Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Meningkatkan Hasil Belajar PJOK Materi Kebugaran Jasmani Peserta Didik Kelas VI Sekolah Dasar

Authors

  • I Kadek Gunawan Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • N. P. D. Sucita Dartini Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Peby Gunarto Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I. W. Artanayasa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I M Satyawan Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiku.v12i2.83311

Keywords:

Model Pembelajaran, TGT, Kebugaran, PJOK

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat partisipasi dan motivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran PJOK. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar PJOK antara siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran konvensional pada siswa kelas VI Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan bentuk desain Pretest Postest  Control Group Design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI dari 6 sekolah dasar dengan jumlah siswa 155 orang. Sampel yang digunakan yaitu 2 sekolah sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol, pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes tulis untuk pengetahuan dan tes unjuk kerja untuk keterampilan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan independent sample t test. Hasil penelitian menunjukkan nilai hasil belajar kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 84,54 dan hasil belajar kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 66,61, setelah diuji menggunakan independent sample t test hasil ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar PJOK siswa kelas VI Sekolah Dasar. Hasil penelitian ini berimplikasi dalam meningkatkan hasil belajar dan kebugaran jasmani siswa secara signifikan.

References

Amri, K., Arinjani, S. M., & Sutriyani, W. (2022). Analisis Penerapan Model TGT (Teams, Games And Tournament) Tehadap Hasil Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Formosa Journal of Applied Sciences, 1(1), 47–56. https://doi.org/10.55927/fjas.v1i1.708.

Anugraheni, I. (2022). Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Proses Belajar Guru-Guru Sekolah Dasar. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 205. https://doi.org/10.24246/j.jk.2022.v4.i2.p205-212.

Cintia, N. I., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 67 – 75. https://doi.org/10.21009/PIP.321.8.

Fuji, N., Suryana, A., & Suaidi, E. H. (2022). Model Rancangan Pembelajaran Kooperatif Learning Team Game Tournament (TGT) pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Tarbiatuna : Jurnal Of Islamic Education Studies, 2(2), 164–172. https://doi.org/10.47467/tarbiatuna.v2i2.1098.

Hamdani, M., Mawardi, S., & Wardani, K. W. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournamen (TGT) pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas 5 untuk Peningkatan Keterampilan Kolaborasi. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 440. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21778.

Handayani, E. S., & Subakti, H. (2020). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 151–164. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.633.

Harahap, S. E. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar PPKN melalui Model Pembelajaran TGT (Team Games Tournament) Peserta didik Kelas 5 SD NEGEri 164525 Tebing Tinggi. Elementary School Journal PGSD FIP Unimed, 8(2), 101–109. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v8i2.10378.

Hikmah, M., Anwar, Y., & Riyanto. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta didik Pada Materi Dunia Hewan Kelas X Di Sma Unggul Negeri 8 Palembang. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(1), 46–56. https://doi.org/10.36706/fpbio.v5i1.7049.

Karini, N. W., Agung, A. A. G., & Citra Wibawa, I. M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan Seting Lesson Study terhadap Sikap Ilmiah Peserta didik. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 3(1), 86. https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i1.24881.

Lestari, N. I., Razak, A., Lufri, L., Zulyusri, Z., & Arsih, F. (2022). Meta-Analisis Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 8(1), 17–30. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v8i1.12917.

Mahsup, & Anwar, Y. S. (2020). Development of structured modules to improve the mathematical understanding of the circle concept in class VIII Mataram 17 junior high school. Journal of Physics: Conference Series, 1465(1). https://doi.org/10.1088/1742-

Mardianto. (2021). Psikologi Pendidikan. Perdana Publishing.

Mawardi, H., Wardani, W., & Krisma. (2020). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi pada Mata Pelajaran PJOK Kelas 4 SD N Gendongan 03 Melalui Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1). https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17319.

Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran PJOK. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1). https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13646.

Nugraha, C. P., & Subroto, W. T. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan Media Role Card Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Kediri. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE, 8(3), 70–75. https://doi.org/10.26740/jupe.v8n3.p70-75.

Nugraha, M. F. B. H. D. (2020). Pengantar Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Edu Publisher.

Nurdyansyah, & Eni. (2021). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Dengan Kurikulum 2021. Nizamia Learning Center.

Pratiwi, A. E., & Prihatni, Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri Gedongtengen Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017. https://doi.org/10.30738/trihayu.v4i2.2239.

Priansa, D. J. (2020). Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran Inovatif, Kreatif, dan Prestatif dalam Memahami Peserta Didik. CV Pustaka Setia,hal.

Putra, R. A., Wahjoedi, H., & Spyanawati, N. L. P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Shooting Bola Basket. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(2), 108–116. https://doi.org/10.23887/jiku.v8i2.29816.

Rusman. (2023). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. PT Raja Grafindo, hal.

Salim, S. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Cita Pustaka Media.

Saragih, N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Tema 3 Subtema 1 Di UPTD SD Negeri 122379 Pematang Siantar. Jurnal Sains Student Research, 1(2). https://doi.org/10.61722/jssr.v1i2.108.

Setiani, S. A. (2020). Model Pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Ideas: Jurnal Pendidikan. Sosial Dan Budaya, 5(4), 389. https://doi.org/10.32884/ideas.v5i4.227.

Slameto. (2022). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. PT Rineka Cipta.

Sugiata, I. W. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Team Game Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(2), 78. https://doi.org/10.23887/jpk.v2i2.16618.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. . Alfabeta.

Sulfemi, W. B. (2020). Penggunaan Team Games Tournament (TGT) Dengan Media Kartu Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Journal of Komodo Science Education, 1(01), 1–14. https://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jkse/article/view/11.

Suwarni, N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (Tgt) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ppkn Peserta didik Kelas 1 Sd Negeri 004 Teratak Buluh. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran, 3(1), 175. https://doi.org/10.33578/pjr.v3i1.6830.

Taniredja, T., & dkk. (2021). Model-Model Pembelajaran Inovatif. ALFABETA.

Wulandari, S. S. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran, Fasilitas dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Selama Pandemi COVID-19. Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 8(1), 19–29. https://doi.org/10.36706/jp.v8i1.1359819.

Downloads

Published

2024-07-25

How to Cite

I Kadek Gunawan, N. P. D. Sucita Dartini, Peby Gunarto, I. W. Artanayasa, & I M Satyawan. (2024). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Meningkatkan Hasil Belajar PJOK Materi Kebugaran Jasmani Peserta Didik Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 12(2), 133–139. https://doi.org/10.23887/jiku.v12i2.83311

Issue

Section

Articles