Model pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Bolavoli

Penulis

  • I Kadek Dipa Pratama Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Wahjoedi Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Syarif Hidayat Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiku.v12i1.68913

Kata Kunci:

NHT, Minat Belajar, Hasil Belajar, Bolavoli

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yaitu peserta didik tidak memiliki keaktifan dalam mengikuti proses pembelajaran dan cenderung lebih menyukai pembelajaran yang bersifat berkelompok dalam memecahkan suatu permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar bolavoli. Penelitian ini termasuk quasi experimental dengan desain treatment by level 2×2. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas X SMA sampelnya ditarik dengan teknik simple random sampling. Data hasil belajar dikumpulkan dengan tes objektif dan tes observasi, sedangkan data minat belajar dikumpulkan menggunakan angket. Data dianalisis dengan Two Ways Anova menggunakan program SPSS IBM 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar bolavoli. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran NHT lebih baik dari pada yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Adanya interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar. Pada kelompok minat belajar tinggi, hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran NHT lebih baik daripada yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Pada kelompok minat belajar rendah, hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional lebih baik daripada yang menggunakan model pembelajaran konvensional.

Referensi

Agnes Pendy, Hilaria Melania Mbagho. 2021. “Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada Materi Pokok Relasi dan Fungsi Agnes.” Jurnal basicedu 5(6): 6349_6356. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.542.

Agustiawan, Edwin, Mulyadi Mulyadi, dan Endie Riyoko. 2021. “Survei Kepercayaan Diri Dalam Melakukan Smash Permainan Bola Voli Pada Siswa SMA Negeri 18 Palembang.” Jolma 1(2): 97. https://doi.org/10.31851/jolma.v1i2.5518.

Anggraini, Indah Ayu, Wahyuni Desti Utami, dan Salsa Bila Rahma. 2020. “Analisis Minat dan Bakat Peserta didik terhadap Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 7(1): 23–28. http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v7i1.5585.

Ashriah, Sitti et al. 2020. “Melalui Model Pembelajaran Pjbl Dan Model Konvensional.”

Asnaldi, Arie. 2020. “Meningkatkan keterampilan passing atas bola voli melalui media pembelajaran menggunakan alat bantu.” Jpoe 2(1): 207–20. https://doi.org/10.37742/jpoe.v2i1.21.

Dadri. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus III Mengwi.” PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia 3(2): 84–93. https://doi.org/10.23887/jpdi.v3i2.2870.

Dzulfikar, Dkk. 2021. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Materi Bola Voli dalam Mata Pelajaran Penjasorkes.” Alamat korespondensi: Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan & rekreasi FKIP Unwahas 2(2): 63–72. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpes/article/view/4811.

Effendi, Rahmat, Evi Susianti, dan Rizki Aminudin. 2020. “Minat Siswa Terhadap Pembelajaran Bola Voli Kelas 8 Pada SMPN 7 Karawang Barat.” Jurnal Literasi Olahraga 1(1): 8–18. https://doi.org/10.35706/jlo.v1i1.3944.

Fahrudin, Fahrudin, Ansari Ansari, dan Ahmad Shofiyuddin Ichsan. 2021. “Pembelajaran Konvensional dan Kritis Kreatif dalam Perspektif Pendidikan Islam.” Hikmah 18(1): 64–80. https://doi.org/10.53802/hikmah.v18i1.101.

Fauzi, M SSapulete, J J. 2021. “Pengembangan Model Permainan Bola Voli ‘Voli Target (Vorget)’ Dalam Pembelajaran Penjasorkes Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Kuaro.” Borneo Physical Education … 2: 38–50. https://doi.org/10.30872/bpej.v2i2.699.

Gani, Jajang Abdul, Rolly Afrinaldi, Aria Kusuma Yuda, dan Deden Akbar Izzuddin. 2022. “Pengaruh Modifikasi Bola Plastik Terhadap Pembelajaran Passing Bawah Bola Voli Pada Siswa Smk Rismatek.” Jurnal Olahraga Kebugaran dan Rehabilitasi (JOKER) 2(1): 69–74. https://doi.org/10.35706/joker.v2i1.6553.

Gunu, Bayo, L, dan Mahmud. 2020. “Lembar Kerja Siswa (LKS) Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Hasil Belajar Siswa.” MEGA: Jurnal Pendidikan 1(2): 110–19. https://doi.org/10.59098/mega.v1i2.260.

Irfandi, Irfandi, dan Zikrur Rahmat. 2022. “Motivasi Atlet Dalam Peningkatan Teknik Dasar Bola Voli.” Jurnal Olahraga dan Kesehatan Indonesia 2(2): 100–108. https://doi.org/10.55081/joki.v2i2.591.

Iskandar, Wahyu. 2019. “Kemampuan Guru Dalam Berkomunikasi Terhadap Peningkatkan Minat Belajar Siswa di SDIT Ummi Darussalam Bandar Setia.” AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar 3(2): 135. http://dx.doi.org/10.29240/jpd.v3i2.1126.

Kastrena, Ervan, Edi Setiawan, Ihsan Abdul Patah, dan Lutfi Nur. 2020. “Pembelajaran Peer Teaching Berbasis Zoom Video sebagai Solusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli saat Situasi Covid 19.” Indonesian Journal of Primary Education 4(1): 69–75. https://doi.org/10.17509/ijpe.v4i1.25133.

Kusnodo dkk. 2012. “Pengaruh Metode Pembelajaran Eksplorasi Dan Minat Siswa Terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Dalam Pembelajaran Penjasorkes.” Journal of Physical Education and Sports 1(2): 132–38. https://journal.unnes.ac.id/sju/jpes/article/view/807.

Kusuma, yoda & syarif. 2021. “Pengaruh Model Pembelajaran Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Pjok Pada Siswa Smp.” Jurnal PenjakorA, 8(1) 8(1): 62-70. https://doi.org/10.23887/penjakora.v8i1.31091.

Lumbantoruan, Jitu Halomoan. 2022. “Further insight into Student Learning Outcomes of Derivative Materials: Numbered Head Together and Expository Learning Model.” Utamax : Journal of Ultimate Research and Trends in Education 4(2): 135–45. https://doi.org/10.31849/utamax.v4i2.9918.

Marnis, E. 2021. “Pengaruh Model NHT dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi.” Ranah Research: Journal of Multidisciplinary …: 1–9. https://doi.org/10.38035/rrj.v3i4.399.

Putra, Dkk. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Bola Voli.” Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan 11(1): 257–75. https://doi.org/10.47668/pkwu.v11i1.711.

Rosma, Pramita. 2019. “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbentuk Augmented Reality pada Peserta Didik untuk Meningkatkan Minat dan Pemahaman Konsep IPA.” UPEJ Unnes Physics Education Journal 8(2): 90–101. https://doi.org/10.15294/upej.v8i2.33309.

Sahabuddin, Hikmad Hakim2 dan Syahruddin Syahruddin3. 2020. “Meningkatkan Keterampilan Proses Passing Bawah Bolavoli Melalui Pembelajaran Kooperatif.” 7(2): 204–17. https://doi.org/10.46244/penjaskesrek.v7i2.1050.

Santyasa, I. W. 2011. Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran Fisika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sari, Riska. 2023. “Jurnal Eduscience ( JES ) April 2023 Submit : 14 Januari 2023 Accepted : 20 Maret2023 The Effect Of Numbered Heads Together ( NHT ) Cooperative Learning Model And Learning Interenst On Student Learning Outcomes.” 10(1): 87–103. https://doi.org/10.36987/jes.v10i1.3874.

Setiawati, Dkk. 2020. “Pengaruh Model Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Senam Lantai.” Jurnal Penjakora 7(1): 17. https://doi.org/10.23887/penjakora.v7i1.24444.

Siahaan, Dkk. 2022. “Studi Komparasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Model Pembelajaran Konvensional pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII di SMPN 10 Pematangsiantar T.A. 2022/2023.” Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan 13(2): 188–95. https://doi.org/10.35335/cendikia.v13i2.3012.

Siska, Hikmawati Hikmawati, dan Wahyudi Wahyudi. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi 4(1): 40–48. 10.29303/jpft.v4i1.459.

Sripatmi, Ratih Ayu Apsari, Dkk. 2021. “Implementasi Lesson Study For Learning Community Mgmp Matematika Smp Kecamatan Sandubaya Mataram.” Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat Vol. 4 No. 3, Agustus 2021 4(3): 10. 10.29303/jppm.v4i3.2778.

Suhartoyo, Dkk. 2019. “Identifikasi Kebugaran Jasmani Siswa SMP Di Daerah Dataran Tinggi Kabupaten Banyumas.” 1. Physical Activity Journal (PAJU). https://doi.org/10.20884/1.paju.2019.1.1.1995.

Suhdy, M., & Supriyadi, M. 2020. “Penerapan Pendekatan Tutorial pada Pembelajaran Servis Atas Bola Voli di Smp Negeri 13 Lubuklinggau.” 4: 69–77. Jurnal Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi. https://doi.org/10.31539/e-sport.v1i1.1422.

Syahril, Mandalika &. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Pada Mata Kuliah Tata Rias Pengantin.” Analisis pendapatan dan tingkat kesejahteraan rumah tangga petani 20(1): 1689–99. 10.24036/invotek.v20i1.725.

Tofikin, Tofikin, dan Amrizal Amrizal. 2021. “Pelatihan Wasit Bola Voli Tingkat Cabang.” Jurnal Masyarakat Negeri Rokania 2(1): 50–56. https://doi.org/10.56313/jmnr.v2i1.48.

Trisnawati, Dwi, dan Yetri. 2019. “Efektivitas Model Nht Berbantu Laboratorium Virtual Keterampilan Proses Sains Effectiveness of the Nht Model With Virtual Laboratory Towards Learning Outcomes in Terms of.” Indonesian Journal of Science and Mathematics Education 2(2): 227–34. 10.24042/ijsme.v2i2.4329.

Wahid, Abdul Hamid, Dkk. 2021. “Problematika Pembelajaran Fiqih Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Jarak Jauh.” Edureligia 05(01): 17. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/edureligia/article/view/1545.

Wisada, Dkk. 2019. “Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter.” Journal of Education Technology 3(3): 140. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735.

Yulianingsih, Dkk. 2022. “Dampak Model Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Aplikasi Google Classroom dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan.” Mimbar Ilmu 27(1): 63–71. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.45002.

Diterbitkan

2024-04-25

Cara Mengutip

I Kadek Dipa Pratama, Wahjoedi, & Hidayat, S. (2024). Model pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Bolavoli. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 12(1), 16–21. https://doi.org/10.23887/jiku.v12i1.68913

Terbitan

Bagian

Articles