Kecerdasan Emosi Atlet Tenis Lapangan: Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi dan Cara Mengembangkannya
DOI:
https://doi.org/10.23887/jiku.v11i3.65989Keywords:
Kecerdasan Emosi, Atlet Olahraga, SLRAbstract
Para pelatih dan atlet lebih banyak memfokuskan perhatian mereka pada komponen kinerja fisik. Kondisi mental dari atlet hanya sebagian kecil pelatih mempersiapkannya.Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kecerdasan emosi atlet tenis lapangan faktor-faktor yang mempengaruhi dan cara mengembangkannya. Metode Systematic Literatur Review (SLR) menjadi metode yang digunakan dalam penelitian ini. Tahap systematic literatur review ini adalah perencanaan, review dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah pengelompokan data, analisa data dan penyimpulan data. Hasil penelitian menujukan faktor-faktor yang mempengaruhi kecerdasan emosional seorang atlet yaitu: faktor psikologis, faktor pelatihan emosi dan faktor pendidikan. Sedangkan untuk meningkatkan atau mengembangkan kecerdasan emosi pada atlet dapat dilakukan dengan cara mengenali emosi diri atlet, melepaskan emosi negatif pada diri atlet, mengelola emosi diri sendiri, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain atau atlet lain saat bertanding, mengelola emosi orang lain, dan memotivasi orang lain. Simpulan penelitiannya kecerdasan emosi berpengaruh positif atau berperan dalam meningkatkan kemampuan atau dalam menghadapi pertandingan pada atlet olahraga.
References
Acebes-Sánchez, J., Blanco-García, C., Diez-Vega, I., Mon-López, D., & Rodriguez-Romo, G. (2021). Emotional Intelligence in Physical Activity, Sports and Judo: A Global Approach. Res. Public Health, 18, 8695. https://doi.org/10.3390/ijerph18168695.
Arribas-Galarraga, S., Cecchini, J. ., Luis-De-Cos, I., Saies, E., & Luis-De Cos, G. (2019). Influence of emotional intelligence on sport performance in elite canoeist. Journal of Human Sport and Exercise,in Press. https://doi.org/10.14198/jhse.2020.154.05
Blegur, J., & Mae, R. M. (2018). Motivasi berolahraga atlet atletik dan tinju. Jurnal Keolahragaan, 6(1), 29–37. https://doi.org/10.21831/jk.v6i1.16150.
Castro-Sánchez, M. (2018). Emotional Intelligence, Motivational Climate and Levels of Anxiety in Athletes from Different Categories of Sports: Analysis through Structural Equations. Int. J. Environ. Res. Public Health, 15, 894. https://doi.org/10.3390/ijerph15050894.
Figueras-Daniel, A., & Li, Z. (2021). Evidence of support for dual language learners in a study of bilingual staffing patterns using the Classroom Assessment of Supports for Emergent Bilingual Acquisition (CASEBA). Early Childhood Research Quarterly, 54. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2020.09.011.
Gunarto, P., & Adnyana, I. K. S. (2020). Pengaruh Metode Latihan Drill dan Alley Rally Terhadap Akurasi Groundstrokes Top Spin Tenis Lapangan. Jurnal Penjakora, 7(2), 143. https://doi.org/10.23887/penjakora.v7i2.27908.
Hudain, M. A., & Ishak, M. (2020). Kontribusi Kecepatan Reaksi Tangan Dan Kekuatan Otot Lengan Terhadap Kecepatan Pukulan Gyaku Tsuki Chudan. SPORTIVE: Journal Of Physical Education, Sport and Recreation, 4(1), 46. https://doi.org/10.26858/sportive.v4i1.17175.
Indrawan, B., Afif, U. M., & Herliana, M. N. (2019). Penerapan Media Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Push Backhand Tenis Meja. Juara: Jurnal Olahraga, 4(1). https://doi.org/10.33222/juara.v4i1.389.
Jatra, R., Dafit, F., Wijaya, C., & Yeni. (2022). Pengenalan Olahraga Tenis Lapangan Pada Anak Sekolah Dasar. Community Education Engagement Journal, 4(1), 11–19. https://doi.org/10.25299/ceej.v4i1.10537.
Kopp, A., & Jekauc, D. (2018). The influence of emotional intelligence on performance in competitive sports: A meta-analytical investigation. Sports, 6(4), 175. https://doi.org/10.3390/sports6040175.
Mercader Rubio, I. (2022). Emotional Intelligence as a Predictor of Motivation, Anxiety and Leadership in Athletes. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19, 7521. https://doi.org/10.3390/ijerph19127521.
Nurdiansyah, E. (2016). Pengaruh Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Emosional, Dampak Negatif Jejaring Sosial Dan Kemampuan Berpikir Divergen Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Journal of Educational Science and Technology (EST), 2(3), 171. https://doi.org/10.26858/est.v2i3.3216.
Permatasari, T., Hapidin, H., & Karnadi, K. (2020). Pengaruh Permainan Kooperatif dan Kecerdasan Interpersonal terhadap Regulasi Emosi Anak. Indonesian Journal of Educational Conseling, 4(1), 31–40. https://doi.org/10.30653/001.202041.120.
Prabowo, E. M., Mintarto, E., & Nurkholis, N. (2022). Variasi dan Kombinasi Permainan Gerak Dasar Atletik Lompat dalam Pembelajaran PJOK Siswa Sekolah Dasar. Discourse of Physical Education, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.36312/dpe.v1i1.604.
Rustiana, E. R. (2013). Upaya Peningkatan Kecerdasan Emosi Siswa Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Jasmani Harmoni. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v5i1.1267.
Schipolowski, S., Wilhelm, O., & Schroeders, U. (2014). On the nature of crystallized intelligence: the relationship between verbal ability and factual knowledge. Intelligence, 46. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.intell.2014.05.014.
Sulistianingsih, P. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(1), 129–139. https://doi.org/10.30998/jkpm.v2i1.1899.
Syaukani, A. A., Subekti, N., & Fatoni, M. (2020). Analisis tingkat motivasi belajar dan berlatih pada atlet-pelajar PPLOP Jawa Tengah tahun 2020. Jurnal Keolahragaan, 8(2), 117–125. https://doi.org/10.21831/jk.v8i2.32553.
Vadia, P., Riandini, A., Sudatha, I. G. W., & Parmiti, D. P. (2020). Korelasi antara Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar PPKn. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 468–478. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.26072.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 I Kadek Happy Kardiawan, Putu Kerti Nitiasih, Putu Nancy Riastini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)