Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa

Authors

  • Ni Wayan Arsani Universitas Pendidikan Ganesha
  • D.B. K. N. S. Putra Univesitas Pendidikan Ganesha
  • I K. Ardana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15957

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Course Review Horay dan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen dan menggunakan desain penelitian Non-equivalent Control Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus III Kuta Utara dengan jumlah populasi 527 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 65 orang siswa yaitu 35 orang siswa kelas VA dari SD No.1 Kerobokan Kaja yang menjadi kelompok eksperimen dan 30 orang siswa kelas VB dari SD No.2 Kerobokan Kaja yang menjadi kelompok kontrol. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Data hasil belajar IPA siswa dikumpulkan menggunakan metode tes yang kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih tinggi daripada nilai rata-rata kelompok kontrol (83,54 > 75,63). Berdasarkan hasil analisis uji-t dengan derajat kebebasan (dk = 35 + 30 – 2 = 63) dan pada taraf signifikan 5% diperoleh thitung > ttabel (3,795 > 2,000) maka HO ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Course Review Horay dan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional. Ini berarti model pembelajaran Course Review Horay berpengaruh terhadap hasil balajar IPA siswa kelas V SD Gugus III Kuta Utara Tahun Ajaran 2017/2018.

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dharsana, Ketut. 2017. Psikologo Pendidikan. Singaraja: UNDIKSHA.

Gagne, Robert M. 1988. Prinsip-prinsip Belajar Untuk Pengajaran. Surabaya: Usaha Nasional.

Hermawan Puput. 2014. Pengaruh Model Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Didaktika Dwija Indria Universitas Sebelas Maret. Vol 2, No 1.

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kaminar. 2016. “Pendekatan Inkuiri untuk Meningkatkan Aktivitas, Partisipasi, dan Hasil belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA”. Junal Education. Volume 2, Nomor 1 (hlm. 1-10).

Kariadnyani. 2016. Pengaruh Model Course Review Horay Berbantuan Multi Media Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja. Vol. 2, No.1.

Meirza Nanda. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Vol 1, No. 2.

Pradnyani, dkk. 2013. Pengaruh Model Numbered Head Together terhadap Prestasi Belajar Matematika ditinjau dari Kebiasaan di SD”. Jurnal Pendas, Vol 3, No. 1.

Prameswari, Krisna. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Berbantuan Media Lingkungan Sekolah Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V SD Gugus Kompyang Sujana Kecamatan Denpasar Utara”. Jurnal PGSD UNDIKSHA. Volume 5, Nomor 2 (hlm. 1-11).

Rukmanda Dias. 2014. Implementasi Metode Pembelajaran Course Review Horay untuk meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Jurnal Penyesuaian. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. XII, No. 1

Setyosari, Punaji. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP

Soyomukti, Nurani. 2016. Teori-teori Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PRANADAMEDIA GROUP.

Wisudawati, Asih Widi dan Sulistyowati, Eka. 2015. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Zainab Arrahmah. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay (Crh) untuk meningkatkan Pemahaman Konsep Jasa dan Peranan Tokoh-Tokoh Kemerdekaan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Dwija Indria UNS. Vol 2 No 1.

Downloads

Published

2018-11-01

How to Cite

Arsani, N. W., Putra, D. K. N. S., & Ardana, I. K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. International Journal of Elementary Education, 2(3), 183–191. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15957

Issue

Section

Article