Minat Peserta Didik Terhadap Ekstrakurikuler Keolahragaan
DOI:
https://doi.org/10.23887/jiku.v12i1.80815Keywords:
Minat, Ekstrakurikuler, KeolahragaanAbstract
Minat peserta didik terhadap ekstrakurikuler keolahragaan merupakan aspek penting dalam pengembangan potensi diri dan pembentukan karakter yang sehat. Ekstrakurikuler keolahragaan tidak hanya berfungsi sebagai sarana peningkatan kebugaran fisik, tetapi juga sebagai medium untuk membangun kerjasama tim, disiplin, dan rasa tanggung jawab. Namun, di beberapa sekolah, terdapat kecenderungan menurunnya partisipasi siswa dalam kegiatan olahraga ekstrakurikuler. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat peserta didik kelas VIII untuk mengikuti ekstrakurikuler. Metode Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan pengambilan data langsung. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII dengan jumlah total sebanyak 198 peserta didik. Metode pemilihan sampel menggunakan simple random sampling menggunakan undian dan masing-masing kelas di ambil sebanyak 7 peserta didik, sehingga jumlah sampel sebanyak 49 peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data deskriptif dengan persentase dari jawaban peserta didik. Hasil dari penelitian ini yaitu pada faktor intrinsik minat peserta didik jika dikonversi ke dalam skala penilaian kategori termasuk dalam kategori tinggi. Adapun kesimpulan dari hasil analisis data minat peserta didik kelas VIII dalam mengikuti ekstrakurikuler keolahragaan berada pada kategori tinggi. Implikasi penelitian ini adalah dapat membantu pihak sekolah dalam merancang program ekstrakurikuler yang lebih menarik dan sesuai dengan minat siswa, sehingga meningkatkan partisipasi mereka dalam kegiatan keolahragaan.
References
Abdullah, A. (2020). Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Di Lembaga Pendidikan Menengah Dan Tinggi.
Ahmadi, A. Dan M. S. (2020). Psikologi Perkembangan. Renika Cipta.
Arikunto, S. (2020). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Pratik. PT Renika Cipta.
Cahyadi, I. G. D. (2019). Derajat Kualitas Dan Kuantitas Minat Peserta Didik Mengikuti Ekstrakurikuler. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 10(3), 264–269.
Danim, S. (2021). Perkembangan Peserta Didik. Alfabeta.
Ela Kusmawati, R. (2021). Hubungan Komunikasi Guru Dengan Minat Belajar Siswa:(Studi Di Mts Al-Inayah. Adz-Zikr: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 19–34.
Febrianty, A., Amiq, F., & Wahyudi, U. (2020). Survei Minat Siswa Kelas VIII Terhadap Kegiatan Ekstrakurikuler Olahraga Di SMP Negeri Se-Kabupaten Sidoarjo. Sport Science And Health, 2(1), 39–48.
Ferrari Valentino, R., & Iskandar, M. (2020). Identifikasi Minat Siswa Pada Ekstrakurikuler Sepak Bola. Jurnal Master Penjas & Olahraga, 1(1), 47–54. Https://Doi.Org/10.37742/Jmpo.V1i1.7
Gunarto, P. (2020). Peraturan Mentri Pendidikan Dan Kebudayan Republik Indonesia Nomor 62 Tahun.
Hailotim. (2020a). Atlet Lombok Timur Di Kancah Internasional [Foto Instagram. Https://Www.Instagram.Com/P/C0oxrtul5_D/?Igshid=Mzrlodbinwflza==.
Hailotim. (2020b). Atlet Lombok Timur Di Kancah Internasional [Foto Instagram. Https://Www.Instagram.Com/P/C0ndfwpbfef/?Igshid=Mzrlodbinwflza==.
Hamsa, M., & Hartoto, S. (2015). Survey Minat Siswa Kelas VII Dan VIII Di SMPN 1 Bangil Dalam Mengikuti Ekstrakurikuler Renang. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 03(03), 783–788.
Harvianto, Y. (2020). Minat Partisipasi Dalam Olahraga Ditinjau Dari Suku Bangsa Pada Siswa Di Kota Palangka Raya. Tersedia Pada. Http://Ejournal.Mandalanursa.Org/Index.Php/JUPE/Index.
Irawan, D. C., & Avandi, R. I. (2021). Survei Tingkat Minat Siswa Kelas VIII Dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Olahraga Di UPT SMP Negeri 8 Gresik. Journal Of Sport Coaching And Physical Education, 8(1).
Koyan, I. W. (2020). Statistika Pendidikan, Teknik Analisis Data Kuantitatif. Universitas Pendidikan Ganesha.
Kusuma, I. (2020). Minat Peserta Didik Kelas XI Terhadap Ekstrakurikuler Olahraga Bola Basket Di SMA Negeri 2 Tabanan Tahun Pelajaran 2021/2022.
Kusuma, I. M. A., & Suwiwa, I. G. (2023). Minat Peserta Didik Kelas XI Terhadap Ekstrakurikuler Olahraga Bola Basket. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 11(1), 69–76. Https://Doi.Org/10.23887/Jiku.V11i1.55860.
Mahputra, A., & Wisnu, H. (2019). IDENTIFIKASI PENYEBAB RENDAHNYA MINAT SISWA TERHADAP EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DI SMAN 11 SURABAYA Anang Mahputra *, Hari Wisnu S1 Pendidikan Jasmani , Kesehatan Dan Rekreasi , Fakultas Ilmu Keolahragaan , Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 07, 75–78.
Musthofa, M., Wiyanto, A., & Setyawan, D. A. (2019). Minat Siswa Dalam Ekstrakurikuler Olahraga Futsal. Jurnal Ilmiah Penjas, 5(1). Http://Www.Ejournal.Utp.Ac.Id/Index.Php/JIP/Article/View/770%0Ahttp://Www.Ejournal.Utp.Ac.Id/Index.Php/JIP/Article/Download/770/520520621.
Nurfauzi, F. S. (2021). Pembinaan Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Budaya (Tari Saman) Di SMP Negeri 21 Pekanbaru TA 2017/2018.
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2015). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128–135.
Nurmawati, N., Resita, C., & Afrinaldi, R. (2021). Minat Siswa Dalam Mengikuti Ekstrakurikuler Olahraga Di SMA Negeri 20 Kabupaten Tangerang. Jurnal Literasi Olahraga, 1(2), 153–161. Https://Doi.Org/10.35706/Jlo.V1i2.3910.
Pangestu, B., Parwata, I. G. L. A., & Wijaya, M. A. (2021). Minat Dan Motivasi Berprestasi Siswa Dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Bolavoli. Indonesian Journal Of Sport & Tourism, 3(2), 63. Https://Doi.Org/10.23887/Ijst.V3i2.31937.
Pertiwi, S. G., & Prahmana, R. C. I. (2020). Pembelajaran Hubungan Antar Sudut Menggunakan Model Pembelajaran Guided Inquiry. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 137–150. Https://Doi.Org/10.21831/Pg.V15i2.35415.
Qomarrullah, R. (2020). Master Plan Pembinaan Prestasi Olahraga Disabelitas Papua.
Riwahyudin, A. (2021). Pengaruh Sikap Siswa Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kabupaten Lamandau. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 11–23.
Rofifah, Dianah, Jeni. (2020). Minat Extrakurikuler Di Sekolah. Paper Knowledge . Toward A Media History Of Documents, 01, 12–26.
Slameto. (2020). Metodologi Penelitian & Inovasi Pendidikan. Cipta.
Slameto2010. (2019). Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. PT Renika Cipta.
Zerizghy, M. G., Vieux, B. B. E., Tilahun, A., Taye, M., Zewdu, F., Ayalew, D., Stanton, G. P., Sime, C. H., Demissie, T. A., Tufa, F. G., Plug-Ins, A. D., Parmenter, B., Melcher, J., Kidane, D., Alemu, B., Gisladottir, G., Stocking, M., Bazie Fentie, M., Frankenberger, J. R.,. (2019). Ekstrakulikuler. American Journal Of Research Communication, 5(August), 12–42. Http://Downloads.Esri.Com/Archydro/Archydro/Doc/Overview Of Arc Hydro Terrain PreprocessingWorkflows.Pdf%0Ahttps://Doi.Org/10.1016/J.Jhydrol.2017.11.003%0Ahttp://Sites.Tufts.Edu/Gis/Files/2013/11/Watershed-And-Drainage-Delineation-By-Pour-Point.Pdf%0Awww.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Marsal El Fayyad
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)