Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Gambar Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24767Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran langsung (direct intruction) berbantuan media gambar terhadap kompetensi pengetahaun matematika kelas IV SD Gugus Letda Made Putra Denpasar Utara Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan desain eksperimen semu dengan rancangan kelompok non-equivalen. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas IV SD Gugus Letda Made Putra yang berjumalah 6 sekolah, terdiri dari 11 kelas dan 362 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN l Tonja sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah 41 siswa dan kelas IV SDN 2 Tonja sebagai kelompok kontrol dengan jumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes dengan instrument tes berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t, hasil analisis data diperoleh = 5,998 dan dengan taraf signifikansi 5% dengan dk = 41+32-2 = 71 diperoleh = 2,000 . Dengan demikianm, nilai sehingga H0 ditolak, berarti terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung (direct instruction) berbantuan media gamabar dan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvesional. Dari rata-rata nilai kompetensi pengetahuan matematika, diketahui kelas eksperimen = 81,4 dan rata-rata kelas kontrol = 56,9. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran langsung (direct instruction) berbantuan media gamabar berpengaruh terhadap kompetensi pengetahaun matematika siswa kelas IV SD Gugus Letda Made Putra Tahun Ajaran 2018/2019.References
Agung, Gede A dkk. 2016. “Analisis Buku Tkes Siswa Kurikulum 2013 Ditinju dari Aspek Desain Pesan Pembelajaran Kelas IV Sekolah Dasar”. e-Journl Edutech, 5(2):
Agung, A. A. G. (2013). Evaluasi Pendidikan. Singaraja: Undiksha.
Amir, Almira. Pengguna Media Gambar dalam Pembelajaran Matematika : JURNAL EKSAKTA (VOLUME 2 NOMOR 1, 2016) (diakses pada tanggal 14 April 2019)
Archer, A. L., & Hughes, C. A. (2011). Explicit instruction: Effective and efficient teaching . New York: Guilford Press.
Arends 1997. Model-Model Pembelajaran Inovatif berorientasi Konstuktivitis, Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher
Dantes, Nyoman. 2017. Desain Eksperiman dan Analisis Data, Depok: PT Rajagrafindo Persada
Depdiknas .2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta ;Balai Pustaka.
Huda, Miftahul. 2017. Model – Model Pengajaran dan Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kosasih, E. 2016. Strategi Belajar Dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013, Bandung: Yrama Widya.
Koyan, Wayan. 2012. Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Bali: Universitas Pendidikan Ganesha Press.
Kurniasih, Sani. 2014. Strategi – Strategi Pembelajaran. Alfabeta:Bandung.
Mastika, Ayu Dewi. Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Gugus I Kecamatan Buleleng : Jurnal Mimbar Ilmu Universitas Pendidikan Ganesha. (diakses pada tanggal 29 Januari 2019)
Permendikbud Nomor 104 Tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Rosmala, Amelia & Atun, Isrok. 2018. Model – Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Setyosari, Punaji.2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan Edisi ke Empat. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono (2017). Metode Penelitian Kualitatif: Untuk penelitian yang bersifat: eksploratif, enterpretif, interaktif, dan konstruktif. Bandung: Alfabeta
Susanto, Ahmad. (2014). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah dasar. Jakarta: Prenadamedia Grup.
Trianto. 2009. Medesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresift, Jakarta: 13220
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.