Media Video Pembelajaran Teknik Dasar Bermain Bola Voli Pada Pelajaran Penjaskes
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.27164Keywords:
Pengembangan, Video Pembelajaran, PenjaskesAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: mengembangkan media video pembelajaran teknik dasar bermain bola voli; menganalisis validitas hasil pengembangan media video pembelajaran teknik dasar bermain bola voli; serta menganalisis efektifitas pengunaan media video pembelajaran teknik dasar bermain bola voli terhadap hasil belajar siswa kelas X. Model pengembangan yang digunakan adalah model Hannafin and Peck. Metode pengumpulan data yaitu pencatatan dokumen, kuisioner, dan test. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian yaitu: rancang bangun dari media video pembelajaran dengan model Hannafin and Peck, media video pembelajaran yang dikembangkan valid dengan: (a) hasil review ahli isi sebesar 94% (b) hasil review ahli desain pembelajaran sebesar 92%, (c) hasil review dari ahli media sebesar 80%, (d) hasil uji perorangan sebesar 96,6%, (e) hasil uji kelompok kecil 85,1%, hasil uji lapangan 94,1%. (3) Efektifitas pengembangan menunjukan bahwa dengan thitung > ttabel sehinga H1 diterima yang menyatakan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar Penjaskes siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan media video pembelajaran. Dengan demikian video pembelajaran efektif digunakan untuk membantu proses pembelajaran Penjaskes siswa kelas X.
References
Agung, A. A (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Undiksha.
Arief S. S (2009). Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Azhar, A. (2011) Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Daryanto. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Daryanto. (2012). Media Pembelajaran Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Darwanto. (2007). Televisi sebagai Media Pendidikan. Pustaka Pelajar.
Frey, B. A., & J. M. S. 2010. A Model for Developing Multimedia Learning Projects. Journal of Online Learning and Teaching, Volume (6), Nomor 2 (hlmn.491-507). Tersedia pada https://edcavas-uploads.s3.amazonaws.com, (diakses pada tanggal 4 Febuari 2020.)
Koyan, I. W. (2011). Asesmen dalam Pendidikan. Singaraja: Undiksha.
Koyan, I W. (2012). Statistik Pendidikan: Teknik Analisis data Kuantitatif. Singaraja : Undiksha Press.
Mahadewi, D. (2012). Buku Ajar: Media Vedio Pembelajaran (E-Bokk). Singaraja: Undiksha.
Mawarni, E., Mulyani, B., & Yatinah, S 2015: Penerapaan Peer toturing Dilengkapi Animasi Macromedia Flash dan Handout untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi dan Prestasi Belajar Peserta didik Kelas XI IPA 4 SMAN 6 Surakarta Tahun pelajaran 2013/2014 pada Materi Kelarutan dan Hasil Kelarutan. Jurnal Pendidikan kimia. 4(1):29-37. ( (diakses pada 12 Juli 2020).
Munthe, B. (2009). Desain Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Insani Mandani.
Riyana, C. (2007). Pedoman pengembangan Media Video. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Rusman. (2012), Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: Alfabeta.
Sudarma, I. K., & dkk. 2015. Desain Pesan Kajian Analisis Visual Teks dan Image. Yogayakarta: Graha Ilmu.
Suharsaputra, U. (2012). Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Bandung: PT Refika Aditama.
Suherman, A. (2004). Dasar-Dasar Penjaskes. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Parmiti, D.P. 2014. Pengembangan Bahan Ajar. Singaraja :Undiksha.
Tegeh, I. M. & dkk ( 2014). Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Tegeh dan Jampel (2017). Metode Penelitian Pengembangan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)