Pengaruh Ketahanmalangan dan Regulasi Diri Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika

Authors

  • Ni Putu Krisna Hari Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.26782

Keywords:

Ketahanmalangan, Regulasi Diri, Kompetensi Pengetahuan Matematika, Siswa

Abstract

Rendahnya pengetahuan matematika siswa yang disebabkan oleh beberapa faktor yang mendominasi serta kurangnya sumber mengenai ketahanmalangan dan regulasi diri sehingga penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh ketahanmalangan dan regulasi diri terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa dengan desain penelitian Korelasional. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas V SD yang berjumlah 258 siswa. Sampel ditentukan dengan Teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan pengisian angket tentang ketahanmalangan dan regulasi diri, sedangkan data kompetensi pengetahuan matematika diperoleh melalui pencatatan dokumen. Analisis statistika pada penelitian ini menggunakan regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Hasil dari analisis regresi linier sederhana untuk pengujian hipotesis I dan II hasil yang diiperoleh dengan pengaruhnya sebesar 36% dan 25.6%. Hasil analisis regresi linier ganda ditemukan persamaan Ŷ  = 37.41 + 0.175X1 + 0.24X2 dan hasil Freg = 27.0 > Ftabel = 3,05 yang berarti signifikan dan terdapat pengaruh antara ketahanmalangan dan regulasi diri terhadap kompetensi pengetahuan Matematika siswa kelas V SD dan berpengaruh sebesar 25 %.

Author Biography

Ni Putu Krisna Hari, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Alwisol. (2006). Psikologi Kepribadian Edisi Revisi (pp. 58–59). UMM Press.

Amelia, I. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. PT. Bumi Aksara.

Anindyta, P., & Suwarjo, S. (2014). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Regulasi Diri Siswa Kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 209. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2720

Anisa, A., Kodirun, K., Busnawir, B., & Rahmat, R. (2019). Pengaruh Pengetahuan Dasar Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Lawa. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 100. https://doi.org/10.36709/jpm.v10i1.5648

Artyanti, R., & Rustika, I. M. (2016). Hubungan antara Self Regulated Learning dan Kelekatan Remaja Awal terhadap Ibu dengan Prestasi Belajar Siswa SMP N 6 Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 3(1), 54–63. https://doi.org/10.24843/jpu.2016.v03.i01.p06

Ayulina, Ngurah, G., & Agustika, S. (2020). Kontribusi Konsep Diri dan Motivasi Belajar Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. 8, 70–79. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/24580

Cesarini, D. A., Yusuf, M., & A., L. S. S. (2020). Hubungan antara Adversity Quotient dan Motivasi Berprestasi dengan Kecemasan Berbahasa Asing pada Mahasiswa Tingkat Akhir Program Sarjana UNS. Seurune, Jurnal Psikologi Unsyiah, 3(1), 77–99. http://jurnal.unsyiah.ac.id/seurune/article/view/15631

Dewi, M., & Suhendri, H. (2017). Pengaruh Kemandirian dan Ketahan malangan (Adversity Quotient) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Intraksi, 2(3), 724–735. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/repository/article/view/2042

Fadhilah, N. T. R. (2020). Hubungan Antara Daya Ketahanmalangan Dan Minat Belajar Dengan Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 12(1), 37–47. https://doi.org/10.17509/eh.v12i1.17687

Ghufron, M. N. (2017). Teori-Teori Psikologi (pp. 77–79). Ar-Ruzz Media.

Hamdi, S., Suganda, I. A., & Hayati, N. (2018). Developing higher-order thinking skill (HOTS) test instrument using Lombok local cultures as contexts for junior secondary school mathematics. Research and Evaluation in Education, 4(2), 126–135. https://doi.org/10.21831/reid.v4i2.22089

Handayani, R., & Abadi, I. B. G. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Gambar Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas IV SD. 25(1), 120–131. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/view/24767

Hastuti, R., & Rahman, U. (2019). Pengaruh Regulasi Diri ( Self Regulation ) Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Peserta Didik Kelas Xi Mia MAN Bulukumba. Jurnal Al-Ahya, 1(2), 42–52. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/alahya/article/view/8074

Hibatul, A. (2019). HUBUNGAN ANTARA KETAHANMALANGAN DENGAN Orientasi Bidang Pekerjaan. 7(4), 910–920. ournal.psikologi.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2019/10/EJOURNAL TAHFIZH

HIBATUL AUFAR (10-09-19-11-11-46).pdf

Kusaeri, K., & Mulhamah, U. N. (2016). Kemampuan Regulasi Diri Siswa dan Dampaknya Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 1(1), 31–42. https://doi.org/10.15642/jrpm.2016.1.1.31-42

Minauli, I. (2011). Hubungan Antara Efikasi Diri Dan Regulasi Diri Dalam Belajar Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa. In Analitika (Vol. 3, Issue 2, pp. 79–84). https://ojs.uma.ac.id/index.php/analitika/article/view/748

Nas, S. (2018). Pengaruh Adversity Quotient , Motivasi Belajar , Dan Persepsi Siswa Tentang Cara Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Ix Smpn Se-Kecamatan Wara Utara. 3, 113–124. https://journal.uncp.ac.id/index.php/Pedagogy/article/view/1191

Noviyanti, S., Simatupang, B., Islami, N., & Nasir, M. (2017). Correlation of Learning Motivation and Self- Regulated Learning With Physisc Learning Result of Class Xi Sma Negeri 4 Pekanbaru Lesson Year 2016 / 2017 Learning Dengan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas Xi. 2017(2), 1–13.

Nur, F., & Latief, A. K. (2016). Pengaruh Self-Esteem dan Self-Regulation Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Biotek, 4(36), 244–261. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/biotek/article/view/1796

Nursa’adah, F. P., & Rosa, N. M. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Kimia Ditinjau dari Adversity Quotient, Sikap Ilmiah dan Minat Belajar. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(3), 197–206. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i3.992

Paul. G. Stoltz. (2007). Adversity Quotient. Mengubah Hambatan Menjadi Peluang (pp. 18–20). Grasindo.

Putry, N. D., Armen, & Putri, D. H. (2017). Hubungan Kemampuan Self-Regulated Learning Dengan Hasil Belajar Ipa Siswa SMPN 3 Padang. Berkala Ilmiah Bidang Biologi, 1(2), 210–217.

Retnawati, H., Djidu, H., Kartianom, Apino, E., & Anazifa, R. D. (2018). Teachers’ knowledge about higher-order thinking skills and its learning strategy. Problems of Education in the 21st Century, 76(2), 215–230.

Rukmana, I., Hasbi, M., & Paloloang, B. (2016). Hubungan Adversity Quotient Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri Model Terpadu Madani Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 3(3), 325–333. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JEPMT/article/view/7220

Sagita, N. N., & Mahmud, A. (2019). Peran Self Regulated Learning dalam Hubungan Motivasi Belajar, Prokrastinasi dan Kecurangan Akademik. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 516–532. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31482

Setiawan, S. (2017). PENGARUH BENTUK POLA ASUH ORANG TUA DAN REGULASI DIRI TERHADAP DISIPLIN SISWA (SMP 17 Agustus 1945 Samarinda). Ejournal.Psikologi. Isip-Unmul.Ac.Id, 5(2), 310–319.

Sofyani, N., & Susanto, R. (2019). Analisis Keterkaitan Kecerdasan Emosional ( Emotional Quotient ) Dan Ketahanmalangan ( Adversity Quotient ) Dalam Pembentukan Motivasi Belajar Siswa Kelas VA Di Sekolah Dasar Negeri Jelambar Baru 01. Dinamika Sekolah Dasar, 4, 1–13. https://journal.pgsdfipunj.com/index.php/wahana/article/view/96

Suhendri, H., & Ningsih, R. (2018). Peranan Ketahanmalangan Dan Kreativitas Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2982

Sukardi. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan (pp. 136–137). PT. Bumi Aksara.

Umam, K., Nusantara, T., Parta, I. N., & Hidayanto, E. (2018).

MATHEMATICAL MEANING IN MODELLING CONTEXT THROUGH THE ONTO-SEMIOTICS APPROACH. 01(2), 151–159. http://journal2.um.ac.id/index.php/ijoimt/article/view/3368

Widnyana Karya, N. T. J. (2017). Pengaruh Pendekatan Inkuiri Berbantuan Assesmen Autentik Terhadap Ketahanmalangan dan Hasil Belajar Matematika. Penerapan, 6(2).

Yudana, M., & Dr. Gede Rasben Dantes, S. (2013). Kontribusi Motivasi Berprestasi, Disiplin Kerja, Dan Ketahanmalangan (Adversity Quotient) Terhadap Kinerja Profesional Guru Sma Negeri Di Kecamatan Karangasem Kabupaten Karangasem Bali. Jurnal Administrasi Pendidikan, 4(1), 1–13. https://doi.org/10.23887/japi.v4i1.1011

Zulaikha, S., Pendidikan, J., Sekolah, G., & Ganesha, U. P. (2014). HUBUNGAN ANTARA ADVERSITY QUOTIENT ( AQ ) DAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASIBELAJAR DI KELURAHAN PEDUNGAN Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar , FIP Universitas Pendidikan Ganesha. 2. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/3026

Downloads

Published

2020-07-15

How to Cite

Hari, N. P. K. (2020). Pengaruh Ketahanmalangan dan Regulasi Diri Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 224–234. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.26782

Issue

Section

Articles