Dukungan Orangtua dan Lingkungan Sosial Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
DOI:
https://doi.org/10.23887/jiku.v11i1.56214Kata Kunci:
dukungan orangtua, lingkungan sosial, motivasi belajar, hasil belajar pjokAbstrak
Terdapat beberapa permasalahan terkait proses pembelajaran pada mata pelajaran PJOK. Ketika pembelajaran dalam jaringan (daring) dilaksanakan, masih banyak peserta didik yang tidak mengikuti kegiatan belajar mengajar dilihat dari banyaknya peserta didik yang tidak memberikan respon pada group kelas dan tidak mengikuti instruksi yang diberikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara dukungan orangtua dan lingkungan sosial terhadap motivasi belajar dan dampaknya pada hasil belajar PJOK peserta didik. Jenis penelitian ini menggunakan metode korelasional. Populasi penelitian sebanyak 303 orang peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Amlapura. Sampel penelitian sebanyak 161 orang yang ditentukan menggunakan tabel Nomogram Herry King dengan taraf kesalahan 5%. Teknik pengambilan data sampel menggunakan teknik simpel random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur dengan bantuan SPSS 26.0 for Windows. Hasil penelitian dari keempat hipotesis diperoleh probabilitas (p) uji F pada analisis regresi sebesar 0,000 yaitu (p) kurang dari 0,05, maka dapa disimpulkan bahwa adanya hubungan antara dukungan orangtua dan lingkungan sosial terhadap motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik. Implikasi penelitian ini yaitu dukungan orang tua, lingkungan sosial, dan motivasi belajar sangat penting untuk meningkatkan hasil belajar PJOK.
Referensi
Abbas, E. W., Rusmaniah, R., Mutiani, M., Putra, M. A. H., & Jumriani, J. (2022). Integration of River Tourism Content in Social Studies Teaching Materials as an Efforts to Strengthen Student Understanding. The Innovation of Social Studies Journal, 4(1), 11. https://doi.org/10.20527/iis.v4i1.6312. DOI: https://doi.org/10.20527/iis.v4i1.6312
Adhimah, S. (2020). Peran orang tua dalam menghilangkan rasa canggung anak usia dini (studi kasus di desa karangbong rt. 06 rw. 02 Gedangan-Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 57–62. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.31618. DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.31618
Adnan, M. (2018). Pola Asuh Orang Tua Dalam Pembentukan Akhlak Anak Dalam Pendidikan Islam. CENDEKIA : Jurnal Studi Keislaman, 4(1). https://doi.org/10.37348/cendekia.v4i1.57. DOI: https://doi.org/10.37348/cendekia.v4i1.57
Agusriani, A., & Fauziddin, M. (2021). Strategi Orangtua Mengatasi Kejenuhan Anak Belajar dari Rumah Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1729–1740. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.961. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.961
Agustina, M., Azizah, E. N., & Koesmadi, D. P. (2021). Pengaruh Pemberian Reward Animasi terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini selama Pembelajaran Daring. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 353–361. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1331. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1331
Al Hakim, M. F. (2021). Peran guru dan orang tua: Tantangan dan solusi dalam pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 1(1), 23–32. http://jurnal.unsyiah.ac.id/riwayat/.
Alexander, C., Wyatt-Smith, C., & Du Plessis, A. (2020). The role of motivations and perceptions on the retention of inservice teachers. Teaching and Teacher Education, 96, 103186. https://doi.org/10.1016/j.tate.2020.103186. DOI: https://doi.org/10.1016/j.tate.2020.103186
Ari, N. L. P. M., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 189–197. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19389.
Arief Kresna dan Juni Ahyar. (2020). Pengaruh Physical Distancing dan Social DistancingTerhadap Kesehatan Dalam Pendekatan Linguistik. Jurnal Syntax Transformation, 1(4), 14–18. http://jurnal.globalhealthsciencegroup.com/index.php/JPPP/article/download/83/65%0Ahttp://www.embase.com/search/results?subaction=viewrecord&from=export&id=L603546864%5Cnhttp://dx.doi.org/10.1155/2015/420723%0Ahttp://link.springer.com/10.1007/978-3-319-76. DOI: https://doi.org/10.1155/2015/420723
Aryandani, N. M. S., Mahadewi, L. P. P., & Wibawa, I. M. C. (2021). Minat Baca dan Peran Orang Tua di Masa Pandemi COVID-19 Terhadap Keterampilan Membaca Bahasa Indonesia. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 459–467. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.37086. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.37086
Awe, E. Y., & Benge, K. (2017). Hubungan Antara Minat Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Sd. Journal of Education Technology, 1(4), 231. https://doi.org/10.23887/jet.v1i4.12859. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v1i4.12859
Bray, K. O., Pozzi, E., Vijayakumar, N., Richmond, S., Seal, M., Pantelis, C., Anderson, V., & Whittle, S. (2022). Empathy and Resting-State Functional Connectivity in Children. Neuroimage: Reports, 2(4), 100142. https://doi.org/10.1016/j.ynirp.2022.100142. DOI: https://doi.org/10.1016/j.ynirp.2022.100142
Dewi, K. M. S., Suwatra, I. W., & Suarjana, M. (2018). Kontribusi Disiplin Belajar dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 152. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15397. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15397
Fikri, A., Darmayasa, I. P., & Satyawan, I. M. (2023). Meningkatkan Kemampuan Hasil Belajar PJOK Materi Sepak Bola dengan Menerapkan Model Pembelajaraan Kooperatif TGT (Teams Games Tournament) Berbasis ICT. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 10(3), 207–214. https://doi.org/10.23887/jiku.v10i3.53241. DOI: https://doi.org/10.23887/jiku.v10i3.53241
Hajeni, H., Marhani, M., & Febrianti, L. (2022). Optimalisasi Peran Guru dan Orang Tua dalam Pembelajaran Online pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi, 6(4), 3242 – 3252. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2327. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2327
Hakim, M. F. Al, & Azis, A. (2021). Peran Guru dan Orang Tua: Tantangan dan Solusi dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemic COVID-19. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 4(1). https://doi.org/10.24815/jr.v4i1.19677. DOI: https://doi.org/10.24815/jr.v4i1.19677
Harahap, S. A., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1825–1836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013
Hendra Anggryawan, I. (2020). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 7(3), 71–75. https://doi.org/10.26740/jupe.v7n3.p71-75. DOI: https://doi.org/10.26740/jupe.v7n3.p71-75
Hiller, R. M., Apetroaia, A., Clarke, K., Hughes, Z., Orchard, F., Parkinson, M., & Creswell, C. (2016). The Effect of Targeting Tolerance of Children’s Negative Emotions Among Anxious Parents of Children with Anxiety Disorders: A Pilot Randomised Controlled Trial. Journal of Anxiety Disorders, 42, 52–59. https://doi.org/10.1016/j.janxdis.2016.05.009. DOI: https://doi.org/10.1016/j.janxdis.2016.05.009
Hu, D., Zhou, S., Crowley-Mchattan, Z. J., & Liu, Z. (2021). Factors that influence participation in physical activity in school-aged children and adolescents: A systematic review from the social ecological model perspective. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(6), 1–20. https://doi.org/10.3390/ijerph18063147. DOI: https://doi.org/10.3390/ijerph18063147
Indrianti, R., Djaja, S., & Suyadi, B. (2018). Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 69. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6449. DOI: https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6449
Ismaniar, I., & Landa, K. S. (2023). Hubungan Lingkungan Sosial Masyarakat dengan Perilaku Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1664–1675. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3825. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3825
Kesuma, I. N. A. A., Yoda, I. K., & Hidayat, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar PJOK pada Siswa SMP. Jurnal Penjakora, 8(1), 62–70. https://doi.org/10.23887/penjakora.v8i1.31091. DOI: https://doi.org/10.23887/penjakora.v8i1.31091
Koskulu-Sancar, S., Van de Weijer-Bergsma, E., Mulder, H., & Blom, E. (2023). Examining the Role of Parents and Teachers in Executive Function Development in Early and Middle Childhood: A Systematic Review. Developmental Review, 67, 101063. https://doi.org/10.1016/j.dr.2022.101063. DOI: https://doi.org/10.1016/j.dr.2022.101063
Lestari, P. A. (2018). Korelasi Antara Motivasi Belajar Dan Sikap Tanggung Jawab Dengan Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 176. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15400. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15400
Mardliyah, S. (2020). Sekolah Keluarga: Menciptakan Lingkungan Sosial untuk Membangun Empati dan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 576. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.665.
Mardliyah, S., Yulianingsih, W., & Putri, L. S. R. (2020). Sekolah Keluarga: Menciptakan Lingkungan Sosial untuk Membangun Empati dan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 576. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.665. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.665
Moè, A., Katz, I., & Alesi, M. (2018). Scaffolding for motivation by parents, and child homework motivations and emotions: Effects of a training programme. British Journal of Educational Psychology, 88(2), 323–344. https://doi.org/10.1111/bjep.12216. DOI: https://doi.org/10.1111/bjep.12216
Mwebu, G., Sakalama, G., & Kwangda, K. (2020). The Influence of Family Socio-Economic, Learning Motivation and Learning Independency on Student Learning Outcomes. Journal Educational Verkenning, 1(2), 26–30. https://doi.org/10.48173/jev.v1i2.56. DOI: https://doi.org/10.48173/jev.v1i2.56
Nengsih, M. S., & Dafit, F. (2022). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(3), 476–482. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i3.50551. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i3.50551
Pada, A. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(2), 375–386. https://doi.org/10.26858/jkp.v5i2.20912. DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v5i2.20912
Pertiwi, K. S. (2020). Hasil Kemampuan Empati Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Menggunakan Media E-Bigbook. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 156–166. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27335. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27335
Pucangan, K. dkk. (2017). Hubungan Antara Konsep Diri Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD di Desa Selat. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11007.
R.L, M. A. (2021). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Anak Selama Pembelajaran Daring di Rumah. TARBAWI, 9(2), 129–140. https://doi.org/10.36781/tarbawi.v9i2.3201. DOI: https://doi.org/10.36781/tarbawi.v9i2.3201
Rahiem, M. D. H. (2021). Remaining motivated despite the limitations: University students’ learning propensity during the COVID-19 pandemic. Children and Youth Services Review, 120, 105802. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105802. DOI: https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105802
Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E., & Muna, M. K. (2019). Pemahaman Guru PJOK Tentang Standar Kompetensi Profesional. Journal Of Sport Education (JOPE), 2(1), 10. https://doi.org/10.31258/jope.2.1.10-15. DOI: https://doi.org/10.31258/jope.2.1.10-15
Rasmitadila, Aliyyah, R. R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Syaodih, E., Nurtanto, M., & Tambunan, A. R. S. (2020). The perceptions of primary school teachers of online learning during the covid-19 pandemic period: A case study in Indonesia. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7(2), 90–109. https://doi.org/10.29333/ejecs/388. DOI: https://doi.org/10.29333/ejecs/388
Rizqi, A. T., & Sumantri, M. (2019). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Ipa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 145–154. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i2.18071.
Salsabila, R., & Dafit, F. (2022). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 111. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.43618. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.43618
Saputri, A., Fadhilaturrahmi, & Fauziddin, M. (2022). Peran Dukungan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(3), 455–462. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i3.51036. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i3.51036
Schunk, D. H., & DiBenedetto, M. K. (2020). Motivation and social cognitive theory. Contemporary Educational Psychology, 60. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2019.101832. DOI: https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2019.101832
See, S., & Novianti, C. (2020). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurna Basicedu, 4(4), 1212 – 1218. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.522. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.522
Stellmacher, A., Ohlemann, S., Pfetsch, J., & Ittel, A. (2020). Pre-service teacher career choice motivation: A comparison of vocational education and training teachers and comprehensive school teachers in Germany. International Journal for Research in Vocational Education and Training, 7(2), 214–236. https://doi.org/10.13152/IJRVET.7.2.5. DOI: https://doi.org/10.13152/IJRVET.7.2.5
Su, L., & Swanson, S. R. (2017). The effect of destination social responsibility on tourist environmentally responsible behavior: Compared analysis of first-time and repeat tourists. Tourism Management, 60, 308–321. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2016.12.011. DOI: https://doi.org/10.1016/j.tourman.2016.12.011
Sugiartini, N. K., Pudjawan, K., & Renda, N. T. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Rasa Percaya Diri Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V. Mimbar PGSD, 5(2), 171. https://doi.org/10.23887/ika.v17i2.19853. DOI: https://doi.org/10.23887/ika.v17i2.19853
Sulfemi, W. B. (2018). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPS di SMP Kabupaten Bogor. Edutecno : Jurnal Pendidikan Dan Administrasi Pendidikan, 18(1), 1–12. DOI: https://doi.org/10.31227/osf.io/u8nvd
Taurina Rizqi, A., & Sumantri, M. (2019). Hubungan antara Motivasi Belajar dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 145–154. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i2.18071. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17916
Trisnawati, W., & Sugito, S. (2020). Pendidikan Anak dalam Keluarga Era Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 823–831. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.710. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.710
Vadia, P., Riandini, A., Sudatha, I. G. W., & Parmiti, D. P. (2020). Korelasi antara Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar PPKn. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 468–478. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.26072.
Verawati, N. K. R., Tegeh, M., & Antara, P. A. (2020). Hubungan antara Minat Baca dan Motivasi Berprestasi dengan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa. Mimbar PGSD Undiskha, 8(3), 351–363. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.25518.
Wirayasa, I. D. G. P., Darmayasa, I. P., & Satyawan, I. M. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Ranah Kognitif Model 4D Pada Materi Sepak Bola Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 8(3), 81. https://doi.org/10.23887/jjp.v8i3.33760. DOI: https://doi.org/10.23887/jjp.v8i3.33760
Wulandari, A. P., & Renda, N. T. (2020). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dengan Motivasi Belajar Matematika Siswa. Mimbar Ilmu, 25(2), 90. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26068. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26068
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 I Putu Nanda Narayana Subrata I Putu Nanda Narayana Subrata
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)