Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Budaya Hidup Sehat
DOI:
https://doi.org/10.23887/jiku.v10i1.47463Kata Kunci:
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar, Budaya Hidup SehatAbstrak
Siswa belum mampu mencapai hasil belajar yang optimal dalam pembelajaran penjaskes. Hal ini disebabkan karena kurangnya menggunakan media secara maksimal, dan peserta didik kurang di berikan kesempatan untuk menemukan jawaban dari permasalahan yang di berikan guru saat pembelajaran PJOK. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar budaya hidup sehat. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen sesungguhnya dengan menggunakan rancangan penelitian the randomized posttest only control group design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA, yaitu terdiri dari 206 orang peserta didik dan dibagi menjadi 6 kelas. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling berdasarkan kelas. teknik pengumpulan data menggunakan tes. Analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 5% dengan bantuan SPSS 26.0 for Windows. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap peningkatan hasil belajar budaya hidup sehat pada peserta didik kelas XI MIPA. Disarankan kepada guru PJOK dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD karena terbukti berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar budaya hidup sehat pada peserta didik.
Referensi
Afinda, Aisyah, & Wijayanti. (2019). Cooperative-STAD Dengan Word Square: Dampaknya Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. JIPVA (Jurnal Pendidikan Ipa Veteran), 3(1), 17 – 27. https://doi.org/10.31331/jipva.v3i1.773. DOI: https://doi.org/10.31331/jipva.v3i1.773
Alfiani, D. A., & Sopiyani, S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe (STAD) Student Teams Achievement Division terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V di SD Negeri 1 Tersana Kecamatan Pabedilan Kabupaten Cirebon. Al Ibtida: Journal Pendidikan Guru MI, 1(1). https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v1i1.459. DOI: https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v1i1.459
Anggraini, D., Relmasira, S., & Tyas Asri Hardini, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (Stad) Melalui Media Pembelajaran Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ips Pada Peserta Didik Kelas 2 Sd. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 324. https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.379. DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.379
Anisah, A. S., & Suntara, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Debate Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 14(1), 138–147. https://doi.org/10.52434/jp.v14i1.907. DOI: https://doi.org/10.52434/jp.v14i1.907
Ariani, T. (2017). Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI): Dampak Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(2), 169–177. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.1802. DOI: https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.1802
Damayanti, P. A., & Qohar, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Powerpoint pada Materi Kerucut. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 119–124. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.16814. DOI: https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.16814
Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5338. DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5338
Habibi, Y., & Adnan, M. F. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Terhadap Partisipasi dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3399–3412. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1316. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1316
Hidayah, A., & Aulia, I. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 49–58. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i1.629. DOI: https://doi.org/10.20527/edumat.v3i1.629
Hijrihani, C. P., & Wutsqa, D. U. (2015). Keefektifan Cooperative Learning Tipe Jigsaw dan STAD Ditinjau dari Prestasi Belajar dan Kepercayaan Diri Siswa. Pythagoras: Jurnal pendidikan Matematika, 10(1), 1–14. https://doi.org/10.21831/pg.v10i1.9091.
Israil, I. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di SMP Negeri 1 Kayangan. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran. https://doi.org/10.33394/jk.v5i2.1807. DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v5i2.1807
Jubaedah, J. (2017). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas. https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.591. DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.591
Juraini, J., Taufik, M., & Gunada, I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) dengan Metode Eksperimen Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Fisika pada Siswa SMA Negeri 1 Labuapi Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i2.293. DOI: https://doi.org/10.29303/jpft.v2i2.293
Kim, D. (2018). A study on the influence of Korean Middle School Students’ relationship through science class applying stad cooperative learning. Journal of Technology and Science Education, 8(4), 291–309. https://doi.org/10.3926/jotse.407. DOI: https://doi.org/10.3926/jotse.407
Krishna, I. P. D. M., Sudhita, I. W. R., & Mahadewi, L. P. P. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Ipa Siswa Kelas VIII Semester Genap. e-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Teknologi Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.2387/jeu.v3i1.5701.
Kurnia, W., & Lena, M. S. (2021). Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)LuringTerhadap Hasil BelajarSiswaSD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1743–1749. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i1.1161.
Kusumawardani, N., Siswanto, J., & Purnamasari, V. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Poster Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 170. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15487. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15487
Laksono, Y. S., Ariyanti, G., & Santoso, F. G. I. (2016). Hubungan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Menggunakan Komik. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 1(2), 60–64. https://doi.org/10.25273/jems.v1i2.143. DOI: https://doi.org/10.25273/jems.v1i2.143
Lestari, W., Pratama, L. D., & Jailani. (2018). Implementasi Pendekatan Saintifik Setting Kooperatif Tipe STAD Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Matematika. AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(1), 29–39. https://doi.org/10.26877/aks.v9i1.2332. DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v9i1.2332
Megawati, M., & Riastini. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle (IOC) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Tahun Pelajaran 2013/2014 di Gugus VII Kecamatan Sawan. MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2450.
Mustikaningrum, G., Pramusinta, L., Ayu, S., & Umar, M. (2020). Kurikulum Dan Metode Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 the Implementation of Character Education Integrated To Curriculum and Learning Methods During Covid-19 Pandemic. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 154–164. https://doi.org/10.24252/10.24252/auladuna.v7i2a5.2020. DOI: https://doi.org/10.24252/10.24252/auladuna.v7i2a5.2020
Muthoharoh, N. B. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif “Think Pair Share” terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1), 33–42. https://doi.org/10.30998/sap.v2i1.1509. DOI: https://doi.org/10.30998/sap.v2i1.1509
Noge, M. D., Tegu, Y. I., & Kaka, P. W. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside-Outside Circle dalam Pembelajaran Bilingual Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan, 6(3). https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2640. DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2640
Raharjo, K., Syafrial, S., & Sugiyanto, S. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Akurasi Shooting Olahraga Sepakbola Melalui Media Lingkaran Karet Ban Pada Siswa Kelas Xi Ips 2 Sma Negeri 03 Bengkulu Tengah. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 1(2). https://doi.org/10.33369/jk.v1i2.3469. DOI: https://doi.org/10.33369/jk.v1i2.3469
Rangkuti, R. K., Ramli, M., & Nasution, M. I. (2019). Peningkatan Kreativitas Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe-Stad Terintegrasi ICT. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v3i1.885. DOI: https://doi.org/10.32505/qalasadi.v3i1.885
Restyani, N. K. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Inquiry Berbasis Portofolio Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 168. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15399. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15399
Rokhayati, A., Nur, L., Gandana, G., & Elan, E. (2016). Implementasi Pendekatan Taktis dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Terhadap Motivasi, Kebugaran Jasmani dan Kemampuan Motorik. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 1(2). https://doi.org/10.17509/jpjo.v1i2.5664. DOI: https://doi.org/10.17509/jpjo.v1i2.5664
Rozi, F., & Kristari, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Fisika Untuk Siswa Kelas Xi Di Sman 1 Tulungagung. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), 5(1), 35–44. https://doi.org/10.29100/jipi.v5i1.1561. DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v5i1.1561
Rumapea, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad dan Pemberian Soal Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika. Pendidikan Matematika, 12(1), 1–14. https://doi.org/10.22342/jpm.12.1.4551.1-14. DOI: https://doi.org/10.24014/juring.v1i2.5426
Sapti, M. (2019). Model Pembelajaran Tipe STAD, Berpikir Kritis Matematis, dan Sikap 1. Kemampuan Koneksi Matematis (Tinjauan Terhadap Pendekatan Pembelajaran Savi), 53(9), 1689–1699.
Solihah, A. N., Jubaedah, Y., & Rifa’i, M. S. S. (2020). Pengembangan Instrumen Pengukuran Perkembangan Sosial-Emosional Anak Berbasis Home-Based Childcare. Widyadari, 6(1). https://doi.org/10.5281/zenodo.3517997.
Widiyarto, S. (2017). Pengaruh Metode Student Teams Achievement Division (STAD) dan Pemahaman Struktur Kalimat terhadap Keterampilan Menulis Narasi. Lectura: Jurnal Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.31849/lectura.v8i1.285. DOI: https://doi.org/10.31849/lectura.v8i1.285
Widowati, H. (2011). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Examples Non Examples Dan Stad Pada Mata Kuliah Struktur Hewan Program Studi Pendidikan Biologi. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi Fkip Um Metro, 2(1). https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v2i1.202. DOI: https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v2i1.202
Yulianto, I., Warsono, W., Nasution, N., & Rendy A.P, D. B. (2020). The Effect of Learning Model STAD (Student Team Achievement Division) Assisted by Media Quizizz on Motivation and Learning Outcomes in Class XI Indonesian History Subjects at SMA Trimurti Surabaya. International Journal for Educational and Vocational Studies, 2(11), 923–927. https://doi.org/10.29103/ijevs.v2i11.2746. DOI: https://doi.org/10.29103/ijevs.v2i11.2746
Zahro, Degeng, & Mudiono, A. (2018). Pengaruh model pembelajaran student team achievement devision (STAD) dan mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas IV sekolah dasar. Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(2). https://doi.org/10.25273/pe.v8i2.3021. DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v8i2.3021
Zulhartati, S. (2013). Pembelajaran kooperatif model STAD pada mata pelajaran IPS. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 KADEK PEGI KRISTIAWAN
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)