Survei Literasi Jasmani Peserta Didik SD Negeri 10 Banjar di Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2023/2024
DOI:
https://doi.org/10.23887/jiku.v12i1.81646Keywords:
Literasi Jasmani, Pendidikan Jasmani, Aktivitas JamaniAbstract
Penelitian ini dilaksanakan pada peserta didik kelas IV, V, dan VI SD Negeri 10 Banjar di Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng pada tanggal 12 Desember 2023 - 27 April 2024 untuk mengetahui tingkat kemampuan Literasi Jasmani. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Literasi, termasuk literasi jasmani, adalah keterampilan dasar penting yang mendukung partisipasi aktif dalam berbagai aspek kehidupan. Literasi jasmani melibatkan motivasi, kepercayaan diri, kompetensi jasmani, pengetahuan, dan pemahaman untuk terlibat dalam aktivitas jasmani seumur hidup. Data diperoleh melalui kuesioner PLKQ (Physical Literacy Knowledge Questionnaire). Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa tingkat kemampuan literasi jasmani peserta didik SD Negeri 10 Banjar di Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Tahun Pelajaran 2023/2024 berada pada kategori tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata hasil kuesioner literasi jasmani peserta didik sebesar 63 (79%) yang berada pada kategori tinggi. Hasil yang diperoleh dari kuesioner menunjukkan bahwa banyak peserta didik yang memiliki pemahaman tentang literasi jasmani. Pada penelitian ini diharapkan tidak ada lagi orang yang malas untuk melakukan aktivitas jasmani dan menjadikannya sebagai kebiasaan. Untuk memperoleh hidup sehat tidak perlu harus aktivitas yang berat dan susah, dengan selalu rutin dan konsisten melakukan aktivitas sederhana sangat lebih baik seperti program jalan kaki setiap hari.
References
Arindi, M., Rachmawati, T. S., & Perdana, F. (2023). Aktivitas Berbagi Pengetahuan Dalam Meningkatkan Literasi Fisik Anak Usia Dini Studi Kasus di motoricshool Halo Kids Indonesia. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 7(1), 356–363.
Ariyanto, A., Triansyah, A., & Gustian, U. (2020). Penggunaan permainan tradisional untuk meningkatkan keterampilan gerak fundamental siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 16(1), 78–91. https://doi.org/10.21831/jpji.v16i1.30785.
Astuti, R. D., Surmantika, R., & Rubai, M. (2021). Narrative Review: Pengaruh Olahraga Terhadap Penurunan Tingkat Stres. In Proceeding National Conference PKM Center Sebelas Maret University (Vol. 1, Issue 1, pp. 245–248). https://103.23.224.239/pkmcenter/article/view/51364.
Dharma Hita, I. P. A. (2022). Kebugaran Jasmani Peserta Didik SMKS TP 45 Negara Dimasa Awal Full Day School. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 5(2), 120. https://doi.org/10.26418/jilo.v5i2.56325.
Dimyati, A., Rinova, D., Ilmu, L., Dan, S., & Politik, I. (2020). Hid Sehat Di Masa Pandemi Mi Covid-19.
IPLA. (2022). International Physical Literacy Association. International Physical Literacy Association.
Java, C. (2020). Hasil-Hasil Penelitian Dan Pengabdian Pada Masyarakat Tahun 2020 “ Pengembangan Sumber Daya Menuju Masyarakat Madani Berkearifan Lokal ” Universitas Muhammadiyah Purwokerto ( Zoom Room ). November.
Kesehatan, D. A. N., Di, P., Dasar, S., Mulyana, A., An-nazwa, F., Amanatin, I., Dwi, L., Afifah, A., Handayani, S. R., Zikri, S. A., & Wati, T. A. (2024). dalam mata pelajaran Pendidikan Jasmani , Olahraga , dan Kesehatan di sekolah dasar . dalam mencapai pembentukan karakter . Salah satu peran penting PJOK adalah ( Iqbal , 2021 ). Nilai-nilai afektif seperti kejujuran , fair play , sportivitas , empati , simpati ,. 5(3), 2763–2770.
Kriswanto, E. S., Meikahani, R., Kurniawan, D. D., & Safitri, A. P. (2023). Literasi Fisik.
Kustari, N. E., & Mahendra, A. M. (2020). Studi Deskriptif Mengenai Keterampilan Motorik Kasar Siswa Sekolah Dasar Se Kecamatan Cileunyi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(3), 382–391. https://doi.org/10.17509/jpp.v20i3.27089.
Kusumo, M. P. (2020). Buku Pemantauan Aktivitas Fisik Mahendro Prasetyo Kusumo. In Yogyakarta: The Journal Publishing. http://repository.umy.ac.id/bitstream/handle/123456789/35896.
Ningsih, E. P. (2024). Peran Orang Tua dalam Mendorong Aktivitas Fisik Anak Usia Dini di Luar Ruangan. 21–27.
Nur, M., & Aprilo, I. (2021). Analisis Pengetahuan Literasi Fisik Anak Usia 8-12 Tahun pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Penguatan Riset, Inovasi, Dan Kreativitas Peneliti Di Era Pandemi Covid-19, 1472–1486. https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/25344/12720.
Nurunnisa, G., Hartoto, S., & Prakoso, B. B. (2022). Faktor-faktor yang memengaruhi aktivitas jasmani siswa di masa pandemi: cross-sectional study. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 11(1), 11–21. https://doi.org/10.36706/altius.v11i1.17594.
Saputra, R. (2022). Pengaruh Jogging Terhadap Konsentrasi Pada Siswa SMP. Journal Active of Sport, 2, 19–24.
Saripudin, A. (2019). Analisis Tumbuh Kembang Anak Ditinjau Dari Aspek Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Equalita: Jurnal Pusat Studi Gender Dan Anak, 1(1), 114. https://doi.org/10.24235/equalita.v1i1.5161
Wicaksono, L., & Safei, I. (2020). Pengaruh Olahraga Jalan Kaki Terhadap Antisipasi Reaksi Pada Lansia. Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan, 5(1), 1–7. https://doi.org/10.17509/jtikor.v5i1.24381.
World Health Organization. (2021). Citra Tubuh, Pengetahuan, Sikap dan Tingkat Aktivitas Fisik Mahasiswa pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019. Sam Ratulangi Journal of Public Health, 2(1), 007. https://doi.org/10.35801/srjoph.v2i1.34046.
Zulfikar, M., Harliawan, M., Sudirman, A., & Anwar, N. I. A. (2023). Sosialisasi Integrasi Pembelajaran Literasi Jasmani untuk Guru dan Siswa Sekolah Dasar di Kota Makassar. Jurnal Dharma Pendidikan Dan Keolahragaan, 3(2), 72–78.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Calvin Candra Christian Waruwu, I Gede Suwiwa, peby Gunarto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)