Survey Pelaksanaan Pembelajaran PJOK di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Andreo Bangun Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Lanang Agung Parwata Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Putu Panca Adi Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiku.v10i1.47422

Abstract

Pembelajaran PJOK umumnya dilaksanakan dengan praktik langsung dilapangan, hanya saja pada proses pembelajaran daring mata pelajaran PJOK tidak dapat berlangsung dengan maksimal karena berbagai keterbatasan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran PJOK di masa pandemi Covid-19 kelas VIII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Populasi dalam penelitian ini  adalah seluruh siswa kelas VIII SMP yang berjumlah 420 siswa. Penarikan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Simple Random Sampling, sehingga Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 91 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan menggunakan metode non tes, dengan instrument penelitian berupa kuesioner atau angket yang digunakan untuk mencari data persentase pelaksanaan pembelajaran daring PJOK di masa pandemi COVID-19. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada aspek pelaksanaan pembelajaran diperolah skor rata-rata untuk aspek pendahuluan yaitu 73,7 yang termasuk dalam kategori baik, aspek kegiatan inti memperoleh skor 75 yang termasuk dalam kategori baik, dan aspek penutup memperoleh skor 73.65 yang termasuk dalam kategori baik. Adapun rata-rata skor yang diperoleh yakni sebesar 76.08 yang berada pada kategori baik. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa secara umum survey pelaksanaan pembelajaran PJOK di masa pandemi Covid-19 kelas VIII pada kategori baik. Hanya saja masih membutuhkan beberapa perbaikan dan penyempurnaan didalamnya.

Downloads

Published

2022-07-06

How to Cite

Bangun, A., Parwata, . I. G. L. A. ., & Adi, . I. P. P. . (2022). Survey Pelaksanaan Pembelajaran PJOK di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 10(1), 36–42. https://doi.org/10.23887/jiku.v10i1.47422

Issue

Section

Articles