Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15957Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Course Review Horay dan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen dan menggunakan desain penelitian Non-equivalent Control Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus III Kuta Utara dengan jumlah populasi 527 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 65 orang siswa yaitu 35 orang siswa kelas VA dari SD No.1 Kerobokan Kaja yang menjadi kelompok eksperimen dan 30 orang siswa kelas VB dari SD No.2 Kerobokan Kaja yang menjadi kelompok kontrol. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Data hasil belajar IPA siswa dikumpulkan menggunakan metode tes yang kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih tinggi daripada nilai rata-rata kelompok kontrol (83,54 > 75,63). Berdasarkan hasil analisis uji-t dengan derajat kebebasan (dk = 35 + 30 – 2 = 63) dan pada taraf signifikan 5% diperoleh thitung > ttabel (3,795 > 2,000) maka HO ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Course Review Horay dan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional. Ini berarti model pembelajaran Course Review Horay berpengaruh terhadap hasil balajar IPA siswa kelas V SD Gugus III Kuta Utara Tahun Ajaran 2017/2018.References
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Dharsana, Ketut. 2017. Psikologo Pendidikan. Singaraja: UNDIKSHA.
Gagne, Robert M. 1988. Prinsip-prinsip Belajar Untuk Pengajaran. Surabaya: Usaha Nasional.
Hermawan Puput. 2014. Pengaruh Model Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Didaktika Dwija Indria Universitas Sebelas Maret. Vol 2, No 1.
Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kaminar. 2016. “Pendekatan Inkuiri untuk Meningkatkan Aktivitas, Partisipasi, dan Hasil belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA”. Junal Education. Volume 2, Nomor 1 (hlm. 1-10).
Kariadnyani. 2016. Pengaruh Model Course Review Horay Berbantuan Multi Media Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja. Vol. 2, No.1.
Meirza Nanda. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Vol 1, No. 2.
Pradnyani, dkk. 2013. Pengaruh Model Numbered Head Together terhadap Prestasi Belajar Matematika ditinjau dari Kebiasaan di SD”. Jurnal Pendas, Vol 3, No. 1.
Prameswari, Krisna. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Berbantuan Media Lingkungan Sekolah Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V SD Gugus Kompyang Sujana Kecamatan Denpasar Utara”. Jurnal PGSD UNDIKSHA. Volume 5, Nomor 2 (hlm. 1-11).
Rukmanda Dias. 2014. Implementasi Metode Pembelajaran Course Review Horay untuk meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Jurnal Penyesuaian. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. XII, No. 1
Setyosari, Punaji. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP
Soyomukti, Nurani. 2016. Teori-teori Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PRANADAMEDIA GROUP.
Wisudawati, Asih Widi dan Sulistyowati, Eka. 2015. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Zainab Arrahmah. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay (Crh) untuk meningkatkan Pemahaman Konsep Jasa dan Peranan Tokoh-Tokoh Kemerdekaan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Dwija Indria UNS. Vol 2 No 1.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)