswa) sebesar 6,9%, dan kategori “sangat rendah” berjumlah (0 siswa) sebesar 0%. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan bahwa minat peserta didik dalam mengikuti ekstrakurikuler bola voli berada pada kategori “tinggi”.

Author Biography

Komang Ogi Saputra, UNDIKSHA

Jl. Udayana No.11, Banjar Tegal, Singaraja, Kabupaten Buleleng, Bali 81116

References

Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT. Rineka Cipta,.

Djaali. (2012). Psikologi Pendidikan. PT Bumi Aksara.

Gregory. (2000). Validitas dan Reliabilitas Butir. Parama Publisihing.

Herlina, H., & Suherman, M. (2020). Potensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (Pjok) Di Tengah Pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19 Di Sekolah Dasar. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 8(1), 1–7. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/PJKR/article/view/16186

Kanca, I. N. (2010). Metode Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. urusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi. Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.Undiksha.

Kepuasan, K., Menonton, D., Televisi, A., Komunikasi, J. I., Ilmu, F., Dan, S., Politik, I., & Maret, U. S. (2009). Aprilia Prita Widyarini.

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264

Pratiwi, N. K. (2017). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Smk Kesehatan Di Kota Tangerang. Pujangga, 1(2), 31. https://doi.org/10.47313/pujangga.v1i2.320

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-fakto yang Mempengaruhi. Rineka Cipta.

Sugyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Published

2022-01-25

How to Cite

Saputra, K. O., Darmayasa, I. P., Agus Wijaya, M., Satyawan, I. M., & Dwi Sucita Dartini, N. P. (2022). MINAT PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 SAWAN DALAM MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI TAHUN AJARAN 2021/2022. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 10(1). https://doi.org/10.23887/jiku.v10i1.42493

Issue

Section

Articles