Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Matematika

Authors

  • Wisnu Ady Prasetya Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ignatius I Wayan Suwatra Universitas Pendidikan Ganesha
  • Luh Putu Putrini Mahadewi Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32509

Keywords:

Hasil Belajar, Matematika, Video Animasi

Abstract

Kurangnya penggunaan media pembelajaran yang tepat dalam dalam proses pembelajaran matematika mengakibatkan rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas IV SD. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan video animasi pembelajaaran serta kualitas hasil validitas pengembangan video animasi pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Hannafin dan Peck. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini terdiri dari 2 ahli isi pembelajaran, 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran, 3 orang siswa untuk uji coba perorangan, dan 6 orang siswa untuk uji kelompok kecil. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Metode observasi, metode wawancara, metode pencatatan dokumen dan kuesioner dengan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Proses pengembangan Video Animasi Pembelajaran pada Mata pelajaran Matematika dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu (a) analisis kebutuhan, (b) desain, (c) pengembangan dan implementasi.  Hasil review ahli isi mata pelajaran menunjukkan hasil persentase sebesar 93,25% (sangat baik), ahli desain pembelajaran 100% (sangat baik), ahli Media Pembelajaran 89% (baik), hasil uji coba perorangan sebesar 94,04% (sangat baik), dan hasil uji coba kelompok kecil sebesar 95% (sangat baik). Beradasrkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa vidio animasi pembelajaran pada mata pelajaran matematika layak untuk dikembangkan dan digunakan oleh siswa sekolah dasar kususnya siswa kelas IV SD.

Author Biographies

Wisnu Ady Prasetya, Universitas Pendidikan Ganesha

Teknologi Pendidikan

Ignatius I Wayan Suwatra, Universitas Pendidikan Ganesha

Teknologi Pendidikan

Luh Putu Putrini Mahadewi, Universitas Pendidikan Ganesha

Teknologi Pendidikan

References

Agung, A. G. (2017). Evaluasi Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha.

Agustien, R., Umamah, N., & Sumarno, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dua Dimensi Situs Pekauman Di Bondowoso Dengan Model Addie Mata Pelajaran Sejarah Kelas X Ips. Jurnal Edukasi, 5(1), 19. Https://Doi.Org/10.19184/Jukasi.V5i1.8010.

Amir, Z. (2013). Perspektif Gender Dalam Pembelajaran Matematika. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender, 12(1), 15. Https://Doi.Org/10.24014/Marwah.V12i1.511.

Andrijati, N. (2014). Penerapan Media Pembelajaran Inovatif Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Di Pgsd Upp Tegal. Jurnal Penelitian Pendidikan Unnes, 31(2), 125160. Https://Doi.Org/ 10.15294/Jpp.V31i2.5696.

Apriansyah, M. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pensil, 9(1), 9–18. Https://Doi.Org/10.21009/Jpensil.V9i1.12905.

Azizah, M., Sulianto, J., & Cintang, N. (2018). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 61–70. Https://Doi.Org/10.15294/Jpp.V35i1.13529.

Azizah, Z. F., Kusumaningtyas, A. A., Anugraheni, A. D., & Sari, D. P. (2018). Validasi Preliminary Product Fung-Cube Pada Pembelajaran Fungi Untuk Siswa Sma. Jurnal Bioedukatika, 6(1), 15. Https://Doi.Org/10.26555/Bioedukatika.V6i1.7364.

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. Https://Doi.Org/10.22373/Lj.V5i2.2838.

Fatmawati, E., Karmin, & Sulistiyawati. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Hasil Belajar Siswa. Pendidikan, 12.

Hayati, N., Ahmad, M. Y., & Harianto, F. (2017). Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Dengan Minat Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sman 1 Bangkinang Kota. Jurnal Al-Hikmah, 14(2), 160–180. Https://Doi.Org /10.25299/Al-Hikmah:Jaip.2017. Vol14(2).1027.

Hutauruk, P., & Simbolon, R. (2018). Sej (School Education Journal) Vol. 8. No 2 Juni 2018. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Role Play Pada Pelajaran Ips Kelas Iv Sd Swasta Xaverius Padang Sidimpuan, 8(2), 112.

Judiani, S. (2010). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16.

Kurniaman, O., & Noviana, E. (2017). Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Keterampilan, Sikap, Dan Pengetahuan. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 389. Https://Doi.Org/10.33578/Jpfkip.V6i2.4520.

Lies, P., & Munadi, S. (2015). Penenrapan E-Learning Dengan Media Schoology Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 1, 365–376.

Namiroh, S. (2019). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Komputer Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Iv, 53–67. Https://Doi.Org/ 10.23969/Jp.V4i1.1587.

Palupi, M. S. (2016). Pengembangan Tes Hasil Belajar Matematika Materi Menyelesaikan Masalah Yang Berkaitan Dengan Waktu, Jarak Dan Kecepatan Untuk Siswa Kelas V. Jurnal Penelitian (Edisi Khusus Pgsd), 20(2), 151–157.

Permatasari, I. S., Hendracipta, N., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Hands Move Dengan Konteks Lingkungan Pada Mapel Ips. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(1), 34–48. Https://Doi.Org/10.24042/Terampil.V6i1.4100.

Pranata, M. (2013). Pendekatan Estetika Pada Desain Pesan. Bahasa Dan Seni, 30(2), 272–283.

Pratomo, A., & Irawan, A. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Menggunakan Metode Hannafin Dan Peck. Positif, 1(1), 14–28.

Purwanto, N. (2014). Pengantar Pendidikan. Graha Ilmu.

Sari, W., & Samawi, A. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Disertai Lks Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Kelas Ix Smp. Scientiae Educatia, 6(1), 36. Https://Doi.Org/10.24235/ Sc.Educatia.V6i1.1293.

Sobarningsih, N., Sugilar, H., & Nurdiansyah, R. (2019). Analisis Implementasi Standar Proses Pembelajaran Guru Matematika. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 67. Https://Doi.Org/10.31000/Prima.V3i1.1054.

Sudarma, Tegeh, & Prabawa. (2015). Desain Pesan Kajian Analitis Desain Visual Teks Dan Image. Graha Ilmu.

Sudatha, W., & Tegeh. (2015). Desain Multimedia Pembelajaran. Media Akademi.

Sukiyasa, K., & Sukoco, S. (2013). Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Materi Sistem Kelistrikan Otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 126–137. Https://Doi.Org/ 10.21831/Jpv.V3i1.1588.

Sukmana, J. (2018). Metode 2d Hybrid Animaton Dalam Pembuatan Film Animasi Di Macromedia Flash Mx. Pseudocode, 5(1), 29–36. Https://Doi.Org/10.33369/Pseudocode.5.1.29-36.

Sungkono, S. (2012). Pengembangan Intrumen Evaluasi Media Modul Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 8(2), 1–16.

Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Promosi (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(1), 73–82. Https://Doi.Org/10.24127/Ja.V3i1.144.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.32585/Jkp.V2i2.113.

Tegeh, & Kirna. (2015). Metode Penelitian Pengembangan Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha.

Wahyudi, N. G. (2019). Desain Pesan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Era Digital. 3(1), 15–16.

Wahyuningsih, D. (2015). Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Huruf , Angka , Warna Dan Bentuk Bangun Datar Pada Siswa Kelas 1 Sdn 5 Parittiga Berbasis Android. Jurnal Sisfokom, 04(1), 56–60. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.32736/Sisfokom.V4i1.204.

Widiastuti, N. A. (2017). Pengembangan Media Animasi Komputer Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd Unggulan Muslimat Nu Jurnal Disprotek. Jurnal Disprotek, 8(2), 51–56.

Zahra, S. B. (2016). Effect Of Visual 3d Animation In Education. European Journal Of Computer Science And Information Technology, 4(1), 1–9.

Downloads

Published

2021-02-22

How to Cite

Prasetya, W. A., Suwatra, I. I. W., & Mahadewi, L. P. P. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 60–68. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32509

Issue

Section

Articles