Pengaruh Pelatihan Olahraga Tradisional Megoak - Goakan terhadap Kebugaran Jasmani dan Motivasi Belajar Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar

Penulis

  • Made Soma Jaya Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Ketut Sudiana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Gede Doddy Tisna Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiku.v11i3.66977

Kata Kunci:

Pelatihan Megoak-goakan, Kebugaran Jasmani, Motivasi Belajar

Abstrak

Penggunaan strategi pembelajaran yang monoton berpengaruh terhadap motivasi sisw dalam belajar PJOK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan olahraga tradisional megoak- goakan terhadap kebugaran jasmani dan motivasi belajar pada siswa kelas tinggi IV, V dan VI. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas tinggi IV , V, dan VI dengan jumlah 72 orang. Sampul dalam penelitian ini kelas V dan VI, yang setiap kelasnya di ambil 20 orang, totalnya 2 kelas 40 orang. Tehnik pengambilan data menggunakan tes TKJI untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani, dan angket kuisioner untuk mengetahui motivasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t dengan taraf signifikansi 0,05 dengan bantuan SPSS 24.0 for Windows. Hasil penelitian ini terdapat pengaruh latihan megoak-goakan terhadap kebugaran jasmani dengan hasil 0,017, dan motivasi belajar dengan hasil 0,000. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada pelatihan megoak-goakan terhadap kebugaran jasamani dan motivasi belajar pada siswa kelas tinggi IV, V, dan VI. Disarankan pada guru olahraga agar menggunakan pelatihan tradisional megoak-goakan sebagai referensi untuk meningkatkan kebugaran jasmani dan motivasi belajar siswa.

Referensi

Agus, D. M., & Luh, P. S. N. (2023). The Effect of 6-week Traditional Balinese Game of Megoak-goakan on the Running Speed of Junior Pencak Silat Athletes. The Central European Journal Of Social Science and Humanities, 23(3), 98–105. https://doi.org/10.14589/ido.23.3.10.

Aidi, Z., Yulifri, Y., & Edwarsyah, E. (2019). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Dalam Menerapkan Permainan Kecil Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Sport Science, 19(1). https://doi.org/10.24036/jss.v19i1.22.

Aldiansyah, R., & Asriansyah. (2020). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Peningkatan Kebugaran Jasmani Siswa Kelas Vii Smp Negeri 51 Palembang. Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 3(1). https://doi.org/10.31851/hon.v3i1.3738.

Andriyani, A. C., Ulya, H., & Kuryanto, M. S. (2023). Pengaruh Model Role Playing dengan Permainan Tradisional Pasaran terhadap Kemampuan Numerik Siswa. MANAZHIM: JUrnal Manajeman Dan Ilmu Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.36088/manazhim.v5i1.2938.

Azka, F. L., Siswanto, J., & Purnamasari, V. (2020). Peran Permainan Tradisional Megoak Goakan Buleleng dalam Pembelajaran untuk Melatih Jiwa Kepemimpinan Peserta Didik Kelas IV di Sd Negeri Karangsono 03 Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. Dwijaloka Jurnal Pendidikan Dasar Dan Menengah, 1(3). https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i3.693.

Badru, B. B. (2020). Membangun Sikap Disiplin dan Kemampuan Konsentrasi Anak Melalui Permainan Tradisional Beklen (Bola Bekel). URNAL SIPATOKKONG BPSDM SULSEL, 1(2), 197–201.

Dewi, N. P. C. P. (2020). Tradisi Megoak-Goakan Sebagai Media Penguat Karakter Berbasis Kearifan Lokal Di Era Industri 4.0. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(2–3), 30–37. Retrieved from https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/ganaya/article/view/383.

Hakim, N., Ulpi, W., & Hasyim, F. A. (2022). Meningkatkan Kebugaran Jasmani Anak pada Masa Pandemi melalui Kegiatan Senam Berbasis Windows Movie Maker. Jurnal Obsesi, 6(4). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1954.

Hanafi, M., Hakim, A., & Bulqini, A. (2020). Pengaruh Model Permainan Target Terhadap Akurasi Mengumpan Dalam Permainan Sepak Takraw. JSES : Journal of Sport and Exercise Science, 3(1), 23. https://doi.org/10.26740/jses.v3n1.p23-29.

Huwaida, Z., Anggraini, F. T., & Firdawati. (2021). Hubungan Aktivitas Fisik dengan Kebugaran Jasmani Siswa SDN 13 Sungai Pisang. JIKESI: Jurnal ILmu Kesehatan Indonesia, 2(4). https://doi.org/10.25077/jikesi.v2i4.361.

Juniawati, L., Armini, K. I., Priani, I. G. . A. P., Wahyudi, I., Ardani, N. W. S., & Erawati, N. K. I. (2019). Eksistensi Budaya Megoak-Goakan Dalam Mempengaruhi Akuntansi Khususnya Pengelolaan Dana Di Desa Panji. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Humanika, 9(1). https://doi.org/10.23887/jinah.v9i1.19942.

Kurniawan, A. W., Surya, K. K. H., & Kurniawan, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Aktivitas Kebugaran Jasmani Unsur Kelentukan Berbasis Multimedia Interaktif di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Patriot, 4(1). https://doi.org/10.24036/patriot.v4i1.831.

Lubis, A. E., Fahmi, M., Mawardinur, M., Azandi, F., & Nugroho, A. (2021). Sosialisasi Permainan Tradisional Untuk Siswa SD di SDN 104202 Bandar Setia. Jubaedah : Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 1(2 SE-), 165–171. https://doi.org/10.46306/jub.v1i2.32.

Ngurah, A. I. K. (2017). Tradisi Megoak-Goakan Di Kabupaten Buleleng Dan Relevansinya Terhadap Pariwisata Budaya Di Bali (Kajian Etnopedagogi). Maha Widya Duta, 1(1). https://doi.org/10.55115/duta.v1i1.669.

Nur, M., & Widiyatmoko, F. A. (2019). Implementasi Permainan Tradisional Untuk Meningkatkan Keaktifan Gerak Siswa. Jendela Olahraga, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.26877/jo.v4i1.3028.

Permana, D. F. W., & Irawan, F. A. (2019). Persepsi Mahasiswa Ilmu Keolahragaan terhadap Permainan Tradisional dalam Menjaga Warisan Budaya Indonesia. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 9(2), 50–53. https://doi.org/10.15294/miki.v9i2.23645.

Pratiwi, J. W., & Pujiastuti, H. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2). https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i2.11405.

Priyantini, G. A. P. N., Sudiatmaka, K., & Adnyani, N. K. S. (2022). Perlindungan Hukum Terhadap Tradisi Megoak-Goakan Sebagai Wujud Pelestarian Identitas Budaya Ditinjau Dari Perspektif Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta Dan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 Tentang Pemajuan Kebudayaan (Studi Kasus Tradisi. Jurnal Komunitas Yustisia, 5(2). https://doi.org/10.23887/jatayu.v5i2.51689.

Putra, E. P. (2019). Hubungan Kebugaran Jasmani Terhadap Tingkat Konsentrasi Peserta Didik (Studi Pada Peserta Didik Smp Negeri 1 Gondang Mojokerto). JPOK : Jurnal Pendidikan Jasmani, 7(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/31375.

Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2020). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan pada SMP Negeri Se-Kabupaten Mukomuko melalui Pendekatan Model Context , Input , Process & Product ( CIPP ). Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 146–165. https://doi.org/10.5281/zenodo.3881891.

Rut, N., Gaol, R. L., Abi, A. R., & Silaban, P. J. (2020). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Keterampilan Sosial Anak Kelas IV Sd 091526. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 449–455. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.56 8.

Salam, A. F. B., Yunus, M., & Kinanti, R. G. (2019). Pengaruh Permainan Tradisional (Egrang Bambu) terhadap Peningkatan Keseimbangan pada Anak Kelas 5 SD. Jurnal Sport Science and Health, 1(3).

Setiani, R. E. (2019). Pemanfaatan Permainan Tradisional Dalam Penanaman Nilai-Nilai Kebangsaan Di Tk Negeri Pembina 2 Purwokerto. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32678/as-sibyan.v4i1.1963.

Sinaga, R., Nasriah, & Hidayati, I. (2020). Pengaruh Permainan Tradisional Kelereng Terhadap Perkembangan Sosial Anak Kelompok B di TK Puteri Sion Medan. Jurnal Usia Dini, 6(1), 10–19.

Sustiawati, N. L., Cerita, I. N., & Suryatini, N. K. (2021). Eksistensi Tari Tradisional Megoak-Goakan sebagai Etnisitas Budaya di Kabupaten Buleleng. Panggung: Jurnal Seni Budaya, 31(4). https://doi.org/10.26742/panggung.v31i4.1854.

Suwardi, I., & Farnisa, R. (2018). Hubungan Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 181–202. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6758.

Triwardhani, I. J., Trigartanti, W., Rachmawati, I., & Putra, R. P. (2020). Strategi Guru dalam membangun komunikasi dengan Orang Tua Siswa di Sekolah. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1), 99. https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.23620.

Utama, M. B. R., Pangkahila, A., Adiputra, I., Tianing, N., Weta, I., & Adiputra, L. S. H. (2019). Pelatihan Pliometrik Jump to Box Lebih Meningkatkan Daya Ledak Otot Tungkai Dari Pada Pealtihan Pliometrik Barrier Hops Pada Permainan Bola Basket. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 5(2), 34–41.

Yusria, & Musyaddad, K. (2019). Permainan Tradisional Sebagai Model Permainan Edukatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini. AL ATHFAAL: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Uisa Dini, 2(1), 14–24. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i1.3995.

Zubaidah, Syafarudin, Victorian, A. R., Solahuddin, S., & Soleh Solahuddin. (2021). Profil Kebugaran Jasmani Atlet Pencak Silat Binaan Bank Sumsel Babel Palembang. Jurnal Patriot, 3(2). https://doi.org/10.24036/patriot.v3i2.783.

Diterbitkan

2023-12-31

Cara Mengutip

Jaya, M. S. ., Sudiana, I. K., & Tisna, G. D. (2023). Pengaruh Pelatihan Olahraga Tradisional Megoak - Goakan terhadap Kebugaran Jasmani dan Motivasi Belajar Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 11(3), 297–303. https://doi.org/10.23887/jiku.v11i3.66977

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>