Hubungan Antara Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32907Keywords:
Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, Kinerja GuruAbstract
Kinerja guru memang merupakan sesuatu yang kompleks dan melibatkan berbagai faktor. Kinerja yang optimal merupakan harapan semua pihak, namun kenyataan dilapangan menunjukkan masih belum optimal sehingga menjadi masalah utama dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru sekolah dasar. Sehingga jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian “ex-post facto”. Dalam penelitian ini teknik sampling yang digunakan adalah sampel jenuh atau seluruh populasi digunakan sebagai sampel penelitian. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 47 orang guru. Pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan pencatatan dokumen. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik regresi sederhana dan regresi ganda. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa: (1) terdapat hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap Kinerja Guru 0,662. (2) terdapat hubungan antara motivasi kerja terhadap Kinerja Guru sebesar 0,671. (3) terdapat hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru sebesar 0,746. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru sekolah dasar.
References
Alhusaini, A., Kristiawan, M., & Eddy, S. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2166–2172. Https://Doi.Org/10.31004/ Jptam.V4i3.693.
Ardiana, T. E. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Akuntansi Smk Di Kota Madiun. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 17(02). Https://Doi.Org/10.29040/Jap.V17i02.11.
Baihaqi, M. I. (2015). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Ma Ma’arif Selorejo Blitar. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan & Pembelajaran, 7(2), 97–106. Https://Doi.Org/10.30957/Konstruk.V7i2.14.
Djafri, N. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Empati Dan Motivasi Terhadap Budaya Organisasi (Studi Kasus Terhadap Kepala Sekolah Dasar Kota Gorontalo). Jurnal Manajemen, 19(1), 59. Https://Doi.Org/10.24912/Jm.V19i1.105.
Fitrah, M. (2017). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1), 31. Https://Doi.Org/10.25078/Jpm.V3i1.90.
Handayani, T., & Rasyid, A. A. (2015). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Guru, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Sma Negeri Wonosobo. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(2), 264–277. Https://Doi.Org/10.21831/Amp.V3i2.6342.
Masni, H. (2015). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Dikdaya, 5(1), 34–45. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.33087/Dikdaya.V5i1.64.
Mena, Y., Supriyanto, A., & Burhhanudin, B. (2016). Pelaksanaan Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Mutu Kinerja Guru Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(11), 2194–2199. Https://Doi.Org/ 10.17977/Jp.V1i12.8285.
Muhani, M., Imron, A., & Kusmintardjo, K. (2016). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dasar Di Daerah Terpencil (Studi Multi Kasus Di Sdn 2 Bakalan Dan Sdn 2 Kepyar Purwantoro Kabupaten Wonogiri). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(8), 1464–1472. Https://Doi.Org/ 10.17977/Jp.V1i8.6616.
Permendikbud. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2018 Tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah. 15–16.
Putri. (2017). Pengembangan Profesi Guru Dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Professional Development Of Teachers In Improving The Performance Of Teacher). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 10. Https://Pdfs.Semanticscholar.Org/5f3d/38524a23bf0bf4c8419d53f98c69d8b43dc8.Pdf.
Putro, S. E., Rinawati, A., & Muh, U. (2013). Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 5(2), 278–289. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.21831/Cp.V5i2.1563.
Ramadoni, W., & Arifin, I. (2016). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Upaya Peningkatan Kinerja Guru (Studi Multi Kasus Di Paud Islam Sabilillah Dan Sdn Tanjungsari 1 Kabupaten Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(8), 1500–1504. Https://Doi.Org/ 10.17977/Jp.V1i8.6620.
Rosaliawati, B. N. (2020). Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kinerja Guru. Jurnal Adminitrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(1), 61–71. Https://Doi.Org/ 10.17977/ Um027v3i12020p61.
Rosyadi, Y. I., & Pardjono, P. (2015). Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Smp 1 Cilawu Garut. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(1), 124–133. Https://Doi.Org/10.21831/Amp.V3i1.6276.
Said, A. (2018). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Melestarikan Budaya Mutu Sekolah. Journal Evaluasi, 2(1), 257. Https://Doi.Org/10.32478/Evaluasi.V2i1.77.
Setiawan, D., & Sitorus, J. (2017). Urgensi Tuntutan Profesionalisme Dan Harapan Menjadi Guru Berkarakter (Studi Kasus: Sekolah Dasar Dan Sekolah Menengah Pertama Di Kabupaten Batubara). Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(1), 122–129. Https://Doi.Org/10.21831/Cp.V36i1.11382.
Setyati, S. (2014). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah , Motivasi. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 22(2), 200–207. Https://Doi.Org/ 10.21831/Jptk.V22i2.8931.
Sulfemi, W. B. (2020). Pengaruh Rasa Percaya Diri Dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 157–179. Https://Doi.Org/10.31538/Ndh.V5i2.557.
Sumolang, G. S., Mantiri, M., & Pangemanan, S. (2018). Motivasi Kerja Aparatur Sipil Negara Dalam Memberikan Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Langowan Barat Kabupaten Minahasa. Jurnal Eksekutif, 1(1).
Syamsul, H. (2017). Penerapan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Jenjang Sekolah Menengah Pertama (Smp). Jurnal Idaarah, I(2), 275–289. Https://Doi.Org/ 10.24252/Idaarah.V1i2.4271.
Wa Ode, Z. M., Kaltum, U., & Sule, E. T. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Pendidikan Kewirausahaan Indonesia, 2(1), 42–50. Https://Doi.Org/10.31328/Bmb.V1i2.100.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)