Instrumen Tes Literasi Jasmani Domain Kompetensi Fisik untuk Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jiku.v10i1.43287Kata Kunci:
Literasi Jasmani, Kompetensi Fisik, Sekolah Dasar, Tes, KelayakanAbstrak
Penilaian kemampuan literasi jasmani di sekolah dasar dilaksanakan hanya berdasarkan pada hasil pengamatan guru, sehingga berdampak pada adanya ketidaksesuaian antara nilai yang didapat dengan kemampuan yang dimiliki siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni untuk membuat bentuk instrument tes, dengan menguji kelayakan produk yang dikembangkan dengan prinsip kesesuaian, kemudahan dan kemanan. Penelitian ini tergolong kedalam jenis penelitian pengembangan yang dikembangkan dengan model pengembangan Bord & Gall yang terdiri dari 7 tahap pengembangan. Populasi dalam penelitian ini yakni siswa sekolah dasar yang berada pada rentang usia 8-12 tahun. Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel yakni 122 siswa dengan kriteria berada di kelas 4 sampai 5 dan telah berusia 8 sampai 12 tahun. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara yang tidak terstruktur, dengan Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen validitas draf. Data hasil penelitian kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa instrumen tes literasi jasmani domain kompetensi fisik memiliki kriteria tes berupa nilai validitas yang sangat tinggi dan reliabilitasnya sedang, dimana nilai validitas TLJSD-DKF untuk siswa putra sebesar 1.017 dan putri sebesar 0.937. Sedangkan nilai reliabilitas tes literasi jamani domain kompetensi fisik untuk siswa SD putra sebesar 0.747 dan putri sebesar 0.606.
Referensi
A’la, M. (2019). Penguatan Karakter Toleransi Melalui Permainan Tradisional Dalam Pembelajaran PJOK di Sekolah Dasar. Magistra: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 10(2), 130. https://doi.org/10.31942/mgs.v10i2.3108. DOI: https://doi.org/10.31942/mgs.v10i2.3108
Adi, B. S. (2022). Literasi Kesehatan: Kebijakan Kepala Sekolah, dan Pendidikan Jasmani. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3). https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3752. DOI: https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3752
Beauty, T. R. C., Nurhasan, N., & Syam Tuasikal, A. R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Permainan Sirkuit Terhadap Peningkatan Kebugaran Jasmani Dan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PJOK. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(2). https://doi.org/10.58258/jime.v6i2.1499. DOI: https://doi.org/10.58258/jime.v6i2.1499
Bile, R. L., Tapo, Y. B. O., & Desi, A. K. (2021). Pengembangan Model Latihan Kebugaran Jasmani Berbasis Permainan Tradisional Sebagai Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PJOK. Jurnal Penjakora, 8(1), 71. https://doi.org/10.23887/penjakora.v8i1.30752. DOI: https://doi.org/10.23887/penjakora.v8i1.30752
Bungsu, A. P., & Dafit, F. (2021). Pelaksanaan Literasi Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 522. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i3.40796. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v4i3.40796
Cairney, J., Clark, H. J., James, M. E., Mitchell, D., Dudley, D. A., & Kriellaars, D. (2018). The Preschool Physical Literacy Assessment Tool: Testing a New Physical Literacy Tool for the Early Years. Frontiers in Pediatrics, 6(1). https://doi.org/10.3389/fped.2018.00138. DOI: https://doi.org/10.3389/fped.2018.00138
Choi, S. M., Sum, R. K. W., Leung, E. F. L., & Ng, R. S. K. (2018). Relationship between perceived physical literacy and physical activity levels among Hong Kong adolescents. Plos One, 13(8). https://doi.org/10.1371/journal.pone.0203105. DOI: https://doi.org/10.1371/journal.pone.0203105
Darsana, I. M. A., Satyawan, I. M., Spyanawati, N. L. P., Astra, I. K. B., & Parta Lesmana, K. Y. (2021). Video Tutorial Model Permainan dalam PJOK untuk Mendukung Pembelajaran Tematik Tema 3 Kegiatanku. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(3), 182. https://doi.org/10.23887/jiku.v9i3.39717. DOI: https://doi.org/10.23887/jiku.v9i3.39717
Devi, I. A., Antara, I. P. A., & Wirabrata, D. G. F. (2021). Instrumen Kemampuan Motorik Diskrit untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 400. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.38177. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.38177
Dewi, I. D. A. L., Asril, N. M., & Wirabrata, D. G. F. (2021). Instrumen Asesmen Untuk Mengukur Perkembangan Fisik Motorik Kasar pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 416. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.39857. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.39857
Dhini, M. S., Sunarti, I., & Riadi, B. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) Teks Deskripsi SMP Kelas VII. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya), 1(1), 1–6. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO1/article/view/20138.
Diana, F. A., Jampel, I. N., & Antara, P. A. (2021). Instrumen Penilaian Kelincahan Tubuh Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 423. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.39117. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.39117
Dutil, C., Tremblay, M. S., Longmuir, P. E., Barnes, J. D., Belanger, K., & Chaput, J.-P. (2018). Influence of the relative age effect on children’s scores obtained from the Canadian assessment of physical literacy. BMC Public Health, 18(2), 1040. https://doi.org/10.1186/s12889-018-5895-6. DOI: https://doi.org/10.1186/s12889-018-5895-6
Febrianti, A. D., Artanayasa, I. W., & Dartini, N. P. D. S. (2021). Modul Pembelajaran PJOK Berbasis Tematik Terpadu untuk Peserta Didik pada Tema Kegemaranku ( Sub Tema : Gemar Bernyanyi dan Menari ). Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(1), 1–7. https://doi.org/10.23887/jiku.v9i1.30623.
Firmansyah, W. F., Kristiyandaru, A., & Widodo, A. (2021). Instrumen Penilaian Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Pada Siswa SMP: A Systematic Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(2). https://doi.org/10.58258/jime.v7i2.2023. DOI: https://doi.org/10.58258/jime.v7i2.2023
Gemnafle, M., & Batlolona, J. R. (2021). Manajemen Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Indonesia (JPPGI), 1(1), 28–42. https://doi.org/10.30598/jppgivol1issue1page28-42. DOI: https://doi.org/10.30598/jppgivol1issue1page28-42
Gustiawati, R., Kurniawan, F., Fahrudin, & Resita, C. (2022). Sosialisasi Pengembangan Instrumen Partisipatif Berbasis Refleksi Diri dalam Penilaian Pembelajaran Pendidikan Jasmani , Praktik Merdeka Belajar. Jurnal Unsika, 2(4). https://journal.unsika.ac.id/index.php/maroones/article/view/7276.
Inggriyani, F., Fazriyah, N., & Purbasari, A. (2019). Penggunaan E-learning Berbasis Moodle bagi KKG Sekolah Dasar di Kecamatan Lengkong Kota Bandung. Jurnal SOLMA, 8(2), 268–277. https://doi.org/10.29405/solma.v8i2.3695. DOI: https://doi.org/10.29405/solma.v8i2.3695
Kurniawan, F., Gustiawati, R., & Hidayat, R. (2022). Sosialisasi Literasi Pendidikan Jasmani Berbasis E-Learning. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bina Darma, 2(3), 248–253. https://doi.org/10.33557/pengabdian.v2i3.1930. DOI: https://doi.org/10.33557/pengabdian.v2i3.1930
Lynch, T., & Soukup, G. J. (2016). “Physical education”, “health and physical education”, “physical literacy” and “health literacy”: Global nomenclature confusion. Cogent Education, 3(1), 1217820. https://doi.org/10.1080/2331186X.2016.1217820. DOI: https://doi.org/10.1080/2331186X.2016.1217820
Mustafa, P. S., & Masgumelar, N. K. (2022). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap, Pengetahuan, dan Keterampilan dalam Pendidikan Jasmani. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 31–49. https://doi.org/10.35569/biormatika.v8i1.1093. DOI: https://doi.org/10.35569/biormatika.v8i1.1093
Novarina, G. E., Santoso, A., & Furaidah, F. (2019). Model Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(11), 1448. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i11.12989. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i11.12989
Nugroho, W. A., Yudha, R. P., Sundari, S., & Praja, H. N. (2021). Analisis Instrumen Asesmen Unjuk Kerja pada Pembelajaran PJOK di Sekolah Dasar Kota Cirebon. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (JPJO), 4(2), 126–141. https://doi.org/10.31539/jpjo.v4i2.1795. DOI: https://doi.org/10.31539/jpjo.v4i2.1795
Nyström, C. D., Traversy, G., Barnes, J. D., Chaput, J.-P., Longmuir, P. E., & Tremblay, M. S. (2018). Associations between domains of physical literacy by weight status in 8- to 12-year-old Canadian children. BMC Public Health, 18(S2), 1043. https://doi.org/10.1186/s12889-018-5898-3. DOI: https://doi.org/10.1186/s12889-018-5898-3
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431
Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2020). Proses Belajar Mengajar Pjok Di Masa Pandemi Covid-19. Stand : Journal Sports Teaching and Development, 1(2), 112–119. https://doi.org/10.36456/j-stand.v1i2.2774. DOI: https://doi.org/10.36456/j-stand.v1i2.2774
Ramadhani, D., Mahardika, I. M. S., & Indahwati, N. (2020). Evaluasi Pembelajaran Pjok Berbasis Daring Terhadap Tingkat Pemahaman Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV - VI SD Negeri Betro, Sedati - Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1). https://doi.org/10.58258/jime.v7i1.1817. DOI: https://doi.org/10.36312/jime.v7i1.1817
Rochman, B., Indahwati, N., & Priambodo, A. (2020). Identifikasi Keterlaksanaan Pembelajaran PJOK Tingkat SMP Di Masa Pandemi Covid 19 Se-Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1). https://doi.org/10.58258/jime.v6i1.1343. DOI: https://doi.org/10.36312/jime.v6i1.1343
Rohim, D. C., & Rahmawati, S. (2020). Peran Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 230–237. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p230-237. DOI: https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p230-237
Rojali, W. I., Ngadiman, N., Budi, D. R., Nurcahyo, P. J., & Febriani, A. R. (2021). Evaluasi Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMA Pada Era Pandemi Covid-19. Jurnal MensSana, 6(1), 92–99. https://doi.org/10.24036/MensSana.06012021.24. DOI: https://doi.org/10.24036/MensSana.06012021.24
Siregar. (2021). Pembelajaran Daring Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Selama Pandemi Covid-19 di Sumatera Utara Tahun 2020. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 20(1), 93–101. https://doi.org/10.24114/jik.v20i1.26289.
Sofyan, F. A. (2019). Implementasi Hots Pada Kurikulum 2013. Inventa, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.36456/inventa.3.1.a1803. DOI: https://doi.org/10.36456/inventa.3.1.a1803
Syafriadi, S., Lalu Sapta Wijaya Kusuma, & Rusdiana Yusuf. (2021). Integrasi Permainan Tradisional Dalam Metode Pembelajaran Praktik untuk Meningkatkan Minat Belajar PJOK. Reflection Journal, 1(1), 14–21. https://doi.org/10.36312/rj.v1i1.487. DOI: https://doi.org/10.36312/rj.v1i1.487
Taufik, A., & Mus’id, R. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Olahraga Panahan Pada Pemulauntuk Guru Penjas Tingkat Sekolah Menengah Pertama, Kecamatan Praya, Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Ilmiah Global Education, 1(1), 58–67. https://doi.org/10.55681/jige.v1i1.87. DOI: https://doi.org/10.55681/jige.v1i1.87
Wardan, I. K. (2021). Analisis Keterlaksanaan Pembelajaran Penjaskes Di Smpn Sekecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara Tahun Pengajaran 2021. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(3). https://doi.org/10.58258/jime.v7i3.2284. DOI: https://doi.org/10.36312/jime.v7i3.2284
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Teti Nurul Fathiyati, Rahmat Permana, Yopa Taufik Saleh
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)