Motivasi Atlet Mengikuti Latihan di UPT Pendidikan dan Pelatihan Olahraga Pelajar dan Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jiku.v11i1.57421Kata Kunci:
Motivasi, Latihan, AtletAbstrak
Latihan merupakan salah satu tahapan yang harus dilalui oleh seorang atlet untuk mencapai prestasi yang setinggi-tingginya. Jika atlet tidak berlatih, mereka tidak akan mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk mencapai suatu tujuan berprestasi. Motivasi merupakan hal yang sangat penting dimiliki oleh seorang atlet ketika melaksanakn latihan dikarenakan dapat mendorong atlet ketika melaksanakan latihan.Tujuan dari peneltian ini adalah untuk mnganalisis tingkat motivasi atlet mengikuti latihan di UPT Pendidikan dan Pelatihan Olahraga Pelajar dan Mahasiswa (PPOPM). Penelitian ini menggunakan metode survei dan bersifat deskriptif kuantitatif. Peneltian ini menggunakan data primer dengan membagikan kuesioner kepada 124 atlet yang mengikuti latihan di PPOPM sebagai sempel. Data yang diperoleh lalu dianalisis menggunakan software Statistical Product and Service Solutuon (SPSS) Versi 26. Hasil dari penelitian tentang motivasi atlet mengikuti latihan di PPOPM yang masuk kedalam kategori sangat tinggi sebesar 49%, kategori tinggi sebesar 32%, Kategori rendah sebesar 15%, dan kategori sangat rendah sebesar 4 %. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa motivasi atlet mengikuti latihan di PPOPM sebagian besar adalah sangat tinggi. Implikasi penelitian ini diharapkan dengan motivasi atlet yang tinggi dapat mengikuti latihan dengan baik.
Referensi
Aguss, R. M., & Fahrizqi, E. B. (2020). Analisis Tingkat Kepercayaan Diri Saat Bertanding Atlet Pencak Silat Perguruan Satria Sejati. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 19(2), 164. https://doi.org/10.20527/multilateral.v19i2.9117. DOI: https://doi.org/10.20527/multilateral.v19i2.9117
Agustina, M., Azizah, E. N., & Koesmadi, D. P. (2021a). Pengaruh Pemberian Reward Animasi terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini selama Pembelajaran Daring. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 353 – 361. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1331.
Agustina, M., Azizah, E. N., & Koesmadi, D. P. (2021b). Pengaruh Pemberian Reward Animasi terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini selama Pembelajaran Daring. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 353–361. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1331. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1331
Aulia, A., & Asfar, A. (2021). Peran Sarana Prasarana Terhadap Motivasi dan Prestasi Atlet (Studi Pada Dinas Kepemudaan Dan Olahraga Provinsi Riau). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Terapan, 3(2), 141–150. https://doi.org/10.31849/jmbt.v3i2.9040.
Blegur, J., & Mae, R. M. (2018). Motivasi berolahraga atlet atletik dan tinju. Jurnal Keolahragaan, 6(1), 29–37. https://doi.org/10.21831/jk.v6i1.16150. DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v6i1.16150
Indrayana, B., & Sadikin, A. (2020). Penerapan E-Learning Di Era Revolusi Industri 4.0 Untuk Menekan Penyebaran Covid-19. Indonesian Journal of Sport Science and Coaching, 2(1), 46–55. https://doi.org/10.22437/ijssc.v2i1.9847. DOI: https://doi.org/10.22437/ijssc.v2i1.9847
Jannah, M., Permadani, F. D., & Widohardhono, R. (2022). Motivasi Berprestasi Olahraga Pada Atlet Pelajar Ketika Pandemi Covid-19 Di Jawa Timur. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 13(1), 60–65. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v13i1.8082. DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v13i1.8082
Lesmana, H. (2020). Pengaruh Pengembangan Dan Motivasi Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Di Pt. Bekasi Surya Pratama. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 2(2), 251–275. https://doi.org/10.47467/reslaj.v2i2.148. DOI: https://doi.org/10.47467/reslaj.v2i2.148
Purbiyanto, R., & Russtiana, A. (2018). Pengaruh disiplin belajar, lingkungan keluarga, dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 341–361. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/22885.
Putri Ningrat, S., Tegeh, I. M., & Sumantri, M. (2018). Kontribusi Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 257–265. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16140. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16140
Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2016). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan pada SMP Negeri Se-Kabupaten Mukomuko melalui Pendekatan Model Context , Input , Process & Product (CIPP). Jurnal Pendidikan Kesehatan, 5(2), 146–165.
Setiawati, E., & Hadiana, O. (2016). Pengaruh Latihan Leg Press Terhadap Peninngkatan Power Otot Tungkai Pada Atlet Pencak Silat. JUARA : Jurnal Olahraga, 1(1), 39 – 45. https://doi.org/10.33222/juara.v1i1.53. DOI: https://doi.org/10.33222/juara.v1i1.53
Sutoro, Guntoro, T. S., & Putra, M. F. P. (2020). Mental atlet Papua: Bagaimana karakteristik psikologis atlet atletik? Jurnal Keolahragaan, 8(1), 63–76. https://doi.org/10.21831/jk.v8i1.30312. DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v8i1.30312
Syaukani, A. A., Subekti, N., & Fatoni, M. (2020a). Analisis tingkat motivasi belajar dan berlatih pada atlet-pelajar PPLOP Jawa Tengah tahun 2020. Jurnal Keolahragaan, 8(2), 117–125. https://doi.org/10.21831/jk.v8i2.32553.
Syaukani, A. A., Subekti, N., & Fatoni, M. (2020b). Analisis tingkat motivasi belajar dan berlatih pada atlet-pelajar PPLOP Jawa Tengah tahun 2020. Jurnal Keolahragaan, 8(2), 117–125. https://doi.org/10.21831/jk.v8i2.32553. DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v8i2.32553
Tampubolon, R. A., Sumarni, W., & Utomo, U. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3125–3133. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1291. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1291
Wulandari, A. P., & Renda, N. T. (2020). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dengan Motivasi Belajar Matematika Siswa. Mimbar Ilmu, 25(2), 90. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26068. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26068
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Muhammad Farhan Nur Wahid, I Ketut Yoda, I Nyoman Sudarmada
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)