Evaluasi Program Pembinaan Atlet Tim Putri Cabang Olahraga Rugby Provinsi Bali Pada PON XX Papua
DOI:
https://doi.org/10.23887/jiku.v11i3.66023Kata Kunci:
Evaluasi Program, Prestasi Olahraga Daerah, Model CIPP, RugbyAbstrak
Prestasi olahraga saat ini telah menjadi sorotan sebagai bagian dari pembentukan image nasional maupun daerah. Prestasi olahraga daerah dapat terwujud dimulai dari model pembinaan yang disusun sedemikian rupa dan ini melibatkan pemerintah daerah terkait (KONI daerah) bersama dengan para atlet yang diperlengkapi menuju kompetisi. Program pembinaan tim putri rugby Bali menuju PON 2021 sudah cukup baik ditinjau menggunakan model evaluasi CIPP. Hal ini dilihat dari product berupa prestasi yang dihasilkan yaitu peringkat ketiga (medali perunggu) pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tahun 2021. Bali sebagai salah satu daerah yang mengirimkan timnya sejak rugby pertama kali dipertandingkan pada PON 2016 (tahap eksibisi) telah menujukkan keseriusannya dalam cabang olahraga rugby. Prestasi ini diraih di tengah realita bahwa pada PON 2016 Bali tidak memiliki pengalaman prestasi ditambah dengan berbagai kendala yang ada seperti pandemi yang mempengaruhi persiapan secara signifikan, serta adanya temuan bahwa rata-rata status gizi atlet tim rugby putri Bali dalam persiapan menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021 termasuk kategori obesitas I. Hasil observasi penelitian juga menemukan adanya hal khusus yang butuh perhatian lebih dan berkelanjutan yakni kualitas sarana dan prasarana.
Referensi
Abdul Alim. (2020). Studi manajemen pelatih dan atlet pada pembinaan prestasi cabang olahraga tenis lapangan. JORPRES: Jurnal Olahraga Prestasi, 16(1). https://doi.org/10.21831/jorpres.v16i1.29989.
Anwar, F., & Julia, P. (2021). Analisis Strategi Pembinaan Kesehatan Mental Oleh Guru Pengasuh Sekolah Berasrama Di Aceh Besar Pada Masa Pandemi. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 7(1), 64–83. https://doi.org/10.22373/je.v6i2.10905.
Budi, B., & Lismadiana, L. (2020). Evaluasi Program Pembinaan Atletik di Pengcab PASI Kabupaten Kuningan. JUARA : Jurnal Olahraga, 5(2), 209 – 221. https://doi.org/10.33222/juara.v5i2.1029.
Guntoro, T. S., Muhammad, J., & Qomarrullah, R. (2020). Faktor kemampuan fisik dan psikologis penunjang keterampilan atlet elit sepakbola Propinsi Papua. Jurnal SPORTIF, 6(2), 390 – 406. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v6i2.13768.
Jalal, N. M., Amaliah, R., Wardhani, R. C. A., Rifqah, R., & Fadhel Muhammad, M. F. A. (2022). Pengaruh Strategi Ketangguhan Mental Terhadap Motivasi Berprestasi Atlet. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), 809 – 814. https://doi.org/10.37905/aksara.8.2.809-814.2022.
Lestari, L. K. G. A. D., Parwata, I. G. L. A., Sucita, N. P. D., & Dartini. (2020). Keterserdiaan Sarana Dan Prasarana Penunjang Pembelajaran Pjok Tingkat Smp Se-Kecamatan Pupuan. Jurnal Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan, 8(3), 124–132.
Mulya, G., & Lengkana, A. S. (2020). Pengaruh Kepercayaan Diri, Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani. COMPETITOR: Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga, 12(2), 83. https://doi.org/10.26858/cjpko.v12i2.13781.
Muslimin, M., & Hidayat, A. (2017). Evaluasi Program Pembinaan Tim Sepakbola Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya Sumatera Selatan Tahun 2016. Journal Sport Area, 2(2). https://doi.org/10.25299/sportarea.2017.vol2(2).776.
Mutmainah, S., Juanidi, S., Indardi, N., Permana, D. F. W., Mukarromah, S. B., & Hidayah, T. (2023). Pembinaan Prestasi Atlet Taekwondo Kabupaten Semarang. Sriwijaya Journal Of Sport, 2(3), 135 – 153. https://doi.org/10.55379/sjs.v2i3.731.
Nur Afifah Sudibyo, R. A. N. (2020). Survei Sarana Dan Prasarana Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Sekolah Menengah Pertama Di Kabupaten Pringsewu Tahun 2019. Journal of Physical Education (JouPE), 1(1), 18–24.
Nurdiansyah, D. (2018). Pengaruh Permainan Tradisional Hadang Terhadap Agility. JUARA : Jurnal Olahraga, 3(2). https://doi.org/10.33222/juara.v3i2.238.
Pasaribu, A. M. N. (2022). Pelatihan Kondisi Fisik Atlet PJSI DKI Jakarta Menuju PON Tahun 2021. Dharma Raflesia Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 20(1), 115 – 122. https://doi.org/10.33369/dr.v20i1.20761.
Prasetyo, D. E., Damrah, D., & Marjohan. (2018). Evaluasi Kebijakan Pemerintah Daerah dalam Pembinaan Prestasi Olahraga. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Jasmani, 1(2). https://doi.org/10.31539/jpjo.v1i2.132.
Rahmawati, D., Wiyanto, A., & Setyawan, D. A. (2020). Manajemen National Paralympic Committee (NPC) dalam pembinaan prestasi atlet penyandang disabilitas. Edu Sportivo Indonesian Journal of Physical Education, 1(2). https://doi.org/10.25299/es:ijope.2020.vol1(2).5661.
Riyoko, E. (2019). Motivasi Siswa Sekolah Menengan Pertama Dalam Pembelajaran Atletik. Jambura Journal of Sports Coaching, 1(2), 91–95. https://doi.org/10.37311/jjsc.v2i1.2463.
Saputri, M. I., & Sugiarto, S. (2021). Analisis Standarisasi Sarana dan Prasarana Terhadap Pembinaan Prestasi Atlet Bulutangkis PB. Champion Kabupaten Pemalang. Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(2). https://doi.org/10.31602/rjpo.v4i2.5532.
Sari, H. P., Handayani, O. W. K., & Hidayah, T. (2017). Evaluasi Program Pembinaan Atlet Pekan Olahraga Nasional Cabang Olahraga Bulu Tangkis Provinsi Sumatera Selatan. Journal of Physical Education and Sports, 6(3). https://doi.org/10.15294/jpes.v6i3.15076.
Sarwita, T., Is, Z., & Sani, F. M. (2020). Sosialisasi Permainan Rugby melalui Get Into Rugby di Sekolah Dasar. AJPkM: Almufi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 13–19. Retrieved from http://www.almufi.com/index.php/AJPKM/article/view/141.
Simanihuruk, Enjelina, S., Wijaya, M. A., & Spyanawati, L. P. (2022). Tingkat Kedisiplinan Atlet Rugby dan Cricket Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Jurnal Penjakora, 9(1). https://doi.org/10.23887/penjakora.v9i1.46509.
Sinulingga, A., Simatupang, N., & Mentari, S. P. (2020). Dampak agen sosial terhadap prestasi atlet pusat pendidikan dan latihan pelajar. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 6(3), 794–806. https://doi.org/10.29407/js_unpgri. v6i3.1 5277.
Susanto, F. Z. R., & Sistiasih, V. S. (2023). Survei Minat terhadap Cabang Olahraga Rugby di SMA Negeri 2 Sukoharjo. TSAQOFAH: Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 3(6), 1132–1144. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v3i6.1761.
Suwandaru, C., & Hidayat, T. (2021). Hubungan Aktivitas Fisik Dengan Prestasi Belajar Siswa Smk Negeri 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 9(1), 113–119. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani.
Urahman, T., Ismawan, H., & Rifai, M. (2022). Survei kondisi fisik atlet putra rugby Kalimantan timur pada masa pandemi covid-19. Borneo Physical Education Journal, 3(1). https://doi.org/10.30872/bpej.v3i1.953.
Wibowo, A. T., Sari, A. S., & Purilawa, A. F. (2020). Pelatihan Kebugaran Jasmani Latihan Work From Home Tim PON Rugby DIY pada masa Covid-19. Jurnal Bina Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.55081/jbpkm.v1i1.168.
Wibowo, K., Hidayatullah, M. F., & Kiyatno, K. (2017). Evaluasi Pembinaan Prestasi Olahraga Bola Basket di Kabupaten Magetan. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 7(1). https://doi.org/10.15294/miki.v7i1.9520.
Zufri, M., & Tyoso, J. S. P. (2017). Peningkatan Kualitas Atlet Pada KONI Kota Semarang dikaji dengan Analisis Value For Money (Studi Kasus Pada Program Pembinaan Atlet). Jurnal Ilmiah Sieat Acitya, 6(1). https://doi.org/10.56444/sa.v6i1.553.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Neni Inta Prima Surbakti
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)