Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik Efektif Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v7i2.54767Keywords:
Multimedia Interaktif, Pendekatan Saintifik, ADDIEAbstract
Belum tersedianya media pembelajaran yang efektif dan inovatif dalam pembelajaran IPA di sekolah. Pembelajaran hanya mengandalkan buku membuat siswa kurang antusias dalam belajar. Penelitian ini bertujuan menciptakan multimedia interaktif berbasis pendekatan saintifik materi Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan kelas VI SD. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian, yaitu: ahli rancang bangun, ahli isi pembelajaran, ahli desain instruksional, ahli media pembelajaran, dan 17 siswa kelas VI SD. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif, kualitatif dan statistik inferensial teknik uji-t. Hasil penelitian yaitu validasi dari para ahli mendapatkan skor rata-rata 88,10% kualifikasi baik, uji coba perorangan sebesar 92,36% kualifikasi sangat baik, dan uji coba kelompok kecil sebesar 97,92% kualifikasi sangat baik. Hasil uji efektivitas dengan uji-t ada perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan muatan IPA materi perkembangbiakan tumbuhan dan hewan setelah menggunakan multimedia interaktif berbasis pendekatan saintifik. Disimpulkan multimedia interaktif berbasis pendekatan saintifik dinyatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran dan efektif meningkatkan kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas VI SD. Implikasi penelitian ini adalah memotivasi guru untuk menggunakan media pembelajaran sebagai variasi untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.
References
Agung, Anak Agung Gede. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.
Agung, Anak Agung Gede. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Perspektif Manajemen Pendidikan). Universitas Pendidikan Ganesha.
Agung, Anak Anak Gede, Parmiti, D. P., & Mahadewi, L. P. P. (2022). Asesmen Dan Evaluasi Pendidikan: Digitalisasi dan Aplikasinya. Universitas Pendidikan Ganesha.
Ananda, L. J., & Nuraini, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif dengan Pendekatan Saintifik pada Tema Indahnya Keragaman di Negeriku di Kelas IV SD Negeri 101969 Tanjung Purba. SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 9(1), 8–16. https://doi.org/10.24114/SEJPGSD.V9I1.13683. DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v9i1.13683
Andini, N. P. M., & Agung, A. A. G. (2022). Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SD. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.23887/JMT.V2I1.44839. DOI: https://doi.org/10.23887/jmt.v2i1.44839
Arifin, Z., Tegeh, I. M., & Yuda Sukmana, A. I. W. I. (2021). Independent Learning through Interactive Multimedia Based on Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 244. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.41292. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.41292
Ariyantini, K. Y., & Tegeh, I. M. (2022). Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Powerpoint Pada Subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku Tema 8. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(2), 250–259. https://doi.org/10.23887/JP2.V5I2.47146. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v5i2.47146
Aryani, N. W., & Ambara, D. P. (2021). Video Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Aspek Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 252. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.36043. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.36043
Astri, N. K. D., Wiarta, I. W., & Wulandari, I. G. A. A. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Datar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 575–585. https://doi.org/10.31004/JPDK.V4I3.4371.
Ayu, N. K., & Manuaba, I. B. S. (2021). Media Pembelajaran Zoolfabeth Menggunakan Multimedia Interaktif untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 194. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35498. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35498
Budiyono. (2020). Inovasi Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran di Era Revolusi 4.0. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 300–309. https://doi.org/10.33394/JK.V6I2.2475. DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2475
Dewi, N. K. A. A., & Kristiantari, M. G. R. (2022). Multimedia Interaktif Ceria pada Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas IV SD. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 72–80. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.46150. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.46150
Dharma, P. K. S., & Agung, A. A. G. (2021). Pengembangan Multimedia Online pada Muatan Pelajaran IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 115. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32164. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32164
Donna, R., Egok, A. S., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Powtoon pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3799–3813. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V5I5.1382. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1382
Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934
Fauzan, F. (2020). Pengaruh Soft Skill Dan Locus of Control Terhadap Kesiapan Fresh Graduate Dalam Era Industri 4.0 (Studi Pada Prodi Manajemen Unihaz Bengkulu). Creative Research Management Journal, 2(2), 1. https://doi.org/10.32663/crmj.v2i2.1105. DOI: https://doi.org/10.32663/crmj.v2i2.1105
Febriana, R. (2021). Evaluasi Pembelajaran. Bumi Aksara.
Febriandi, R. (2020). Efektivitas Multimidia Interaktif Terhadap Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 58 Lubuklinggau. Journal of Elementary School (JOES), 3(2), 120–128. https://doi.org/10.31539/JOES.V3I2.1897. DOI: https://doi.org/10.31539/joes.v3i2.1897
Geni, K. H. Y. W., Sudarma, I. K., & Mahadewi, L. P. P. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berpendekatan CTL Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 1. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28919. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28919
Hanifah Salsabila, U., Irna Sari, L., Haibati Lathif, K., Puji Lestari, A., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138. DOI: https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138
Husein, W. M. (2022). Disrupsi Pendidikan Di Era New Normal Jenjang Pendidikan Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2064–2072. https://doi.org/10.31004/JPDK.V4I4.5449.
Inawan, D. S., Sulthoni, S., & Ulfa, S. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif IPA SD Kelas IV Materi Makan dan Dimakan Antar Makhluk Hidup. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(2), 151–161. https://doi.org/10.17977/UM038V5I22022P151. DOI: https://doi.org/10.17977/um038v5i22022p151
Jampel, I. N., & Sudatha, I. G. W. (2018). Pengembangan Multimedia Flashcard Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Di TK Negeri Pembina Singaraja. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 30–39. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20260.
Kurniawan, A. W. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Sport Massase Untuk Mahasiswa Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan FIK-UM. Journal Coaching Education Sports, 2(1), 1 – 16. https://doi.org/10.31599/jces.v2i1.476. DOI: https://doi.org/10.31599/jces.v2i1.476
Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26. DOI: https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26
Meyer, O. A., Omdahl, M. K., & Makransky, G. (2019). Investigating the effect of pre-training when learning through immersive virtual reality and video: A media and methods experiment. Computers and Education, 140, 103603. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103603. DOI: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103603
Miaz, Y., Helsa, Y., Febrianto, R., & Erwin, R. (2019). The development of interactive multimedia-based instructional media for elementary school in learning social sciences. Journal of Physics: Conference Series, 1321(3), 032107. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/3/032107. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/3/032107
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2020). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Sesiomadika, 2(1c), 659.
Nursyifa, A. (2019). Transformasi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. https://doi.org/10.32493/jpkn.v6i1.y2019.p51-64. DOI: https://doi.org/10.32493/jpkn.v6i1.y2019.p51-64
Oktafiani, D., Nulhakim, L., & Alamsyah, T. P. (2020). Pengembangan media pembelajaran IPA berbasis multimedia interaktif menggunakan Adobe Flash pada Kelas IV. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 527–540. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.29261.
Pradana, I. B., Punaji, S., & Sulthoni. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Android pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Cahaya. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran (JINOTEP) : Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(1), 26–32. https://doi.org/10.17977/UM031V7I12020P026. DOI: https://doi.org/10.17977/um031v7i12020p026
Pratiwi, R. I. M., & Wiarta, I. W. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia pada Pembelajaran Matematika Kelas II SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 85–94. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32220. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32220
Putra, I. M. J. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berorientasi Pendekatan Kontekstual Materi Sumber Energi Pada Pembelajaran IPA Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 57–65. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32356. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32356
Putri, A. A, & Ardi, A. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 1–7. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.33931.
Putri, Annisa Anike, & Ardi. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik. Edutech Undiksha, 8(1), 1–7. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.33931. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.33931
Rahmadani, & Taufina. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 938–946. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V4I4.465. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.465
Rajendra, I. M., & Sudana, I. M. (2018). The Influence of Interactive Multimedia Technology to Enhance Achievement Students on Practice Skills in Mechanical Technology. Journal of Physics: Conference Series, 953(1), 012104. https://doi.org/10.1088/1742-6596/953/1/012104. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/953/1/012104
Safitri, N. K. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran IPS Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Kelas V Sekolah Dasar. University of Muhammadiyah Malang.
Suartama, I. K. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembelajaran. Universitas Pendidikan Ganesha.
Sugiono, S. (2020). Industri Konten Digital Dalam Perspektif Society 5.0 (Digital Content Industry in Society 5.0 Perspective. Jurnal IPTEKKOM (Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi), 22(2). https://doi.org/10.33164/iptekkom.22.2.2020.175-191.
Sulaiman, S., Imran, A., Hidayat, B. A., Mashuri, S., Reslawati, R., & Fakhrurrazi, F. (2022). Moderation religion in the era society 5.0 and multicultural society: Studies based on legal, religious, and social reviews. Linguistics and Culture Review, 6(5), 180–193. https://doi.org/10.21744/lingcure.v6nS5.2106. DOI: https://doi.org/10.21744/lingcure.v6nS5.2106
Susantini, N. L. P., & Kristiantari, M. G. R. (2021). Media Flashcard Berbasis Multimedia Interaktif untuk Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 439. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.37606. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.37606
Szucs, L. E., Harper, C. R., Andrzejewski, J., Barrios, L. C., Robin, L., & Hunt, P. (2022). Overwhelming Support for Sexual Health Education in U.S. Schools: A Meta-Analysis of 23 Surveys Conducted Between 2000 and 2016. Journal of Adolescent Health, 70(4), 598–606. https://doi.org/10.1016/j.jadohealth.2021.05.016. DOI: https://doi.org/10.1016/j.jadohealth.2021.05.016
Tampubolon, J. (2020). Supervisi Korektif untuk Menemukan Kekurangan – Kekurangan Guru Kelas dalam Malaksanakan Pembelajaran di SD Negeri 173105 Tarutung. Attractive : Innovative Education Journal, 2(2), 133–140. https://doi.org/10.51278/AJ.V2I2.55. DOI: https://doi.org/10.51278/aj.v2i2.55
Tegeh, I. M., & Sudatha, I. G. W. (2019). Model-Model Desain Pembelajaran. Universitas Pendidikan Ganesha.
Uno, H. B., & Mohamad, N. (2022). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Bumi Aksara.
Wibawanto, W. (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Cerdas Ulet Kreatif.
Wirantini, N. P. N., Astawan, I. G., & Margunayasa, I. G. (2022). Media Pembelajaran berbasis Multimedia Interaktif pada Topik Siklus Air. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 42–51. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.46558.
Yuniarni, Sari, & Atiq. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Video Senam Animasi Berbasis Budaya Khas Kalimantan Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ni Putu Ayu Gayatri Dharmayani, Anak Agung Gede Agung, I Komang Ngurah Wiyasa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)