Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (STAD) Terhadap Sikap Sosial dan Hasil Belajar IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27414Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap sikap sosial dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD di Gugus VII Kecamatan Payangan tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian ekperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan nonequivalent post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 86 orang dari seluruh kelas IV SD di Gugus VII Kecamatan Payangan. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD N 5 Buahan yang berjumlah 20 sebagai kelas eksperimen dan siswa SD N 4 Buahan yang berjumlah 20 sebagai kelas kontrol. Pemilihan sampel penelitian ini menggunakan teknik random sampling dengan memberikan kesempatan yang sama kepada semua anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel penelitian. Dalam penelitian ini, yang diundi sebagai sampel adalah lima sekolah yang ada di Gugus VII Kecamatan Payangan. Data dikumpulkan dengan menggunakan insrumen non tes dan tes, instrumen non tes berupa kuesioner digunakan untuk mengukur sikap sosial siswa, dan instrument tes berupa tes pilihan ganda digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar IPA. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan uji MANOVA (Multivariate Analysis of Varians) pada taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap sikap sosial siswa (F sebesar 16,714, df = 1, dan sig. = 0,000), 2) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar IPA (F sebesar 81,385, df = 1, dan sig. = 0,000), 3) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap sikap sosial dan hasil belajar IPA siswa (nilai signifikan Pillai's Trace , Wilks' Lambda, Hotelling's Trace, Roy's Largest Root adalah sebesar 0,000). Berdasarkan temuan di atas, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap sikap sosial dan hasil belajar IPA siswa, yang berarti bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dibandingankan dengan model pembelajaran konvensional.
References
Andrian, Dedek. 2020. “Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Peningkatan Hasil Belajar, Sikap Sosial, dan Motivasi Belajar”. Jurnal Inovasi Matematika, Volume 2, Nomor 1 (hlm. 65-75).
Darmini, Ni Nengah. 2013 “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tehnik STAD terhadap Hasil Belajar Dilihat dari Sikap Sosial Siswa dalam Pembelajaran IPS”. E-journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 3 (hlm. 1-8).
Depdiknas. 2006. Permendiknas Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Diantari, Ni Made. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V”. Mimbar PGSD. Volume 5, Nomor 2 (hlm. 1-10).
Kurikulum 2006 Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Standar Kompetensi Mata Pelajaran SAINS. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Kurniasih, Imas dan Berlin sani. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena.
Nair, Subadrah Madhawa. 2018. Effects of Utilizing the STAD Method (Cooperative Learning Approach) in Enhancing Students Descriptive Writing Skills. International Journal of Education and Practice. Volume 6, Nomor 4 (hlm. 239-252).
Rodiyah, Hadiatul. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Resolusi Konflik terhadap Sikap Sosial dan Hasil Belajar IPS Kelas V SD Gugus 2 Selong Lombok Timur”. Jurnal Didika: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar. Volume 4, Nomor 1 (hlm. 24-37).
Slavin, R. E. 1997. Cooperative Learning. Second Edition. Allyn & Bacon. A Simon & Aschuster Company.
Suarni, Ketut dan Komang Ari Sulasih. 2017. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Media Rotation Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar”. International Journal of Elementary Education. Vol.1, No. 1 (hlm. 29-35).
Syadzali, Ahmad. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divitions (STAD) dipadu Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Sikap Sosial dan Hasil Belajar Matematika”. Jurnal Paradigma. Volume 11, Nomor 1 (hlm. 11-14).
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Undang-Undang Republik Indonesia No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 1990. Jakarta: PT Arnas Duta Jaya.
Virgiana, Adhini. 2016. “Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Ditinjau dari Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SDN 1 Gadu Sambong–Blora Semester 2 Tahun 2014/2015”. Scholaria. Volume 6, Nomor 2 (hlm. 100-118).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)