PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY BERBANTUAN MEDIA SCRAPBOOK TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.25030Keywords:
model Course Review Horay, Scrapbook, kompetensi pengetahuan IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Course Review Horay berbantuan media Scrapbook terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Negeri Gugus II Kecamatan Kuta Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian yaitu eksperimen semu dengan penelitian “Nonequivalent Control Group Design”. Populasi penelitian meliputi seluruh kelas V SD Negeri Gugus II Kecamatan Kuta yang terdiri dari 5 SD Negeri yang berjumlah 7 kelas, dengan jumlah populasi 239 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 72 siswa yaitu 34 siswa kelas VB SD No. 1 Legian yang menjadi kelompok eksperimen dan 38 siswa kelas V SD No. 2 Legian yang menjadi kelompok kontrol. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling. Data kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan dengan metode tes objektif pilihan ganda biasa. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis statistik inferensial dengan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh thitung = 5,627 dan ttabel = 2,000 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = (34+38-2) =70. Berdasarkan kriteria pengujian thitung = 5,627 > ttabel = 2,000, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan rata-rata kompetensi pengetahuan IPA siswa kelompok eksperimen adalah 86,21 dan rata-rata kompetensi pengetahuan IPA siswa kelompok kontrol adalah 80,47. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Course Review Horay berbantuan media Scrapbook terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA siswa kelas V SD Negeri Gugus II Kecamatan Kuta Tahun Ajaran 2018/2019.
References
Agung, A.A. Gede. 2014. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta:Aditya Publishing.
Arikunto, Suharsimi. 2018. Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara.
Arsani, Wayan. 2018. ”Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa”. International Journal of Elementary Education. Volume 2, Number 3 (pp. 183-191). Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/view/15957 (diakses pada tanggal 30 Januari 2019).
Arsyad, Azhar. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta:PT RajaGrafindo Persada.
Damayanti, Maita. 2017. ”Pengaruh Media Scrapbook(Buku Tempel) Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Keragaman Rumah Adat di Indonesia Kelas IV SD”. JPGSD. Volume 05,Nomor 02 (hlm 803-812). Tersedia pada http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/19838 (diakses pada tanggal 3 Februari 2018).
Daryanto. 2014. Pembelajaran Saintifik. Yogyakarta:Penerbit Gava Media.
Hardiana, Iva. 2015. Terampil Membuat 42 Mahar Scrapbook.Jakarta:PT Gramedia Pustaka Utama.
Kariadnyani, Kd Era. 2016. ”Pengaruh Model pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Multimedia Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD”. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 04,Nomor 01 (hlm 1-12). Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/7467/5093 (diakses pada tanggal 3 Februari 2018).
Lia, Ratna. 2014. Mahar Scrapbook (Kreasi Mahar Unik dengan Tema Menarik ala Scrapbook). Surabaya:Tiara Aksa.
Mulyasa, E. 2015. Pengembangan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.
Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu: Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.
Saidah, U. H. 2016. Pengantar Pendidikan. Jakarta:PT RajaGrafindo Persada.
Samatowa, Usman. 2016. Pembelajaran IPA di SD. Jakarta:PT Indeks.
Sani, B & Imas Kurniasih. 2017. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran.Kata Pena.
Setiawan, Tejo Adi. 2016. Berilmu Pengetahuan. Yogyakarta:Relasi Inti Media.
Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta:Prenadamedia Group.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta:AR-RUZZ Media.
Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: ALFABETA.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:ALFABETA.
Sulistyowati, Asih Widi & Eka Sulistyowati. 2015. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta:Bumi Aksara.
Susanto, Ahmad. 2015. Teori Belajar & Pembelajaran di SD. Jakarta:Prenadamedia Group.
Yudhanegara, M. R. & Karunia Eka. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung:PT Refika Aditama.
Yusuf, A. Muri. 2017. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan.Jakarta: PT Fajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)