Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Gambar Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas IV SD

Authors

  • Ni Pt. Risma Handayani
  • I.B. Gede Surya Abadi

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24767

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran langsung (direct intruction) berbantuan media gambar terhadap kompetensi pengetahaun matematika kelas IV SD Gugus Letda Made Putra Denpasar Utara Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan desain eksperimen semu dengan rancangan kelompok non-equivalen. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas IV SD Gugus Letda Made Putra yang berjumalah 6 sekolah, terdiri dari 11 kelas dan 362 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN l Tonja sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah 41 siswa dan kelas IV SDN 2 Tonja sebagai kelompok kontrol dengan jumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes dengan instrument tes berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t, hasil analisis data diperoleh = 5,998 dan dengan taraf signifikansi 5% dengan dk = 41+32-2 = 71  diperoleh  = 2,000 . Dengan demikianm, nilai sehingga H0 ditolak, berarti terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung (direct instruction) berbantuan media gamabar dan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvesional. Dari rata-rata nilai kompetensi pengetahuan matematika, diketahui kelas eksperimen = 81,4 dan rata-rata kelas kontrol = 56,9. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran langsung (direct instruction) berbantuan media gamabar berpengaruh terhadap kompetensi pengetahaun matematika siswa kelas IV SD Gugus Letda Made Putra Tahun Ajaran 2018/2019.

References

Agung, Gede A dkk. 2016. “Analisis Buku Tkes Siswa Kurikulum 2013 Ditinju dari Aspek Desain Pesan Pembelajaran Kelas IV Sekolah Dasar”. e-Journl Edutech, 5(2):

Agung, A. A. G. (2013). Evaluasi Pendidikan. Singaraja: Undiksha.

Amir, Almira. Pengguna Media Gambar dalam Pembelajaran Matematika : JURNAL EKSAKTA (VOLUME 2 NOMOR 1, 2016) (diakses pada tanggal 14 April 2019)

Archer, A. L., & Hughes, C. A. (2011). Explicit instruction: Effective and efficient teaching . New York: Guilford Press.

Arends 1997. Model-Model Pembelajaran Inovatif berorientasi Konstuktivitis, Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher

Dantes, Nyoman. 2017. Desain Eksperiman dan Analisis Data, Depok: PT Rajagrafindo Persada

Depdiknas .2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta ;Balai Pustaka.

Huda, Miftahul. 2017. Model – Model Pengajaran dan Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kosasih, E. 2016. Strategi Belajar Dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013, Bandung: Yrama Widya.

Koyan, Wayan. 2012. Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Bali: Universitas Pendidikan Ganesha Press.

Kurniasih, Sani. 2014. Strategi – Strategi Pembelajaran. Alfabeta:Bandung.

Mastika, Ayu Dewi. Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Gugus I Kecamatan Buleleng : Jurnal Mimbar Ilmu Universitas Pendidikan Ganesha. (diakses pada tanggal 29 Januari 2019)

Permendikbud Nomor 104 Tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Rosmala, Amelia & Atun, Isrok. 2018. Model – Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Setyosari, Punaji.2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan Edisi ke Empat. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono (2017). Metode Penelitian Kualitatif: Untuk penelitian yang bersifat: eksploratif, enterpretif, interaktif, dan konstruktif. Bandung: Alfabeta

Susanto, Ahmad. (2014). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah dasar. Jakarta: Prenadamedia Grup.

Trianto. 2009. Medesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresift, Jakarta: 13220

Downloads

Published

2020-05-08

How to Cite

Risma Handayani, N. P., & Surya Abadi, I. G. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Gambar Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas IV SD. Mimbar Ilmu, 25(1), 120–131. https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24767

Issue

Section

Articles