Kontribusi Konsep Diri dan Motivasi Belajar Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika

Authors

  • Ni Kadek Ayulina Agustini
  • Gusti Ngurah Sastra Agustika

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.24580

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan konsep diri terhadap kompetensi pengetahuan matematika, motivasi belajar terhadap kompetensi pengetahuan matematika, serta konsep diri dan motivasi belajar terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas IV SD Gugus VIII Mengwi tahun ajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana dan analisis linear regresi berganda. Hasil analisis diperoleh bahwa konsep diri memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kompetensi pengetahuan matematika, dengan kontribusi sebesar 58,40% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil analisis kedua yang didapat yaitu, motivasi belajar terhadap kompetensi pengetahuan matematika berpengaruh dengan kontribusi sebesar 38,40% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain, serta analisis terakhir yang didapat yaitu,konsep diri dan motivasi belajar terhadap kompetensi pengetahuan matematika dengan kontribusi sebesar 60,10% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

Downloads

Published

2020-04-25

How to Cite

Ayulina Agustini, N. K., & Sastra Agustika, G. N. (2020). Kontribusi Konsep Diri dan Motivasi Belajar Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(1), 70–79. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.24580

Issue

Section

Articles