Model Estafet Games untuk Siswa Tunagrahita

Penulis

  • Agung Nugroho Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna
  • Ade Evriansyah Lubis Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiku.v9i3.34643

Abstrak

Kemampuan gerak dasar (fundamental) bagi tunagrahita harus dibentuk sejak usia dini. Salah satu bentuk upaya dan usaha untuk meningkatkan kemampuan gerak dasar bagi anak tunagrahita dapat berupa Play Therapy. Dimana terapi yang diberikan melalui aktivitas bermain dapat memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan dan menggembirakan, terutama pada rentang usia Sekolah Dasar (SD). Berdasarkan latar belakang tersebut, perlu dilakukan sebuah penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan model Estafet Games untuk Siswa Tunagrahita. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Research & Development. Populasi dalam penelitian ini adalah anak tunagrahita yang terdaftar sebagai siswa Sekolah Dasar Luar Biasa kategori C (Tunagrahita) di kota Medan, Sumatera Utara, dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Pusposive Sampling yang berjumlah 36 siswa tunagrahita. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu melalui kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Adapun hasil penelitian yang diperoleh antara lain, berdasarkan validasi Ahli Pendidikan Luar Biasa, Ahli Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Ahli Psikologi Anak, dan Ahli Aktivitas Rekreatif, maka pada hasil uji Content Validity Ratio dan Content Validity Ratio diperoleh rerata sebesar 0,7 yang berarti bahwa model yang dikembangkan dalam penelitian ini sudah dinyatakan valid, dan pada uji Alpha Cronbach terhadap aspek afektif, aspek kognitif, aspek psikomotorik, dan aspek rekreatif, diperoleh rerata sebesar 0,839 yang berarti bahwa model yang dikembangkan dalam penelitian ini sudah dinyatakan reliabel. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model estafet games dapat digunakan oleh para guru pada pembelajaran pendidikan jasmani di Sekolah Dasar Luar Biasa kategori C untuk memberikan Play Therapy pada siswa.

Referensi

Agus, R. M. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Kriteria Layanan Bantuan: Meningkatkan Gerak Dasar Lompat Jauh Gaya Jongkok Siswa Tunagrahita Ringan Pada Pembelajaran Penjasorkes Slb Pkk Bandar Lampung. Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 2(2), 186–197. https://doi.org/10.31851/hon.v2i2.3019.

Anindhito, Y. L. A. (2020). Pengembangan Model Permainan Olahraga Freeball pada Pembelajaran Penjas Adaptif Anak Tunagrahita di SLB Se-Kabupaten Kendal. Journal of Sport Coaching and Physical Education, 5(2), 68–75. https://doi.org/10.15294/jscpe.v5i2.36870.

Ardiyanto, A., & Sukoco, P. (2014). Pengembangan model pembelajaran berbasis permainan tradisional untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak tunagrahita ringan. Jurnal Keolahragaan, 2(2), 119–129. https://doi.org/10.21831/jk.v2i2.2608.

Arifin, Z., Rubiyatno, R., & Saputro, M. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Aktivitas Jasmani Bagi Anak SD SLB Tunagrahita Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 9(2), 220–230. https://doi.org/10.31571/jpo.v9i2.2074.

Bhakti, R. Y., & Yuwono, C. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Permainan Colorful Balls Run Untuk Reaksi Gerak Pada Anak Tunagarhita. ACTIVE: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 5(1), 18–23. https://doi.org/10.15294/active.v5i1.9317.

Desiningrum, D. R. (2017). Psikologi anak berkebutuhan khusus. psikosain.

Due, R. A., Bunga, B. N., & Kiling, I. Y. (2014). Pola bermain anak usia dini tunagrahita di Kupang. Jurnal Transformasi Edukasi, 3(2), 21–27. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/324007129_Pola_bermain_anak_usia_dini_tunagrahita_di_Kupang.

Gall, M. D., Borg, W. R., & Gall, J. P. (1996). Educational research: An introduction. Longman Publishing.

Istanti, A. W., & Triwidjaja, H. A. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Pada Pembelajaran Ipa Anak Tunagrahita SDLB. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 1(2), 169–174. https://doi.org/10.17977/um029v1i22014p169-174.

Isyani, & Esser, B. N. L. (2017). Pengaruh Latihan Model Bermain Terhadap Kemampuan Melempar Bola dalam Permainan Bocce pada Anak Tunagrahita. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 3(2), 256–261. https://doi.org/10.33394/jk.v3i2.570.

Jauhari, M. N., Mambela, S., & Zakiah, Z. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhapad Pelaksanaan Pembelajaran Penjas Adaptif Di Sekolah Luar Biasa. STAND: Journal Sports Teaching and Development, 1(1), 63–70. https://doi.org/10.36456/j-stand.v1i1.2594.

Kertu, N. W., DANTES, D. R. N., & SUARNI, D. R. N. I. K. (2015). Pengaruh Program Pembelajaran Individual Berbantuan Media Permainan Dakon Terhadap Minat Belajar Dan Kemampuan Berhitung Pada Anak Kelas III Tunagrahita Sedang SLB C1 Negeri Denpasar Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 5(1). https://doi.org/10.23887/jpepi.v5i1.

Kesumawati, S. A., & Damanik, S. A. (2019). Model Pembelajaran Gerak Dasar Pada Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 18(2), 146–153. https://doi.org/10.24114/jik.v18i2.15854.

Linda, R. F., & Rifki, M. S. (2020). Upaya Meningkatkan Gerak Lokomotor Anak Tunagrahita Ringan Melalui Permainan Tradisional Engklek Modifikasi. JURNAL STAMINA, 3(6), 417–426. https://doi.org/10.24036/jst.v3i6.517.

Louk, M. J. H., & Sukoco, P. (2016). Pengembangan media audio visual dalam pembelajaran keterampilan motorik kasar pada anak tunagrahita ringan. Jurnal Keolahragaan, 4(1), 24–33. https://doi.org/10.21831/jk.v4i1.8132.

Lubis, A. E., Fahmi, M., Mawardinur, M., Azandi, F., & Nugroho, A. (2021). Sosialisasi Permainan Tradisional Untuk Siswa SD di SDN 104202 Bandar Setia. Jubaedah : Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 1(2 SE-), 165–171. https://doi.org/10.46306/jub.v1i2.32.

Lubis, A. E., & Nugroho, A. (2020). First Aid Training Model for Physical Education Teachers. Bina Guna Press, 1–79. Retrieved from https://jurnal.stokbinaguna.ac.id/index.php/BGP/article/view/477.

Maelani, W., & Mustara, S. S. (2020). Model Pembelajaran Gerak Dasar Lari Berbasis Permainan Tematik Pada Siswa Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Adaptif, 3(2), 41–52. https://doi.org/10.21009/jpja.v3i02.15759.

Mais, A. (2016). Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (ABK): Buku Referensi untuk Guru, Mahasiswa dan Umum. Pustaka Abadi.

Martinus, M., & Kesumawati, S. A. (2020). Pelaksanaan Permainan Gerak Dasar Manipulatif Pada Anak Tunagrahita Di SDLB C Kota Palembang. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 4(1), 117–121. https://doi.org/10.33369/jk.v4i1.10574.

Meiliana, V. R., Sudarsini, S., & Pramono, P. (2015). Pengembangan Permainan Menemukan Harta Karun pada Peserta Didik Tunagrahita. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 2(2), 64–66. https://doi.org/10.17977/um029v2i22015p64-66.

Nijland, M., Van Der Meer, M., & Onderwater, Y. (2018). Anak Unik: Informasi Tentang Anak-anak Tunagrahita. GagasMedia.

Oedjoe, M. R., & Bunga, B. N. (2016). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional € Œsikodoka†Bagi Anak Usia Dini Berlatar Belakang Tuna Grahita. VISI : Jurnal Ilmiah Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Non Formal, 11(2), 73–80. https://doi.org/10.21009/JIV.1102.2.

Puspita, I. (2016). Meningkatkan Kemampuan Membaca Suku Kata Menggunakan Modifikasi Permainan Kartu Domino Pada Tunagrahita Sedang. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(3), 277–285. https://doi.org/10.17509/jpp.v17i3.9622.

Putri, N. E., & Damri, D. (2020). Efektivitas Permainan Lompat Katak untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar bagi Siswa Tunagrahita Ringan. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(2), 120–125. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v16i2.639.

Rahayu, E. D., & Firmansyah, G. (2019). Pengembangan Permainan Tradisional Lompat Tali Untuk Meningkatkan Kinestetic Intelegency Pada Anak Usia 11-12 Tahun. Jendela Olahraga, 4(2), 8–12. https://doi.org/10.26877/jo.v4i2.3611.

Robeni, B. R., & Tarsidi, I. (n.d.). Media Akal Interaktif Untuk Meningkatkan Keterampilan Menggosok Gigi Anak Tunagrahita Ringan. Jassi Anakku, 18(2), 9–14. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/jassi/article/view/9688.

Rubiana, I., Priana, A., & Santika, S. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Permainan Bmain (Basic Motion Assisted Instruction) Untuk Pengenalan Bangun Datar Terhadap Anak Tunagrahita Ringan. In Prosiding Seminar dan Lokakarya Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta (Vol. 3, pp. 34–43). Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/prosidingfik/article/view/10553.

Saepudin, I., Sukriadi, S., & Purwanto, S. (2020). Model Pembelajaran Gerak Locomotor Berbasis Permainan Untuk Anak Tunagrahita. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Adaptif, 3(1), 16–25. https://doi.org/10.21009/jpja.v3i01.15570.

Samodra, T. J. (2021). Pemahaman Konsep Bermain Siswa Motorik Tinggi Dan Rendah Dengan Model Pembelajaran Teaching Game for Undertanding (TGfU). Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(2), 117–126. https://doi.org/10.23887/jiku.v8i2.31105.

Sanusi, R., Dianasari, E. L., Khairiyah, K. Y., & Chairudin, R. (2020). Pengembangan Flashcard Berbasis Karakter Hewan Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Tunagrahita Ringan. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama, 7(2), 37–46. https://doi.org/10.30734/jpe.v7i2.745.

Saputri, S. N., & Yuwono, C. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Simple Basketball Pada Siswa Sekolah Menengah Atas Luar Biasa Tunagrahita Dharma Mulia Semarang Tahun 2015. ACTIVE: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 4(5), 1777–1782. https://doi.org/10.15294/active.v4i5.5459.

Satria, M. H., & Wijaya, M. A. (2020). Permainan Gerak Dasar Lokomotor Untuk Anak Tunagrahita Sedang. Jurnal Penjakora, 7(1), 49–56. https://doi.org/10.23887/penjakora.v7i1.24696.

Sukriadi, S., & Arif, M. (2021). Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif Berbasis Permainan Untuk Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Ilmiah Sport Coaching and Education, 5(1), 12–24. https://doi.org/10.21009/JSCE.05102.

Syahruddin, S., Saleh, M. S., & Rizal, A. (2017). Peningkatan Koordinasi Mata Tangan Melalui Model Pembelajaran Berbasis Bermain Bagi Anak Tuna Grahita. In Seminar Nasional LP2M UNM (Vol. 2). Retrieved from https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/3753.

Taufan, J., Ardisal, A., Damri, D., & Arise, A. (2018). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif bagi Anak dengan Hambatan Fisik Motorik. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2(2), 19–24. https://doi.org/10.24036/jpkk.v2i2.496.

Triana, M. N., Safari, I., & Akin, Y. (2018). Pengaruh Pembelajaran Dengan Model Bermain Terhadap Kemampuan Melempar Bola Pada Anak Tunagrahita Dalam Permainan Bocce. SpoRTIVE, 3(1), 581–590. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/SpoRTIVE/article/view/13411.

Wardani, D. A. Y. U., & Yaum, L. A. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pengembangan Diri Menggosok Gigi Melalui Permainan Puzzle Pada Anak Tunagrahita Sedang Kelas III di SDLB Abcd Pgri Kalipuro Banyuwangi. SPEED Journal: Journal of Special Education, 1(2), 20–24. Retrieved from https://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/speed/article/view/22.

Wati, G. M. (2012). Outbound management training untuk meningkatkan kemampuan penyesuaian diri anak tunagrahita. Educational Psychology Journal, 1(1), 68–74. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/epj/article/view/2659.

Widiyanto, W. E., & Putra, E. G. P. (2021). Pendidikan Jasmani Adaptif di Sekolah Inklusif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Sport Science And Education Journal, 2(2), 28–35. https://doi.org/10.33365/ssej.v2i2.1052.

Widodo, Y. P., Dwidiyanti, M., & Hartati, E. (2020). Efek Permainan “My Confident Book” Terhadap Peningkatan Kepercayaan Diri Anak Tunagrahita. Bhamada: Jurnal Ilmu Dan Teknologi Kesehatan (E-Journal), 11(1), 16. https://doi.org/10.36308/jik.v11i1.208.

Zulbahri, Z., & Astuti, Y. (2020). Pengembangan Media Belajar Pjok Pada Materi Senam Lantai (Artistik). Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(2), 86–91. https://doi.org/10.23887/jiku.v8i2.30253.

Diterbitkan

2021-11-17

Cara Mengutip

Nugroho, A., & Lubis, A. E. (2021). Model Estafet Games untuk Siswa Tunagrahita. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(3), 143–150. https://doi.org/10.23887/jiku.v9i3.34643

Terbitan

Bagian

Articles