Instrument Test Service Forehand & Backhand Tenis Meja
DOI:
https://doi.org/10.23887/jiku.v10i3.50719Abstrak
Masalah yang terjadi saat ini yaitu belum ada alat uji untuk menilai kemampuan seorang atlet sebelum dan sesudah menyelesaikan suatu program Latihan. Hal ini berdampak pada penilaian kemampuan atlet yang kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Instrument tes service forehand dan backhand tenis meja. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Research and Development (R&D). Karakteristik partisipan dalam penelitian ini di mulai dari usia kadet, junior, remaja, dan Senior sebanyak 100 orang. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu observasi dan kuesioner. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu kuesioner. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis data untuk uji validitas menggunakan CVR (Content Value Ratio) dan reliabilitas menggunakan Alpha Crobanch. Hasil analisis data yaitu hasil validitas instrument service forehand dan backhand memiliki validitas validitas yang tinggi serta memiliki reliabilitas instrument service forehand yang reliabel. Disimpulkan bahwa pengembangan instrument service forehand dan backhand tenis meja ini dapat dinyatakan layak digunakan.
Referensi
Aji, B. S., & Winarno, M. E. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Pengetahuan Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas VIII Semester Gasal. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(7), 1449–1463. https://doi.org/10.17977/jp.v1i7.6594.
Anton, K., Sahri, J., & Tohidin, D. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Kelentukan Statis Berbasis Teknologi Sensor. Jurnal Sosioteknologi, 17(3), 343–349. https://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2018.17.3.1. DOI: https://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2018.17.3.1
Asri, N. (2020). Pengaruh Latihan Forehand Ke Dinding Terhadap Hasil Forehand Drive Tenis Meja Siswa Smp Negeri 1 Tanjung Batu. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 3(1). https://doi.org/10.31851/hon.v3i1.3733. DOI: https://doi.org/10.31851/hon.v3i1.3733
Asri, N., Soegiyanto, S., & Mukarromah, S. B. (2017). Pengaruh Metode Latihan Multiball dan Koordinasi Mata Tangan terhadap Peningkatan Keterampilan Forehand Drive Tenis Meja forehand drive, multiball, hand-eye coordination. Journal of Physical Education and Sports, 6(2). https://doi.org/10.15294/jpes.v6i2.17393.
Effendy, D., Sari, M., Fernando, R., & Muspita. (2020). Implementasi metode bagian dalam meningkatkan keterampilan servis forehand tenis meja. Indonesian Journal of Physical Education, 1(2). https://doi.org/10.25299/es:ijope.2020.vol1(2).5145. DOI: https://doi.org/10.25299/es:ijope.2020.vol1(2).5145
Firdaus, F. N., Yuniaristanto, & Zakaria, R. (2018). Evaluasi Kinerja Sistem Rantai Pasokan Meja Tenis Meja Menggunakan Metode Supply Chain Operation Reference. MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(3). https://doi.org/10.22441/mix.2018.v8i3.013. DOI: https://doi.org/10.22441/mix.2018.v8i3.013
Handayani, D., Elvinawati, Isnaeni, & Alperi, M. (2021). Development Of Guided Discovery Based Electronic Module For Chemical Lessons In Redox Reaction Materials. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 15(7), 94–106. https://doi.org/10.3991/ijim.v15i07.21559. DOI: https://doi.org/10.3991/ijim.v15i07.21559
Hasmarita, S., & Kurnia, D. (2020). Pengaruh gaya mengajar dan kemampuan motorik terhadap hasil belajar forehand drive tenis meja. Journal of Physical and Outdoor Education, 2(2). https://doi.org/10.37742/jpoe.v2i2.58. DOI: https://doi.org/10.37742/jpoe.v2i2.58
Indrawan, B., Afif, U. M., & Herliana, M. N. (2019). Penerapan Media Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Push Backhand Tenis Meja. Juara: Jurnal Olahraga, 4(1). https://doi.org/10.33222/juara.v4i1.389. DOI: https://doi.org/10.33222/juara.v4i1.389
Indrayogi, I., & Nurhayati, M. (2020). Pengaruh Latihan Senam Sehat Indonesia Terhadap Peningkatan Kapasitas Paru-Paru Bagi Lansia Di Universitas Majalengka. Jurnal Educatio Fkip Unma, 6(2). https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.545. DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.545
Islamy, N. F. (2017). Pengaruh Metode Latihan Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Keterampilan Smash Topspin Tenis Meja. Juara: Jurnal Olahraga, 2(1). https://doi.org/10.33222/juara.v2i1.33. DOI: https://doi.org/10.33222/juara.v2i1.33
Juniarta, A. T., & Winarno, M. . (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Pengetahuan Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (Pjok) Kelas Xi Semester Gasal. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(8). https://doi.org/10.17977/jp.v1i8.6704.
Lestari, P., Sutisyana, A., & Defliyanto, D. (2019). Kontribusi Kemampuan Backhand Dan Forehand Drive Kedinding Terhadap Kemampuan Bermain Tenis Meja Mahasiswa Pjkr Fkip Universitas Bengkulu. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 3(1). https://doi.org/10.33369/jk.v3i1.8817. DOI: https://doi.org/10.33369/jk.v3i1.8817
Mustafa, P. S. (2021). Problematika Rancangan Penilaian Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan dalam Kurikulum 2013 pada Kelas XI SMA. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.947.
Pratama, S. A., & Budiman, B. (2017). Hubungan Koordinasi Mata Tangan, Kekuatan Lengan dan Motivasi Berprestasi dengan Ketepatan Forehand dalam Tenis Meja. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, 1(1). https://doi.org/10.36312/e-saintika.v1i1.2. DOI: https://doi.org/10.36312/e-saintika.v1i1.2
Pujianto, A. (2015). Profil Kondisi Fisik Dan Keterampilan Teknik Dasar Atlet Tenis Meja Usia Dini Di Kota Semarang. Journal of Physical Education Health and Sport, 2(1). https://doi.org/10.15294/jpehs.v2i1.3941.
Safari, I. (2016). Perbandingan Hasil Belajar Teknik Dasar Pukulan Pada Permainan Tenis Meja Antara Yang Langsung Mengunakan Net Dengan Tanpa Menggunakan Net Terlebih Dahulu. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2). https://doi.org/10.17509/eh.v1i2.2731. DOI: https://doi.org/10.17509/eh.v1i2.2731
Sariul, S., Marsuna, M., & Jud, J. (2022). Analisis Kemampuan Smash Forehand Tenis Meja Pada Siswa Sma Negeri 4 Kendari. Jurnal Eduscience, 9(1). https://doi.org/10.36987/jes.v9i1.2583. DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v9i1.2583
Soenyoto, Sugiharto, & Adhi. (2017). Pengaruh Metode Latihan dan Kekuatan Otot Tungkai Terhadap Power Otot Tungkai. Journal Physical Education and Sport. https://doi.org/10.15294/jpes.v6i1.17315.
Suwo, R. (2019). Pengaruh Kecepatan Reaksi Tangan, Terhadap Kemampuan Forehand Topspin (Path Analysis Pada Atlet Tenis Meja Unsika Karawang 2016). Riyadhoh: Jurnal Pendidikan Olahraga, 1(1). https://doi.org/10.31602/rjpo.v1i1.1703. DOI: https://doi.org/10.31602/rjpo.v1i1.1703
Wani, B. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Arias Materi Teknik Dasar Permainan Tenis Meja Bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 7(1). https://doi.org/10.38048/jipcb.v7i1.59. DOI: https://doi.org/10.38048/jipcb.v7i1.59
Yaqin, R. A., Andiana, O., & Kinanti, R. G. (2019). Pengaruh Latihan Peregangan Statis Terhadap Fleksibilitas Pada Mahasiswa Penghobi Futsal Offering a Angkatan 2014 Jurusan Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Jurnal Sport Science, 9(1), 1. https://doi.org/10.17977/um057v9i1p1-8. DOI: https://doi.org/10.17977/um057v9i1p1-8
Yarmani, Y., Sugihartono, T., & Defliyanto, D. (2019). Penerapan Media Dinding Dalam Meningkatkan Service Forehand Backhand Pada Pembelajaran Tenis Meja. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 3(1). https://doi.org/10.33369/jk.v3i1.8760. DOI: https://doi.org/10.33369/jk.v3i1.8760
Yusro, A. R., Ulfa, S., & Kuswandi, D. (2022). Pengembangan Immersive Learning Berbasis Natural User Interface (NUI) Pada Materi Pembelajaran Tenis Meja. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(3). https://doi.org/10.17977/um038v5i32022p274. DOI: https://doi.org/10.17977/um038v5i32022p274
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Farid Kurniawan, Indra Safari, Adang Sudrazat
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)