Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kreativitas Dalam Pendidikan Jasmani

Penulis

  • Ni Wayan Suardiati Putri Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Ketut Budaya Astra Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ketut Agustini Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Gde Wawan Sudatha Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiku.v12i1.72713

Kata Kunci:

Tinjauan Pustaka, Sistematis, Pembelajaran berbasis proyek, Kreativitas, Pendidikan Jasmani

Abstrak

Saat ini siswa tidak hanya mempunyai pengetahuan saja tetapi juga mempunyai keterampilan dan sikap. Untuk meningkatkan keterampilan dan sikap, siswa perlu diberikan pengalaman nyata dalam bentuk proyek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari literatur tentang peningkatan kreativitas siswa pendidikan jasmani melalui model pembelajaran berbasis proyek. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan PRISMA (Preferred Reporting Items For Systematic Review And Meta-Analyses) yang bertujuan untuk memastikan bahwa setiap proses yang dilakukan pada saat melakukan review berjalan secara sistematis. Penelusuran literatur dilakukan dengan bantuan aplikasi Publish or Perish. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi analisis teori dan hasil artikel ilmiah serta publikasi lainnya dengan tujuan untuk mengetahui dampak pembelajaran berbasis proyek. Hasil dari penelitian ini adalah Project Based Learning  (PjBL) dapat meningkatkan kreativitas siswa, dan pendidikan jasmani dengan model pembelajaran berbasis proyek membantu siswa menjadi aktif. Model pembelajaran PjBL dapat dijadikan acuan untuk diterapkan pada pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah. Model pembelajaran PjBL dapat diterapkan secara sistematis dan efektif di berbagai tingkat satuan pendidikan, mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Disimpulkan bahwa pentingnya PjBL dalam pendidikan jasmani untuk meningkatkan kreativitas siswa.

Referensi

Agustini, K., Santyasa, I. W., & Tegeh, I. M. (2022). Quantum Flipped Learning and Students’ Cognitive Engagement in Achieving Their Critical and Creative Thinking in Learning. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 17(18), 4–25. https://doi.org/10.3991/ijet.v17i18.32101.

Akbar. (2024). Penerapan Metode PBL Dalam Pendidikan Jasmani. 11(February), 4–6.

Ardhyantama, V., & Widodo, S. (2020). Creativity Skill Proses in Project Based Learning: A Case Study of Distance Learning in Pacitan. … International of Education and …, 1(2), 152–158. https://doi.org/10.47175/rielsj.v1i2.82.

Defa. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Februari, 2023(4), 359–364. https://doi.org/10.5281/zenodo.7681207.

Dupri. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pendidikan Jasmani. Journal Sport Area, 4(2), 318. https://www.journal.uir.ac.id/index.php/JSP/article/view/3760.

Feltia. (2021). Systematic Literature Review: Media Komik dalam Pembelajaran Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 30. https://doi.org/10.33365/jm.v3i1.951.

Fitri, L., Yuliana, D., & Jaya, F. (2021). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi …, 4, 39–48.

Ginanjar, S., Tarigan, B., Hendrayana, Y., & ... (2020). Enhancing Kinaesthetic Intelligence Using Project-Based Learning Models. … Physical Education ….

Gu, X., Dijksterhuis, A., & Ritter, S. M. (2019). Fostering children’s creative thinking skills with the 5-I training program. Thinking Skills and Creativity, 32, 92–101. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.tsc.2019.05.002.

Guo, P., Saab, N., Post, L. S., & Admiraal, W. (2020a). A review of project-based learning in higher education: Student outcomes and measures. In International journal of educational …. Elsevier.

Guo, P., Saab, N., Post, L. S., & Admiraal, W. (2020b). A review of project-based learning in higher education: Student outcomes and measures. International Journal of Educational Research, 102(May), 101586. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101586.

Hanim. (2022). Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berorientasi Peserta Didik Pada Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional …, November, 104–112. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/8266.

Hidayat, A. K. (2020). Implementation of Project-Based Learning in Physical Education During the Social Distancing Pandemic Covid -19. JUARA : Jurnal Olahraga, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.33222/juara.v6i1.1003.

Hikmah, L. N., & Agustin, R. D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap. Jurnal PRISMATIKA, 1(1), 1–9.

Jannah, R. R., Waluya, S. B., Asikin, M., & Zaenuri, Z. (2021). SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa. IJoIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 2(2), 227–234. https://doi.org/10.59525/ijois.v2i2.43.

Juliantine. (2020). Project-based learning model in the development of students’ creativity in physical education learning. … Physical Education ….

Juliantine, T., Rohmah, O., Komariyah, L., Gumilar, A., & ... (2020). Project-Based Learning Model in the Development of Students’ Creativity in Physical Education Learning. 21 (Icsshpe 2019), 324–326.

Khasanah. (2022). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Perkembangan Psikomotorik Peserta Didik Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 3(1), 281–287. https://doi.org/10.51494/jpdf.v3i1.666.

Larassary. (2022). Optimalisasi pembelajaran pendidikan jasmani menggunakan model project-based learning dengan media Instagram pada masa new-normal. Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI), 2(1), 1–10. https://doi.org/10.54284/jopi.v2i1.149.

Maria. (2022). Merdeka Belajar PJOK dengan Model Pembelajaran Berbasis Proyek. Prosiding Seminar Nasional Penjaskesrek FKIP Universitas Nusa Cendana, 1(1), 2723–7923.

Martiani. (2021). Kemandirian Belajar Melalui Metode Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 480–486. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.337.

Mashudi, M. (2021). Pembelajaran Modern: Membekali Peserta Didik Keterampilan Abad Ke-21. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 4(1), 93–114. https://doi.org/10.23971/mdr.v4i1.3187.

Muhammad Rafik, Vini Putri Febrianti, Afifah Nurhasanah, & Siti Nurdianti Muhajir. (2022). Telaah Literatur: Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Kreativitas Siswa Guna Mendukung Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 5(1), 80–85. https://doi.org/10.21009/jpi.051.10.

Mustafa. (2022). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap, Pengetahuan, dan Keterampilan dalam Pendidikan Jasmani. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 31–49. https://doi.org/10.35569/biormatika.v8i1.1093.

Nancy. (2020). Implementasi model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan kreativitas gerakan jurus prasetya. Jpoe, 2(1), 9–22. https://doi.org/10.37742/jpoe.v2i1.19.

Ningsih, S. R., Disman, Ahman, E., Suwatno, & Riswanto, A. (2020). Effectiveness of using the project-based learning model in improving creative-thinking ability. Universal Journal of Educational Research, 8(4), 1628–1635. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080456.

Nurafiati, S., Makorohim, M. F., & Dwi, A. (2019). Peningkatan Kemampuan Kreativitas Merangkai Gerakan Senam Ritmik dengan Alat Simpai melalui Media Audio Visual pada Siswa SMP Khadijah Makassar.

Nurdin, E., & Wahyudin, W. (2020). The Implementation of Project Based Learning to Improve Student Creativity and Learning Outcomes. In Proceedings of the Proceedings of the 7th Mathematics, Science, and Computer Science Education International Seminar, MSCEIS 2019, 12 October 2019, Bandung, West Java, Indonesia. EAI. https://doi.org/10.4108/eai.12-10-2019.2296340.

Nuzulia. (2024). Analisis Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kreativitas Siswa. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2(3), 5–24.

Pangestika, D. I., Yamtinah, S., & Mahardiani, L. (2020). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas Xi Mipa Sma Negeri 3 Surakarta Pada Materi Larutan Asam Basa. Jurnal Pendidikan Kimia, 9(1), 105–110.

Paramita, D. L., Baity, N., Andari, T., Kreativitas, P., Project, M., & Learning, B. (2023). Peningkatan Kreativitas Melalui Project Based Learning ( PjBL ) dalam Pembelajaran IPA Deassy Laily Paramita , Nur Baity , Tri Andari Universitas PGRI Madiun , SMP Negeri 1 Bojonegoro , Univeristas PGRI Madiun Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah unt. Jurnal Reforma, 13(1).

Parwata. (2021). Pengaruh Metode Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan: Meta-Analisis. Indonesian Journal of Educational Development, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.5281/zenodo.4781835.

Parwati, L., Darussyamsu, R., Rahmi, Y. L., & Fajrina, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kreativitas Siswa pada Mata Pelajaran Biologi. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research Volume, 3(3), 1381–1391. https://doi.org/10.51878/elementary.v2i3.1383.

Ratri, I. R., & Nurfalah, E. (2023). Studi Komparasi Model Problem Based Learning (Pbl) dan Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Tuban …. Innovative: Journal Of Social Science ….

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).

Rifai, A. S., Utomo, S. B., & Indriyanti, N. Y. (2021). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Termokimia Kelas XI IIS SMA Negeri 5 …. Jurnal Pendidikan Kimia, 10(2), 123–129.

Sakti, N. W. P., Yusuf, R., Suriatno, A., & Irmansyah, J. (2021). Scientific Method in Physical Education Learning: A Cross-Sectional Study. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 5(3), 212–226. https://doi.org/10.36312/esaintika.v5i3.571.

Sari, I. M., Syawaluddin, A., & Sahruddin, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Kelas V Sd Negeri 1 Purwoharjo. Journal of Teacher Professional, 3(3), 373–378.

Sastradiharja, E. J., & Febriani, F. (2023). Pembelajaran Berbasis Projek (Project Based Learning) Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswadi Sekolah Penggerak Smp Al Azhar Syifa Budi Cibinong-Bogor. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(01). https://doi.org/10.30868/ei.v12i01.3839.

Sastrika Ayu, P. E. (2019). Keterampilan Belajar dan Berinovasi Abad 21 Pada Era Revolusi Industri 4.0. Purwadita, 3 No 1, 77–83.

Suciati, I., Mailili, W. H., & Hajerina, H. (2022). Implementasi Geogebra Terhadap Kemampuan Matematis Peserta Didik Dalam Pembelajaran: a Systematic Literature Review. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 7(1), 27. https://doi.org/10.25157/teorema.v7i1.5972.

Suratno. (2022). Model Creative Thinking Sebagai Inovasi Pembelajaranilmu Pengetahuan Sosialdi Sekolah Dasar. Jurnal Education and Development, 10(2), 294–298. https://www.neliti.com/publications/562563/model-creative-thinking-sebagai-inovasi-pembelajaranilmu-pengetahuan-sosialdi-se.

Tedi. (2022). Model Project Based Learning Terhadap Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jurnal Porkes, 5(2), 442–450. https://doi.org/10.29408/porkes.v5i2.6121.

Tocci, N., Scibinetti, P., Mazzoli, E., Mavilidi, M. F., Masci, I., Schmidt, M., & Pesce, C. (2022). Giving Ideas Some Legs or Legs Some Ideas? Children’s Motor Creativity Is Enhanced by Physical Activity Enrichment: Direct and Mediated Paths. Frontiers in Psychology, 13(March), 1–18. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.806065.

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Systematic Literature Review Method for Identifying Platforms and Methods for Information System Development in Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63.

Utami, S. N., Gustiawati, R., & Purbangkara, T. (2022a). Model Project Based Learning Terhadap Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani. In Jurnal Porkes. scholar.archive.org.

Utami, S. N., Gustiawati, R., & Purbangkara, T. (2022b). Model Project Based Learning Terhadap Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jurnal Porkes, 5(2), 442–450. https://doi.org/10.29408/porkes.v5i2.6121.

Vidaci, A., Vega-Ramírez, L., & Cortell-Tormo, J. M. (2021). Development of creative intelligence in physical education and sports science students through body expression. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(10). https://doi.org/10.3390/ijerph18105406.

Wahyudi. (2022). Systematics Literature Review: Eksplorasi Etnomatematika Pada Aktivitas Masyarakat. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(1), 173–185. https://doi.org/10.46306/lb.v3i1.110.

Watajdid, N. I., Lathifah, A., Andini, D. S., & Fitroh, F. (2021). Systematic Literature Review: Peran Media Sosial Instagram Terhadap Perkembangan Digital Marketing. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science), 20(2), 163–179. https://doi.org/10.14710/jspi.v20i2.163-179.

Wulandari, A. S., Suardana, I. N., & Devi, N. L. P. L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kreativitas Siswa Smp Pada Pembelajaran Ipa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 2(1), 47. https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i1.17222.

Yanti, R. A., & Novaliyosi, N. (2023). Systematic Literature Review: Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Skill yang dikembangkan dalam Tingkatan Satuan Pendidikan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2191–2207. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2463.

Zulbahri. (2022). With the Implementation of Project-Based Learning At the. Journal of Higher Education Theory and Practice, 22(12), 233–243.

Diterbitkan

2024-04-25

Cara Mengutip

Ni Wayan Suardiati Putri, I Ketut Budaya Astra, Ketut Agustini, & I Gde Wawan Sudatha. (2024). Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kreativitas Dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 12(1), 22–29. https://doi.org/10.23887/jiku.v12i1.72713

Terbitan

Bagian

Articles