Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together Berbantuan Media Peta Konsep Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.26786Keywords:
NHT, Peta Konsep, IPAAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kompetensi pengetahuan IPA siswa yang belum optimal dan kegiatan pembelajaran yang kurang aktif dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan media peta konsep terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV. Jenis penelitian ini adalah Quasi eksperimen dengan menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang digunakan yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 252 siswa. Penelitian ini menggunakan 2 kelompok sampel yang ditentukan melalui teknik Random Sampling dan telah melewati uji kesetaraan. Kelompok eksperimen dalam penelitian ini berjumlah 39 siswa sedangkan kelompok kontrol dalam penelitian berjumlah 38 siswa. Dalam proses pengumpulan data, metode tes dipilih sebagai instrumen dengan jenis tes objektif pilihan ganda biasa. Data post test yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t dengan rumus polled varians. Rata-rata nilai post test kompetensi pengetahuan IPA kelompok eksperimen yaitu 82,46 dan kelompok kontrol yaitu 76,26. Berdasarkan hasil analisis dengan uji t, diperoleh harga thitung = 3,668 > ttabel = 1,992 dengan taraf signifikansi 5% serta dk = 75 sehingga Ho ditolak yang berarti adanya perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok sampel. Maka disimpulkan bahwa model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan media peta konsep memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV. Maka dari itu, penelitian ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan media peta konsep baik diterapkan dalam kegiatan belajar IPA dan dapat menjadikan kegiatan belajar mengajar menarik dan terarah sehingga berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa.
References
Adnyani, I. A. N., Widya, & Wiarta, I. W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran ( VAK ) Berbasis Whole Brain Teaching Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Mimbar PGSD, 8(1), 80–88.
Anggara, I Md Citra; Ardana, I Kt; Darsana, I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe TPS Berbantuan Peta Konsep Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas IV. Mimbar PGSD, 5(2), 272–280. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10754
Asih, N. P., Suka, Negara, I. G. A. O., & Sujana, I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran NHT Berbantuan Media Konkret Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas IV SD. Mimbar PGSD, 5(2).
Atiyah, U., Fita, M., Untari, A., & Tsalatsa, A. N. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Numbered Head Together ( NHT ) Dengan Media Teka-Teki Silang Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa. International Journal Of Elementari Education, 3(1), 46–52.
Berlin, S., & Kurniasih, I. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru (A. Jay (ed.); I). Kata Pena.
Dewi, A. D. Y. R., & Kristiantari, M. G. R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition Berbantuan Multimedia Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Mimbar Ilmu, 25(1), 75–86.
Dewi, N. L. R. D., Sujana, I. W., & Kristiantari, M. R. (2017). Pengaruh Model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Berbantuan Media Powerpoint Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Mimbar PGSD, 5(2).
Dewi, N. P. Y. K., Wiyasa, K. N., & Ardana, I. K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Medialingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(1). https://doi.org/10.23887/jp2.v1i1.19322
Febbriana, I. R. A., Ardana, I. K., & Agustika, G. N. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Berbasis Outdoor Study Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa. Mimbar PGSD, 7(2), 149–156.
Huda, M. (2017). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran (VI). Pustaka Pelajar.
Kurnia, V. T., Damayani, A. T., & Kiswoyo, K. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Berbantu Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 192. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17772
Laksmi, I. G. A. A. W., Suadnyana, I. N., & Wiyasa, I. K. N. (2017). Model Pembelajaran Numbered Head Together Berbantuan Media Visual Tiga Dimensi Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Mimbar PGSD, 5(2).
Muliandari, P. T. V. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT ( Numbered Head Together ) Terhadap Hasil Belajar Matematika. International Journal Of Elementari Education, 3(2), 132–140.
Muzaini. (2019). Strategi Peta Konsep Tingkatkan keaktifan dan Hasil Belajar Siswa (A. Dwianto (ed.)). CV. Beta aksara.
Nilayanti, M. M., Putra, I. ketut A., & Suadnyana, I. N. (2017). Pengaruh Model Pemebelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Berbantuan Media Konkret Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas IV SD Gugus Kompyang Sujana Denpasar Utara. Mimbar PGSD, 5(2).
Nugroho, A. F., & Wardani, K. W. (2019). Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together dan Think Pair Share Ditinjau dari Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 497–506.
Padmadewi, N. N. (2017). Pengantar Micro Teaching. Rajawali Pers.
Paramita, N. P. I., Ardana, I. K., & Putra, I. K. A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Berbantuan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus I Kecamatan Gianyar Tahun 2015/2016. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1–10. http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/7052/4809
ParamitaA., N. L. P. A., Japa, I. G. N., & Sudatha, I. G. W. (2019). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Berbantuan Masalah Realistis Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis IPA. Thinking Skills and Creativity Journal, 1(2), 56. https://doi.org/10.23887/tscj.v1i2.20499
Pratiwi, T. A., Wiarta, I. W., & Sujana, I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative TSTS Berbantuan Peta Konsep Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V. Mimbar PGSD, 5(2).
Priansa, D. J. (2017). Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran (I). CV Pustaka Setia.
Purwati, N. L. P. D., Wibawa, I. M. C., & Margunayasa, I. G. (2019). Pengaruh Numbered Head Together Berbantuan Gambar Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(3), 282. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19275
Puspawati, L. D., Darsana, I. W., & Putra, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI Berbantuan Peta Konsep Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Kelas V. Mimbar PGSD, 5(2).
Putra, I. D. G. D., Darsana, I. W., & Putra, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Peta Konsep Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 387. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.19479
Samatowa, U. (2018). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar (B. Sarwiji (ed.); 4th ed.). indeks penerbit.
Sari, N. K. T. N., Suniasih, N. W., & Wiarta, I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan Question Cards Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Mimbar PGSD, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10660
Sudarwanto, W., Relmasira, S. C., & Juneau, J. L. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan Media Simulasi Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SD Semester 1 Tahun 2017/2018. 1–10.
Sugiyadnya, I. K. J., Wiarta, I. W., & Putra, I. K. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe NHT terhadap Pengetahuan Matematika. International Journal Of Elementari Education, 3(4), 413–422.
Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian (28th ed.). Cv. ALFABETA.
Trianto. (2015). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontektual : Konsep, Landasan, dan Implementasi pada Kurikulum 2013. Prenadamedia Group.
Wirandari, N., Mirah, G. A., & Kristiantari, M. G. R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Berbantuan Peta Konsep Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(1), 55–63.
Wulandari, P., Abadi, I. B. G., & Suniasih, N. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbasis Penilaian Portofolio Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas IV SS Negeri Gugus Kapten Kompyang Sujana Denpasar Barat Tahun 2017/2018. Mimbar PGSD, 6(3), 161–168. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v6i3.15772
Yanti, N. L. G. M. V., Suadnyana, I. N., & Manuaba, I. B. S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran NHT Berbasis Concept Mapping Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas IV SD. Mimbar PGSD, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10752
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)